Manfaat Seledri

Manfaat seledri sudah menjadi sahabat bagi para ibu rumah tangga. Daun seledri dijadikan bumbu penyedap dalam masakan yang berkuah, ini karena aromanya yang khas yang dapat keluar dengan masakan yang hangat. Pada cara membuat kue, seledri dijadikan untuk mempercantik tampilan saat penyajiannya. Tanaman seledri biasanya tidak terlalu dipentingkan pada penggunaannya, tidak seperti pada manfaat daun salam atau manfaat daun singkong yang difavoritkan untuk ditanam. Padahal seledri sendiri, sangat baik dikonasumsi karena manfaatnya yang berlimpah. Berikut akan kita ulas pada artikel ini.

Manfaat Daun Seledri Bagi Kesehatan

Setiap tanaman umumnya memliliki banyak kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Kandungan gizi baik pada seledri yang terkandung unsur kimia seperti flavonoid, tanin dan minyak asiri. Beberapa nutrisi seperti vitamin B kompleks, vitamin A, vitamin K dan vitamin E merupakan manfaat seledri alami yang akan peroleh dari pengkonsumsiannyai. Hal inilah yang menjadikan seledri berguna bagi kesehatan tubuh, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Menangani gejala hipertensi – Senyawa kimia pada seledri sangat baik untuk menangani hormon stres pada pembuluh darah, sehingga memeberikan kelonggaran pada pembuluh darah yang akan mengurangi tekanan darah.
  2. Mencegah kanker – pada seledri terdapat minyak essensial yang mencegah terbentuknya tumor yang mampu menyebabkan gejala kanker, serta merangsang produksi enzim yang melawan sel penyebab kanker. Karsinogen dalam rokok mampu diatasinya, sehingga melawan terjadinya gejala kanker prostat dan gejala kanker usus besar.
  3. Mencegah inflamasi – Seledri yang dikonsumsi secara teratur dapat menangani penyakit yang disebabkan gangguan inflamasi seperti  osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Pada manfaat seledri ini adalala karena kandunga vitamin C yang menjadi anti inflamasi pada tubuh.

Rambut Cantik Dengan Manfaat Seledri

Rambut merupakan mahkota kepala yang harus dirawat dengan baik. Penampilan yang baik harus dengan merawat pula kesehatan rambut. Masalah yang sekarang sering dijumpai pada rambut adalah kerontokan yang disebabkan seringnya gonta-ganti gaya rambut dengan bahan-bahan kimia.  Rambut yang rontok terus menerus dapat menyebabkan kebotakan, karena itu harus diatasi. Banyak perawatan di salon yang memang dapat dilakukan, namun tentunya menguras biaya yang tidak sedikit. Terapi dengan manfaat seledri mampu melebatkan kembali rambut dan menjaga kulit kepala. Caranya mudah, siapkan sekiranya 10 tangkai daun seledri kemudian haluskan. keramaslah seperti biasa, setelahnya gosokkan seledri yang dihaluskan tersebut pada rambut hingga merata. Pijatlah dengan lembut rambut agar meresap pada kulit kepala. Kemudian diamkan selama sejam dengan menggunakan shower cap atau topi pembungkus. Bilas hingga bersih rambut setelah satu jam. Lakukan seminggu dua kali untuk perawatan untuk hasil yang maksimal.

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:57 Oleh :
Kategori : Sayuran