22 Manfaat Terong Putih untuk Kesehatan Tubuh

Terong merupakan jenis sayuran yang sudah tidak asing lagi. Olahan seperti balado terong dan sambal terong merupakan favorit kebanyakan orang. Namun, biasanya yang digunakan adalah jenis terong ungu maupun terong hijau. Selain kedua jenis terong ini, sebenarnya ada jenis terong lain, yakni terong putih. Terong putih adalah jenis terong yang memiliki warna putih seperti lobak dan masih seperti terong atau Solanum melongena lainnya. Terong putih banyak ditanam di Kalimantan, dan daerah Jawa Barat. Meskipun belum populer seperti terong ungu dan terong hijau, terong putih memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan karena terdapat berbagai kandungan di dalamnya.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Terong Putih

Terong putih memiliki rasa yang manis dan sangat menarik untuk dilihat. Terong putih memiliki berbagai kandungan gizi di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan. Beberapa kandungan yang terdapat di dalam terong putih diantaranya, vitamin K, vitamin E, niacin, tiamin, folat, ribloflavin, nasunin, striknin, skopolamin, skopoletin dan skoparon. Tidak hanya itu, terong putih juga mengandung antioksidan yang sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan juga menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit.

Manfaat Terong Putih

Kandungan gizi yang terdapat dalam terong putih sangatlah beragam. Kandungan tersebut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Mencegah Diabetes

Meskipun memiliki rasa yang manis dibandingkan dengan jenis terong lainnya, namun terong putih ini tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Malahan, terong putih dapat membantu menurunkan gula darah berlebih dalam tubuh, sehingga dapat mengatasi penyakit diabetes.

artikel terkait: manfaat paprika hijau untuk diet

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Terong putih dipercaya untuk mengatasi penyakit jantung yang banyak di derita oleh banyak orang. Terong putih juga membantu menguatkan jantung, sehingga tidak mudah terkena serangan jantung.

  1. Mencegah Kanker

Kanker merupakan penyakit yang sudah membunuh banyak orang. Banyak Peneliti mencari berbagai kandungan anti kanker yang dapat menghilangkan kanker dari dalam tubuh, salah satunya terong putih. Terong putih memiliki kandungan tripsin yang dapat berguna sebagai anti kanker yang dapat mengatasi penyakit kanker.

artikel terkait: manfaat tanah gabut

  1. Menyehatkan Otak

Kandungan di dalam terong putih dapat membuat otak menjadi lebih fresh. Selain itu, terong putih juga dapat meningkatkan tumbuh kembang otak, terlebih untuk anak di masa pertumbuhan.

  1. Mencegah Terjadinya Anemia

Terong putih memiliki senyawa yang dapat membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Sehingga bagi Anda yang sering merasa lemas dan pusing karena kekurangan sel darah merah, Anda dapat mengkonsumsi terong putih untuk membantu menambah sel darah merah dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat paprika kuning

  1. Membunuh Bakteri Dalam Tubuh

Terong putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan mencegah tubuh terserang penyakit yang disebabkan karena serangan bakteri. Hal ini disebabkan karena terong putih dapat membunuh bakteri jahat di dalam tubuh.

  1. Menghilangkan Kecanduan Rokok

Bagi Anda yang memiliki masalah dengan kecanduan rokok, mengkonsumsi terong putih dapat dijadikan salah satu solusi untuk mengurangi rasa kecanduan terhadap rokok.

artikel terkait: manfaat hidroponik

  1. Menurunkan Berat Badan

Terong putih memiliki kandungan lemak yang sedikit, selain itu, kandungan serat dalam terong putih juga dapat membantu melancarkan pencernaan. Sehingga makanan dan lemak tidak menumpuk di dalam tubuh.

  1. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air di dalam terong putih lebih banyak dibandingkan dengan kandungan air di dalam jenis terong lainnya. Hal ini dapat mencegah tubuh kekurangan cairan. Sehingga tubuh akan tetap bugar dan juga terlihat fresh.

artikel terkait: manfaat biji mangga

  1. Mencegah Penuaan Dini

Antioksidan dalam tering putih dapat menangkal radikal bebas dan juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini yang disebabkan karena adanya radikal bebas yang masuk dalam tubuh.

  1. Mencegah Terjadinya Gugup

Kandungan striknin, skopolamin, skopoletin dan juga skoparon dalam terong mampu mencegah dan mengatasi penyakit sawan atau penyakit gugup.

artikel terkait: manfaat leunca

  1. Mengatasi Encok

Encok disebabkan karena salah posisi bergerak dan juga ada bagian tubuh yang respon geraknya belum siap. Sehingga menyebabkan rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu. Untuk mengatasinya, dapat menggunakan terong putih untuk mengatasi rasa pegal dalam tubuh.

  1. Mengatasi Epilepsi

Tidak hanya mencegah terjadinya penyakit gugup, kandungan striknin, skopolamin, skopoletin dan juga skoparon dalam terong putih juga mampu mengatasi epilepsi.

artikel terkait: manfaat fiforlif

  1. Mengobati Kutil

Meskipun tidak menghasilkan banyak getah, etapi getah pada terong putih memiliki manfaat tersendiri. Getah terong putih dapat dijadikan obat kutilan, dan juga mengatasi beberapa masalah kesehatan kulit lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut Dan Kulit Kepala

Kerusakan pada kulit kepala dapat menjadikan kulit kepala gatal dan rambut rusak. Menggunakan shampoo hanya akan menghilangkan kotoran pada rambut dan kulit kepala. Untuk mengatasi masalah kepala ini, beberapa orang percaya bahwa terong putih dapat menjadikan kulit kepala sehat dan juga menjaga agar rambut tidak rusak dan tidak rontok.

artikel terkait: manfaat berhenti merokok

  1. Mencerahkan Wajah

Menggunakan terong sebagai masker, dapat menjadikan kulit wajah menjadi lebih cerah. Seperti bengkoang, terong putih memiliki beberapa kandungan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan kulit.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Terong putih memiliki getah, dimana getah terong putih ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi yang terjadi pada beberapa orang.

artikel terkait: manfaat brokoli untuk penderita maag

  1. Mengatasi Peradangan Di Mulut

Terong putih memiliki kandungan vitamin seperti vitamin K, dan vitamin C yang baik untuk menjaga kesehatan mulut dengan mengatasi mulut dari masalah peradangan yang terjadi.

  1. Menurunkan Kolesterol

Mengkonsumsi terong dalam jumlah yang sedikit saja dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan dalam terong putih dapat menghambat terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat kunyit untuk sakit maag

  1. Menurunkan Demam

Terong putih juga mampu menurunkan demam yang terjadi pada anak dan juga orang dewasa. Natrium, kalium, asam klorogenat dan juga tripsin dalam terong putih mampu membantu menurunkan panas demam pada seseorang.

  1. Melancarkan Buang Air Kecil

Tidak hanya buahnya, daun terong putih juga dapat membantu melancarkan buang air kecil dan juga mengatasi sakit perut.

artikel terkait: manfaat buah okra

  1. Melancarkan Aliran Darah

Kandungan dalam terong putih dapat membersihkan lemak yang berada pada aliran darah, yang dapat menyebabkan penghambatan aliran darah. Terong putih dapat mengurai lemak dan membersihkannya, serta mencegah penumpukan leak pada aliran darah. Sehingga aliran darah dapat lancar kembali.

Meskipun tidak populer seperti terong hijau dan juga terong ungu, terong putih juga memiliki berbagai manfaat yang tidak kalah dengan jenis terong lainnya. Selain melakukan pencegahan dan pengobatan menggunakan terong putih, menjaga pola makan dan juga olahraga yang cukup juga dapat dilakukan untuk membantu menunjang kesehatan pada tubuh.

,
Post Date: Friday 21st, April 2017 / 03:47 Oleh :
Kategori : Sayuran