4 Manfaat Batu Cinnabar Yang Belum Diketahui

Saat ini banyak sekali isu serta pemberitaan menarik seputar batu cinnabar. Batu cinnabar sendiri merupakan salah satu jenis batuan mineral yang dapat menghasilkan jenis logam merkuri dengan rumus kimia HgS yaitu merkuri II sulfida. Di Indonesia sendiri batu cinnabar banyak diproduksi dan dijual dengan harga yang tinggi. Penjualannya pun tidak hanya di dalam negeri saja tetapi juga di ekspor ke berbagai Negara. Sayangnya banyak sekali penjual batu cinnabar serta penambang yang langsung menjualnya dengan cara illegal ke beberapa konsumen di Negara lain. Tentunya ini merupakan sebuah permasalahan serius.

Mahalnya batu cinnabar tidak membuat bnyak orang mempersoalkan, banyak dari mereka rela mendapatkan batu cinnabar walau dengan berbagai macam cara. Berbeda jika dilihat pada manfaat batu cadas, hal ini bukan hanya karena tampilan fisik atau kegunaannya yang dapat dijadikan sebagai sumber merkuri, tetapi masih banyak lagi kegunaan dari batu cinnabar. Bahkan perlu anda ketahui pula banyak sekali orang di bagian Indonesia timur yang rela meninggalkan pekerjaan mereka hanya untuk menambang batu cinnabar ini. Dan perlu anda ketahui juga bahwa batu cinnabar ini memiliki harga yang kian meningkat drastis.

Manfaat Batu Cinnabar

  1. Sebagai Pewarna

Bagi anda yang belum mengetahui betul apa manfaat dari batu cinnabar ini berbeda dengan manfaat batu belerang, dalam sejarahnya batu cinnabar sudah lama digunakan sebagai bahan pewarna alami. Ini berlangsung sejak zaman mesir kuno dimana segala keindahan yang ada merupakan hasil dari pewarna alami dan salahsatunya menggunakan batu cinnabar. warna merah yang ada pada batu ini tidak hanya digunakan sebagai pewarna pakaian, karpet hingga lukisan saja. Tetapi warna ini juga digunakan sebagai campuran pemerah bibir oleh para wanita kerajaan saat itu.

  1. Sebagai Bahan Pengobatan

Selain itu berbeda dengan manfaat batu baterai, dipercaya bahwa batu cinnabar juga memiliki kekuatan magis yang dapat digunakan dalam ilmu pengobatan. Ilmu pengobatan yang digunakan pun masih tergolong dalam ilmu pengobatan alternatif dan tradisional. Tidak hanya itu, untuk penyakit yang dapat disembuhkan yaitu hanya berbagai macam penyakit ringan seperti penyakit demam, batuk, dan masuk angin saja.

  1. Sebagai Bahan Kesenian

Berbeda jika anda melihat manfaat batu citrine kuning, tekstur yang padat dan sedikit lunak serta warna yang ada pada batu cinnabar membuat para pengrajin mencoba untuk memanfaatkan serta menampilkan sisi lain dari batu cinnabar ini. Dengan goresan- goresan pada batu yang dilakukan oleh para ahli, batu ini kini tidak hanya menjadi sekedar batu tetapi juga sebagai hiasan ukir yang sangat indah. Anda bisa memajangnya di dinding rumah anda sebagai ornament yang dapat membuat suasana di rumah anda jadi lebih indah.

  1. Sumber Air Raksa

Tidak hanya bisa menghasilkan logam merkuri saja, tetapi batu cinnabar juga dapat menghasilkan air raksa. Tentunya ini sangat berbeda dengan manfaat batu alam, dengan metode penyulingan yang tepat, batu ini dapat menghasilkan cairan seperti air yang emrupakan air raksa yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan thermometer dan berbagai macam peralatan ilmiah lainnya.

Berbagai macam manfaat pada batu cinnabar di atas merupakan manfaat yang paling berguna bagi kehidupan manusia. Semoga informasi mengenai batu cinnabar di atas dapat bermanfaat serta member pengetahuan lebih. Sebenarnya masih banyak sekali manfaat batu cinnabar selain dari manfaat di atas.