19 Manfaat Sirsak Belanda Super Ampuh Bagi Kesehatan Tubuh

Sirsak merupakan buah yang awalnya dibawa pemerintah kolonial Belanda ke Nusantara. Karena alasan tersebut sirsak juga dikenal dengan sebutan nangka belanda atau durian belanda. Dalam bahasa Belanda sendiri sirsak disebut sebagai zuurzak yang artinya “kantung asam”. Manfaat Sirsak belanda sangat ampuh untuk kesehatan tubuh.

Dalam satu buah sirsak terdapat banyak kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.Pada buah sirsak terkandung karbohidrat yang tinggi, terutama fruktosa. Selain itu terkandung juga berbagai vitamin seperti vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Meskipun daging buah sirsak kaya akan manfaat, namun tidak dengan bijinya. Biji buah sirsak tidak dianjurkan untuk dimanakan karena mengandung racun bagi tubuh. Biji buah sirsak biasa digunakan sebagai insektisida alami.

Kandungan Nutrisi

Penyajian 100g (Gram)
Kalori 66
% Kebutuhan Harian
Total Lemak 0.3g
Lemak Jenuh 0.1g
Lemak Tak Jenuh Ganda 0.1g
Lemak Tak Jenuh Tunggal 0.1g
Kolesterol 0g
Natrium 14mg
Kalium 278mg
Total Karbohidrat 17mg
Serat 3.3g
Gula 14g
Protein 1g
Vitamin A 2IU Vitamiin C 20.6mg
Kalsium 14mg Zat Besi 0.6mg
Vitamin D 0IU Vitamin B6 0.1mg
Vitamin B12 0 µg Magnesium 21mg

Berdasarkan kandungan nutrisi diatas, didapatlah beberapa manfaat buah sirsak untuk kesehatan seperti yang disebutkan di bawah ini:

  1. Baik untuk penderita maag

Jika anda menderita maag kronis, mengkonsumsi sirsak dapat membantu meredakan rasa sakit saat gejala maag anda timbul. Dengan kata lain, sirsak bermanfaat sebagai pereda rasa sakit penderita maag kronis.

Penting untuk maag : Manfaat Jeruk Lemon Untuk Maag

  1. Anti-toksin

Manfaat sirsak yang satu ini sangat berguna bagi anda yang hidup di pusat kota. Tingkat polusi yang tinggi pastinya memberi efek negatif bagi tubuh. Namun anda bisa mengakalinya dengan mengkonsumsi sirsak karena sirsak mengandung zat anti toksin yang dapat menghilangkan racun akibat terlalu banyak menghirup karbon dioksida.

  1. Meregenerasi sel baru

Manfaat sirsak yang satu ini sangat berguna untuk meningkatkan proses penyebuhan luka. Sirsak mampu meningkatkan proses regenerasi kembali sel baru pada setiap bagian tubuh yang terluka.

  1. Meningkatkan metabolismeJ

ika anda memiliki pekerjaan yang menuntut banyak aktifitas, kesehatan tubuh anda mungkin bisa terganggu. Apalagi jika tubuh kekurangan nutrisi yang cukup. Agar anda tidak mudah lelah saat beraktifitas anda dapat mengkonsumsi buah sirsak karena dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh anda sehingga tubuh terasa lebih segar.


  1. Meningkatkan imunitas

Di saat banyak virus mengancam kesehatan, anda harus lebih memperhatikan pola makan dan asupan nutrisi yang cukup bagi tubuh. Salah satunya adalah dengan buah sirsak. Buah sirsak dapat membantu anda memperkuat sistem imun (anti bodi). Akibatnya virus tidak akan bisa dengan mudah menerobos masuk dan berkembang biak di dalam tubuh.

  1. Redakan demam

Beberapa virus seperti DBD, typus, dan lainnya dapat menyebabkan kenaikan suhu yang tinggi pada tubuh penderitanya. Sirsak dapat meredakan demam pada gejala penyakit yang diakibatkan oleh virus-virus tersebut.

Penting juga untuk demam : Manfaat Jambu Biji untuk Demam Berdarah

  1. Atasi kanker

Penderita kanker khususnya pasti memerlukan zat yang resistant terhadap sel kanker mereka yang aktif. Pada sirsak terdapat kandungan yang dapat mengatasi kanker bahkan pada level/tahapan yang kronis.

Penting juga untuk kanker : Manfaat Keladi Tikus Untuk Kanker dan Kesehatan

  1. Atasi tumor ganas

Rupanya sirsak juga telah menjadi salah satu obat tradisional yang digunakan dari generasi ke generasi untuk mengatasi penyakit tumor ganas. Untuk membuat ramuan tradisionalnya, biasanya daging buah sirsak akan diracik bersama kulit serta daun pucuk tanamannya. Khasiatnya memang diyakini ampuh, hanya saja rasanya luar biasa pahit.

  1. Atasi penuaan dini

Penuaan dini telah menjadi masalah yang umum saat ini. Ketika tubuh, terutama kulit, dipaksa bekerja di bawah tekanan yang tinggi, mungkin saja kulit terlihat lebih kusam dan tidak lagi kencang. Hal itu bisa jadi karena tubuh kekurangan pigmen. Sirsak diyakini mampu mengatasi resiko terjadinya penuaan dini tersebut.

  1. Atasi Keriput

Khasiat sirsak bahkan dapat membantu mengurangi kulit yang keriput yang diakibatkan oleh bertambahnya usia (penuaan).

  1. Mencegah tulang keropos

Kandungan kalsium pada sirsak dapat menjaga kekuatan tulang sehingga tidak mudah terjadi pengeroposan.

Penting juga untuk tulang :

  1. Meningkatkan kecerdasan

Siapa sangka dengan mengkonsumsi sirsak otak kita bisa semakin cerdas? Rupanya dengan sering mengkonsumsi buah sirsak peredaran darah pada otak dapat berjalan semakin lancar sehingga daya konsenstrasi dan kerja otak juga semakin meningkat dari biasanya.

  1. Menstabilkan kolesterol

Bagi anda yang memiliki kolesterol tinggi, buah sirsak juga dapat menjadi obat alami menjaga kestabilan tingkat kolesterol berlebih pada aliran darah di tubuh.

Penting juga untuk kolesterol:

  1. Menstabilkan gula darah

Tingkat gula darah yang normal juga menjadi salah satu kunci tubuh yang sehat. Apabila gula dalam darah berlebih atau kurang dari yang seharusnya tentu berbahaya bagi tubuh. Dengan mengkonsumsi buah sirsak gula darah dapat distabilkan sehingga anda dapat beraktifitas dengan normal.

  1. Anti stress

Dengan meminum jus sirsak secara rutin faktanya dapat meningkatkan neutransmitter pada tubuh. Neutransmitter inilah yang memberi efek tidak mudah stress sehingga anda dapat beraktifitas dengan pikiran yang jernih.

  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Mengingat buah sirsak dapat menjaga tingkat kolesterol pada aliran darah yang menjadi pemicu utama penyakit jantung, tentunya secara tidak langsung buah sirsak juga dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung dikarenakan tumpukkan kolesterol yang menghambat aliran darah ke jantung.

  1. Pembersih paru-paru

Menurut beberapa penelitian, buah sirsak dapat membantu membersihkan paru-paru dari toksik atau racun seperti yang terkandung pada asap rokok.

  1. Pemutih kulit alami

Efek pemutih kulit alami ini memang tidak dapat dirasakan secara instan namum membutuhkan waktu sampai beberapa tahun. Anda bahkan mungkin tidak akan menyadari manfaat yang satu ini karena prosesnya yang sangat lama.

  1. Memperbaiki sel DNA

Sel DNA dimiliki setiap makhluk hidup termasuk manusia. DNA inilah yang akan direplikasi atau diturunkan dari orang tua kepada anak-anak mereka. DNA yang baik tentu dapat menjadikan keturunan yang baik pula. Buah sirsak diyakini dapat memberi kesempatan untuk mencerdaskan dan menjadikan keturunan menjadi lebih sehat melalui perbaikan sel DNA.

Resiko Konsumsi Berlebih

Dengan begitu banyaknya manfaat menakjubkan dari buah yang satu ini, anda mungkin mulai berfikir untuk mengkonsumsinya setiap hari dengan porsi yang banyak. Namun hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan.

Menurut penelitian para ahli, pada buah sirsak juga terkandung senyawa alkaloid, yaitu senyawa basa bernitrogen, yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat memberi efek negatif pada tubuh. Salah satunya adalah timbulnya gejala  neurologis yang mirip dengan pernyakit parkinson.

Oleh karena itu, jika ingin menggunakan buah sirsak sebagai herbal alami sangat disarankan untuk terlebih dahulu mendiskusikannya dengan dokter atau ahli gizi anda mengenai jumlah porsi atau dosis yang tepat untuk mengkonsumsi buah yang satu ini. Hal tersebut tidak lain adalah untuk menghindari gangguan kesehatan yang bisa terjadi karena jumlah dosis yang tidak sesuai dengan kebutuhan tubuh.

, ,
Post Date: Monday 12th, December 2016 / 01:31 Oleh :
Kategori : Buah Buahan