14 Manfaat Albumin Ikan Kutuk bagi Kesehatan

Albumin merupakan senyawa protein yang memiliki fungsi penting dalam proses penyembuhan luka. Ketika bicara soal sumber protein yang satu ini orang akan cenderung menghubungkannya dengan manfaat albumin yang terkandung dalam ikan gabus. Memang betul menurut penelitian kandungan albumin pada ikan gabus memang sangat tinggi tidak bisa ditandingi dengan jenis ikan lain. Di beberapa tempat orang mengatakan bahwa albumin juga terkandung sangat tinggi pada ikan kutuk.

Apa Itu Ikan Kutuk?

Beberapa dari Anda mungkin asing dengan nama ikan kutuk. Well, ikan gabus memang merupakan jenis ikan khas yang sering ditemukan di perairan air tawan dan di Indonesia sendiri ikan gabus memang tersebar hampir di seluruh Indonesia. Yang uniknya, ikan ini ternyata memiliki banyak sekali nama dan berbeda-beda di setiap daerahnya. Ikan gabus sendiri merupakan nama umum yang digunakan tapi ada juga yang menyebutnya ikan haruan (sebagian besar Kalimantan), ikan bogo (Jawa Barat) dan di beberapa tempat ikan gabus juga disebut dengan ikan kutuk oleh kebanyakan masyarakat jawa. Hal ini karena kepercayaan orang jawa yang percaya bahwa ikan ini sebenarnya ikan yang dikutuk atau ikan siluman.

Manfaat Ikan Kutuk

Bicara soal manfaat ikan kutuk maka sama juga artinya dengan manfaat ikan gabus yang memang sudah sangat terkenal karena kandungan albuminnya yang tinggi.

  1. Tinggi Kandungan Albumin

Tentunya sudah banyak orang yang tahu tentang manfaat albumin bagi kesehatan. Senyawa protein ini sangat baik untuk membantu mempercepat penyembuhan luka bahkan termasuk luka paska operasi.

  1. Mengandung Protein Baik bagi Tubuh

Apakah Anda tahu manfaat protein? Protein sangat penting dalam pembentukan masa otot dan mengoptimalkan regenerasi kulit sehingga ketika luka, sel kulit cepat menutup dan menjadi cepat sembuh.

  1. Sumber Omega 3

Tak hanya pada ikan laut, omega 3 juga terdapat pada ikan kutuk atau ikan gabus ini. Manfaat ikan gabus yang mengandung omega 3 sangat baik untuk mengoptimalkan potensi otak anak serta kerja sistem saraf.

  1. Baik untuk Pertumbuhan Anak

Ada banyak sekali manfaat albumin ikan gabus untuk pertumbuhan anak. Selain itu karena kaya kandungan dan manfaat omega 3 serta protein ditambah dengan mineral seperti kalsium dan zat besi sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak baik dari segi perkembangan otak maupun tubuh mereka agar tumbuh tinggi dan kuat.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Tentunya Anda sudah dapat menebak bahwa kandungan albumin pada ikan kutuk sangat tinggi dan salah satu manfaat utamanya adalah dapat membantu mempercepat penyembuhan luka.

  1. Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi

Beberapa penelitian sudah membuktikan bahwa ikan kutuk atau ikan gabus juga kaya kandungan mineral seperti manfaat kalsium, fosfor dan zet besi. Oleh karena itu mengkonsumsi ikan kutuk secara teratur sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

  1. Direkomendasikan untuk Wanita Hamil

Ketika hamil seorang ibu harus mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan gizinya. Ikan gabus termasuk jenis ikan  yang sangat tinggi kandungan gizinya seperti protein, omega 3, vitamin dan mineral yang penting untuk ibu saat mengandung.

  1. Kaya Kandungan Anti Inflamasi

Inflamasi bisa menjadi penyebab berbagai masalah kesehatan. Ikan gabus mengandung anti inflamasi yang tinggi sehingga dapat mengatasi masalah peradangan dan pembengkakak.

  1. Dapat Membantu Mengatasi Diabetes

Ada banyak sekali manfaat ikan gabus untuk penderita diabetes salah satunya protein yang terkandung dapat membantu meminimalisir efek buruk dari penyakit ini.

  1. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Ikan gabus juga sangat mudah dicerna sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan mulai dari anak-anak sampai lansia.

  1. Pembentukan Otot yang Optimal

Karena tinggi kandungan protein, bagi Anda yang sedang menjalankan program body-building juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan gabus.

  1. Memperbaiki Masalah Malnutrisi

Malnutrisi atau masalah gizi buruk juga dapat diatasi dengan memberikan ikan gabus karena kandungan gizinya yang tinggi sehingga kasus malnutrisi bisa cepat dipulihkan.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi ikan kutuk atau ikan gabus secara teratur juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Mengkonsumsi ketika masa penyembuhan justru dapat mempercepat proses penyembuhan.

  1. Sumber Antioksidan yang Baik

Tidak banyak yang tahu tapi ikan kutuk atau ikan gabus juga merupakan sumber antioksidan yang baik yang dapat membantu mencegah penyakit kronis seperti kanker, jantung dan diabetes.

Ikan kutuk atau ikan gabus memiliki banyak sekali manfaat kesehatan. Memang sudah saatnya Anda mengetahui manfaat gemar makan ikan karena memang ikan mengandung banyak sekali manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh terutama dalam mencegah berbagai penyakit dan mengoptimalkan pertumbuhan. Kandungan pada ikan sangat baik untuk anak-anak pada masa pertumbuhan bahkan untuk orang dewasa. Dagingnya yang empuk tentunya sangat mudah dicerna dan dikonsumsi bahan oleh para lansia. Selain ikan gabus yang segar, manfaat ikan asin gabus juga tidak kalah baiknya walaupun tidak dianjurkan untuk dikonsumsi terlalu sering karena kandungan sodium yang dapat menyebabkan masalah hipertensi dan gangguan jantung.