16 Manfaat Buah Plum Hitam untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Bentuk tubuh yang ideal adalah idaman bagi setiap orang, program diet sering idlkukan untuk mencapai tujuan mengurangi berat badan hingga mencapai berat badan ideal. Banyak cara dilakukan untuk program diet selain olahraga yaitu menjaga pola makan dan memilih makanan yang sesuai salah satunya buah plum hitam.

Buah Plum hitam merupakan buah dengan ukuran bulat sedang dengan warna kulit yang beragam terdapat buah plum merah, buah plum hijau, dan buah plum hitam . Buah ini masih jarang ditemui di indonesia karena merupakan buah impor, akan tetapi bila ingin mencicipi rasa buah ini anda bisa mencari di toko buah besar. hal yang tak kalah penting mengapa anda harus mencoba buah plum selain rasanya manis dan enak terdapat banyak manfaat didalamnya sebagai berikut

  1. Menjaga kesehatan jantung
    Buah plum memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung karena mengandung vitamin K. Vitamin K sendiri berfungsi untuk mengendalikan atau mengatur denyut jantung serta memperlancar aliran darah, sehingga dengan lancarnya aliran daah, kerja jantung tidak berat. konsumsi buah plum dengan teratur cocok untuk mencegah resiko terserang penyakit kardio seperti stroke maupun serangan jantung, selain itu diet dengan cara olahraga kardio seperti lari akan baik jika didukung dengan makanan yang baik untuk jantung.
  2. Mencegah penyakit obesitas
    Obesitas atau kegemukan merupakan suatu gangguan dalam tubuh yang dapat membuat penderitanya mengalami kenaikan berat badan yang abnormal dan penimbunan lemak, obesitas bisa dialami semua orang bahkan hewan pun bisa terserang obesitas. salah satu cara untuk mencegah terjadinya obesitas adalah dengan cara diet, saat menjalani program diet tidak ada salahnya untuk memilih buah plum sebab buah plum memiliki kandungan rendah lemak.
  3. Melancarkan Pencernaan
    Sering mengalami sembelit atau BAB tidak lancar itu merupakan tanda ada masalah pada sistem pencernaan, untuk mengatasi hal ini banyak cara yang dapat dilakukan salah satunya dengan mengonsumsi buah plum. Buah plum hitam dapat di olah menjadi jus segar. Manfaat jus buah plum tidak hanya segar tetapi membantu proses detox di dalam sistem penceranaan sehingga jangan ragu untuk mencobanya. Pencernaan yang lancar akan mempercepat proses metabolisme tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan dalma tubuh.
  4. meningkatkan sistem imun
    Manfaat buah plum kering  selanjutnya yaitu meningkatkan sistem imun. Buah plum hitam mengadung vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan sehingga tubuh menjadi fit. Kecukupan vitamin C dalam tubuh sangat penting, sebab vitamin C akan mencegah radang atau infeksi yang dialami tubuh. Hal ini juga penting bagi seseorang yang diet, meski harus berolahraga dan menjaga pola makan masih bisa tetap sehat dan fit.
  5. Sumber antioksidan
    antioksidan penting bagi tubuh untuk menangkal kandungan bebas yang terserap, proses detoksifikasi radikal bebas tidak lepas dari peran bahan – bahan yang mengandung antioksidan, buah plum hitam juga dikenal sebagai sumber antioksidan sehingga mengkonsumsi buah plum dapat memperlancar proses detoksifikasi racun sehingga metabolisme tubuh berjalan lancar.
  6. Mengurangi resiko diabetes
    Diabetes merupakan penyakit di mana ginjal tidak dapat menghasilkan insulin untuk mencerna gula dengan baik, orang yang mengalami diabetes akan cenderung memilih makanan dengan kandungan gula rendah, buah plum yang memiliki kandungan rendah gula dapat meminimalisir resiko diabetes dan membantu mengatasi diabetes.

  7. Mengandung serat tinggi
    Makanan yang baik adalah makanan yang mneganudng serat, jelas bahwa serat dalam makanan sangat penting untuk proses pencernaan dalam tubuh. Buah plum memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mengkonsumsi buah plum dapat memenuhi kebutuhan serat harian. Konsumsi serat juga baik mendukung program diet.
  8. Rendah kalori
    Buah plum memiliki kalori yang rendah, sehingga mengonsumisnya tidak akan membuat tubuh anda over kalori dari yang dibutuhkan, maka dari itu buah plum hitam cocok untuk program diet, sebab Kunci utama dalam diet adalah mengkonsumsi kalori sesuai dengan kebutuhan agar tidak terjadi penumpukan.
  9. Sebagai Camilan Diet
    Kebiasaan nyemil terkadang susah di hilangkan meski telah melakukan komitmen untuk menjalani diet akan tetapi tetap saja rasa ingin nyemil menghantui sehingga membuat kita harus pintar – pintar mencari makanan dengan kandungan kalori yang rendah senada dengan manfaat sebelumnya bahwa buah plum hitam rendah kalori sehingga dapat menjadi pilihan untuk bahan camilan, cukup makan 1 buah plum akan mengganjal rasa lapar.
  10. Sumber Nutrisi
    Diet bukan berarti tidak makan hanya saja diatur porsinya sehingga nutrisi tubuh tetap terpenuhi, salah satu manfaat buah plum untuk diet yaitu menjadi sumber nutrisi. Diet yang dilakukan terlalu ekstrim hingga membuat tubuh kekurangan nutrisi sangat tidak efektif serta membuat tubuh rentan menjadi sakit. Akan lebih baik pemilihan bahan makanan dan menyisipkan buah plum dalam menu diet sangat dianjurkan.
  11. Mempercepat Penyembuhan
    Kandungan dalam buah plum dapat membantu dalam proses penyembuhan, seperti mengganti jaringan sel yang rusak dan mempercepat proses regenerasi serta membantu menyembuhkan luka secara cepat, sehingga meski dalam keadaan diet dengan mengurangi konsumsi makanan tertentu tubuh masih dapat melakukan kerjanya untuk tetap membuat badan sehat.
  12. sumber Vitamin E
    Buah plum mengandung Vitamin E yang baik untuk kesehatan kulit, saat seorang menjalani program diet dan berhasil menurunkan berat badan, akan terjadi perubahan bentuk kulit yang semua gemuk menjadi kurus sehingga terkadang menjadi kendor, akan tetapi konsumsi buah plum secara teratur akan membantu dalam mengencangkan kembali kulit sebab terdapat kandungan vitamin E didalmnya.
  13. Sebagai Detox Perut
    Plum hitam memiliki kandungan yang dapat mengeluarkan racun dan sisa pencernaan yang mengendap dalam usus sehingga membantu menjaga kesehatan usus, manfaat ini akan sangat bagus untuk kelancaran program diet sebab dengan sehatnya usus maka sari makanan dapat diserap dengan baik. 

  14. Meningkatkan hemoglobin
    Penderita anemia terkadang harus berhati-hati jika ingin melakukan diet karena bisa membuat tubuh menjadi lebih lemas dan tanda anemia semakin parah, hal ini bisa diatasi dengan diet menggunakan buah plum hitam karena buah plum hitam mengandung banyak zat besi dan vitamin C. kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga tidak memperparah keadaan orang yang anemia serta dapat meminimalisir resiko terkena anemia bagi orang sehat. selain itu Buah Plum hitam bisa menjadi alternatif makanan untuk penderita sakit kuning.
  15. Menyeimbangkan Elektrolit
    Plum mengandung banyak kalium, manfaat kalium yaitu sebagai elektrolit penting yang berfungsi mengefisienkan kinerja jaringan sel dalam tubuh. Bagi seorang yang sedang diet kalium diperlukan tubuh setelah menjalani aktifvitas olahraga yang berat.
  16. Mencegah gula darah rendah
    Manfaat buah plum hitam selanjutnya yang masih berkaitan dengan kandungan kaliumnya yaitu mengontrol gula darah, saat orang kekurangan gula darah tubuh akan terasa lemas. Mengkonsumsi buah plum yang mengandung cukup kalium dapat mengembalikan kadar gula darah normal dan bisa membuat tubuh fit dan siap beraktivitas kembali.

banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi buah plum untuk diet, bahkan diluar sana terdapat banyak produk pelnagsing tubuh yang berbahan dasar buah plum. anda juga bisa membuat racikan diet dengan buah plum secara mandiri, anda bisa mengolah buah plum untuk jus maupun dimakan langsung. Demikian artikel manfaat buah plum hitam .

, , , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan