5 Manfaat Akar Bayam Untuk Kesehatan Tubuh

Bayam adalah tanaman hijau dengan daun berbentuk bulat berukuran tidak terlalu besar. Tinggi tanaman ini tidak lebih dari 30 cm. Akar bayam ada yang serabut ada juga yang akar tunggang. Akar bayam dipercaya tidak kalah berkhasiatnya dengan daun bayam. Akar bayam memiliki kandungan nutrisi antara lain : zat besi yang tinggi, protein, serat, dan berbagai zat anti inflamasi, anti bakteri dan peptida.  Berbagai kandungan pada akar bayam tersebut mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti berikut :

baca juga :

Manfaat akar bayam untuk kesehatan antara lain :

  1. Mengatasi keputihan

Keputihan bisa dianggap normal dan tidak normal. Keputihan normal adalah keputihan yang terjadi pada masa subur wanita dan cairan tidak berwarna dan tidak berbau. Keputihan abnormal yaitu keputihan yang muncul dalam jumlah cukup banyak, berwarna keruh dan berbau. Keputihan menjadi gejala terjadinya infeksi pada organ reproduksi. Akar bayam memiliki manfaat sebagai antibakterial sehingga mampu mengatasi infeksi pada organ reproduksi dan mengurangi keputihan.

baca juga :

  1. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan kesulitan dalam BAB dikarenakan kadar air dan serat dalam sistem pencernaan kurang. Akar bayam memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Baik daunnya maupun akarnya dapat digunakan untuk memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

baca juga :

  1. Mengatasi anemia

Bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Tidak hanya daunnya namun pada akarnya juga. Zat besi berperan dalam pembentukan sel darah merah. Sel darah merah atau hemoglobin berfungsi untuk mengangkut oksigen dan zat nutrisi ke seluruh tubuh. Jika sel darah merah dalam tubuh kurang, maka fungsi tubuh juga akan menurun. Tubuh akan kekurangan energi, cepat lelah, pusing, dan sesak nafas. Kurangnya asupan zat besi menyebabkan anemia defisiensi zat besi. Konsumsi makanan yang mengandung cukup zat besi akan meningkatkan efektifitas produksi sel darah merah dalam tubuh.

baca juga :

  1. Menurunkan tekanan darah

Pada akar bayam terdapat angiotensin dan peptida yang mampu memperlancar peredaran darah sehingga dapat menurunkan tekanan darah.

baca juga :

  1. Mencegah dan menyembuhkan wasir

Wasir atau disebut juga dengan ambeien terdapat dua jenis yaitu ambeien dalam dan luar. Ambeien terjadi karena pembesaran pembuluh darah sekitar anus akibat penekanan saat BAB yang terlalu tinggi dan berlangsung sering. Pembuluh darah akan menonjol sampai keluar. Gesekan atau tekanan dapat membuat pembuluh darah pecah dan terjadi perdarahan. Ambeien menjadi salah satu faktor terjadinya anemia atau kekurangan darah. Akar bayam memiliki fungsi anti inflamasi atau peradangan sehingga bermanfaat untuk mengatasi ambeien.


Cara Mengolah Akar Bayam

  1. Menggunakan air akar bayam

Anda perlu membersihkan akar bayam terlebih dahulu lalu rebus dalam air secukupnya hingga mendidih. Saring air rebusan dan masukkan ke dalam gelas. Konsumsi selagi hangat. Mengkonsumsi air akar bayam ini efektif untuk penyakit anemia, memperlancar pencernaan, dan menurunkan tekanan darah.

Air hasil rebusan juga bisa digunakan langsung untuk merendam bagian ambien atau pada keputihan dengan menggunakannya untuk cebok saat air masih hangat.

  1. Menggunakan uap rebusan akar bayam

Uap hasil rebusan akar bayam ini juga bisa digunakan untuk ambeien. Beberapa orang juga menggunakannya untuk merawat kulit wajah.

baca juga :

, ,
Oleh :
Kategori : Sayuran