4 Manfaat Angkak Untuk Diabetes Yang Ampuh

Berbagai macam obat herbal dari China banyak beredar di Indonesia dan memiliki efek yang signifikan untuk penyembuhan penyakit. Salah satu obat yang berasal dari China yang banyak di kenal masyarakat Indonesia adalah angkak atau lebih dikenal dengan beras merah dari China. Angkak merupakan beras putih tertentu yang kemudian fermentasikan menggunakan jamur Monascus purpureous selama beberapa hari sehingga berubah warna menjadi merah. Beras sendiri memiliki banyak manfaat seperti manfaat beras merah untuk diabetes, manfaat beras hitam untuk diet dan manfaat tepung beras untuk payudara.

Seperti halnya Manfaat Beras Putih , angkak memiliki kandungan aktif diantaranya HMG-CoA, lovastatin, bahan aktif dominan terpenoid yakni mevinolin dan monakolin, asam lemak tak jenuh, protein, asam amino, fitosterol, isoflavon dan glikosida. Kandungan lain dalam angkak yakni berbagai pigmen yang juga memiliki manfaat untuk tubuh. Di kalangan masyarakat, angkak lebih dikenal sebagai obat untuk DBD (Demam Berdarah Dengue) walaupun sebenarnya, angkak lebih sesuai untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Selain mengatasi DBD dan menurunkan kolesterol, angkak ternyata juga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes, berikut alasannya:

  1. Mengandung Berbagai Pigmen

Angkak memiliki beberapa kandungan pigmen yakni Rubropunctamine (pigmen merah), Rubropunctatin (Orange) dan juga Monascin (kekuning-kuningan). Pigmen tersebut mengandung antosianin dan flavonoid, berfungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam 3 hari yang juga terdapat di dalam manfaat beras coklat  dan manfaat beras hitam organik. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, mengkonsumsi 150mg angkak setiap 3 kali dalam sehari selama 3 hari dapat menurunkan kadar gula darah sekitar 28 mg/dL.


  1. Menurunkan Asupan Protein

Mengkonsumsi angkak dapat membantu menurunkan asupan protein dalam tubuh. Ketika kalori yang masuk ke dalam tubuh menurun, maka tubuh dapat mengendalikan kadar glukosa dalam darah. manfaat protein dalam tubuh sangatlah penting ya.

  1. Mengubah Pola Makan

Efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi angkak, yakni dapat mengubah pola makan yang kemudian akan berpengaruh pada penurunan kadar gula darah. Manfaat makanan bergizi dalam pola makan sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

  1. Meningkatkan Viscositas Lambung

Salah satu kandungan dalam angkak yakni serat larut air. Serat ini dapat membantu meningkatkan viscositas lambung. Hal ini berpengaruh pada penyerapan glukosa yang diperlambat. jika anda mengalami gangguan pada lambung dapat juga mengonsumsi manfaat daun saga untuk lambung.

Bagi penderita prediabetes, pengaruh mengkonsumsi angkak dapat dilihat perubahannya dalam waktu 14 hari. Sedangkan untuk penderita diabetes, belum diketahui berapa lama waktu konsumsi angkak yang dibutuhkan untuk menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Perlu diperhatikan anjuran konsumsi yang diberikan ketika mengkonsumsi obat tradisional seperti angkak, karena mengkonsumsi terlalu berlebihan juga tidak disarankan.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal