13 Manfaat Pare dan Efek Sampingnya

Advertisement

Pare merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan namun permasalahannya, tidak banyak orang yang menyukainya karena rasanya yang pahit. Rasa pahit pare sepertinya memang sangat terasa melekat, apalagi biasanya pare disajikan hanya direbus dan dijadikan lalapan. Tanaman pare tumbuh merambat dan menjalar, dan sebenarnya tanaman ini dapat mudah tumbuh dan tidak menggunakan penanganan yang khusus. Masakan pare biasanya hanya di tumis dengan berbagai macam sayur lain atau daging. Mengkonsumsi pare sangat dianjurkan, karena kandungan dan manfaat pare yang baik bagi tubuh dan baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

Manfaat Pare Berdasarkan Kandungan Gizinya

Sayuran pare sangat rendah kalori, dengan hanya menyediakan 17 kalori per 100g. Namun demikian, tidak hanya itu pare juga mengandung fitonutrien, serat, mineral, vitamin dan anti oksidan. Dan bersama-sama memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh 1) :

  1. Phyto Nutrien – Pare mengandung phyto terutama polipeptida-P yaitu insulin tanaman yang dikenal untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, agen hipoglikemik yang disebut charantin meningkatkan penyerapan glukosa dan glikogen sintesis dalam sel-sel hati, otot dan jaringan adiposa. Bersama-sama, senyawa ini pare telah dianggap bertanggung jawab atas penurunan kadar gula darah dalam pengobatan diabetes tipe-2.
  2. Folat – Pare segar merupakan sumber folat yang sangat baik sekitar 72 mg / 100 g (18% dari RDA). Folat, ketika dikonsumsi oleh ibu selama waktu awal kehamilan akan membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.
  3. Vitamin C – Pare segar merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin C (100 g pare mentah menyediakan 84 mg atau sekitar 140% dari RDI). Manfaat vitamin C merupakan salah satu antioksidan alami yang kuat dan membantu mengikat radikal bebas yang merusak tubuh manusia.
  4. Flavanoid – Flavanoid adalah sumber yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat flavonoid seperti ß-karoten, α-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Selain itu juga berisi sejumlah vitamin A. Senyawa-senyawa ini membantu bertindak melindungi terhadap radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan, kanker dan berbagai penyakit.
  5. Vitamin B Kompleks – Selain itu, itu pare merupakan sumber moderat vitamin B kompleks seperti niasin (vitamin B-3), asam pantotenat (vitamin B-5), piridoksin (vitamin B-6) dan mineral seperti zat besi, seng, kalium, mangan dan magnesium.
  6. Serat – Pare dapat merangsang pencernaan yang mudah dan gerakan peristaltik pada makanan melalui usus sampai diekskresikan dalam tubuh. Dengan demikian, hal ini akan membantu dalam mengurangi gangguan pencernaan dan masalah sembelit.

Manfaat Pare Untuk Kulit dan Rambut

Pare pahit dapat menjadi pembersih darah alami, akan membantu dalam meningkatkan penampilan kulit. Selain bermanfaat bagi kulit dan kesehatan, pare juga efektif dalam mengobati masalah rambut dan menjadikannya berumur panjang. Berikut ini manfaat pare untuk kulit dan rambut 2) :


1. Mencegah Masalah Kulit

Manfaat pare dapat mengobati penyakit kulit atau infeksi kulit, eksim, dan psoriasis. Konsumsi pare secara teratur jus membantu tubuh meningkatkan kondisi psoriasis serta infeksi jamur lain seperti cacing cincin.


2. Anti Penuaan

Pare mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan akan memerangi dan menghilangkan radikal bebas berbahaya. Antioksidan membantu untuk mencegah keriput dengan memperlambat proses penuaan. Hal tersebut juga melindungi kulit dari kerusakan oleh sinar ultraviolet matahari.


3. Rambut Berkilau

Untuk memberikan kilau alami  rambut, campur secangkir jus segar pare dengan yogurt dan oleskan pada rambut. Cuci rambut setelah beberapa lama, untuk membuat rambut berkilau dan indah.


4. Anti Ketombe

Ketombe adalah masalah umum dan sebagian besar disebabkan karena konsumsi makanan yang tidak sehat dan paparan polusi. Untuk menangkal ketombe, dapat mencoba perawatan rambut dengan campuran pare dan biji jintan. Lakukan perawatan rambut ini selama 1 bulan, untuk menyingkirkan ketombe.


5. Mengatasi Kulit Kepala Kering dan Gatal

Untuk memerangi rambut kering dan kulit kepala gatal, gosok sepotong pare di atas kulit kepala dan pijat dengan gerakan melingkar, kemudian bilas dengan air jernih. Untuk mengurangi rasa gatal, lakukan perawatan rambut dengan campuran pare dengan manfaat alpukat atau manfaat pisang sebagai masker rambut dan terapkan pada kulit kepala. Lakukan hal ini setidaknya sekali seminggu untuk menyingkirkan gatal pada kulit kepala.


6. Mengatasi Rambut Berminyak

Peningkatan asupan makanan yang berminyak dapat menyebabkan akumulasi minyak berlebih pada rambut. Jika memiliki rambut berminyak, terlebih dahulu harus membatasi konsumsi makanan berminyak. Terapkan campuran jus pare dan manfaat cuka apel untuk menghilangkan kelebihan minyak pada rambut.


7. Mengatasi Rambut Kasar dan Kusut

Memiliki rambut yang kasar dan kusut akan sangat sulit di atur, namun jus pare dapat membantu masalah ini. Secangkir jus pare dapat diterapkan pada rambut selama 10 sampai 15 menit, kemudian bilas rambut. Hal ini akan membantu memperbaiki tekstur rambut, membuatnya lembut dan mengkilap.


Efek Samping Pare 3)

manfaat-pare

Sayur Pare

Pare mungkin aman dikonsumsi untuk kebanyakan orang, ketika dikonsumsi dalam jangka pendek. Keamanan penggunaan jangka panjang (di atas 3 bulan) tidak diketahui. Dan juga, belum cukup informasi tentang keamanan mengkonsumsi bagian lain dari pare. Beberapa tindakan pensegahan dan tindakan khusus untuk penggunaan sayur pare ini, termasuk untuk :

Ibu Hamil dan Menyusui – Pare kemungkinan tidak aman ketika dikonsumsi selama kehamilan. Bahan kimia tertentu dalam daging dan biji-bijiannya dapat memulai menstruasi dan menyebabkan aborsi pada hewan. Tidak cukup diketahui tentang keamanan menggunakan pare selama menyusui. Tetap untuk sisi keamanan, lebih baik menghindari penggunaannya.

Penderita Diabetes – Pare dapat menurunkan kadar gula darah, namun hati-hati jika mengambil pare untuk menurunkan gula darah, karena menambahkan pare bisa membuat penurunan gula darah terlalu rendah. Memonitor kondisi gula darah dengan lebih hati-hati.

Akan Menjalani Operasi Bedah – Ada kekhawatiran bahwa pare bisa mengganggu kontrol gula darah selama dan setelah operasi. Berhenti mengkonsumsi pare minimal 2 minggu sebelum operasi dijadwalkan.

Advertisement
, , ,

Referensi   [ + ]

1. nutrition-and-you, Bitter gourd (melon) nutrition facts, diakses 05 Desember 2014
2. stylecraze.com, 22 Amazing Benefits And Uses Of Bitter Melon/Bitter Gourd For Skin, Hair And Health, diakses 05 Desember 2014
3. webmd.com, Bitter Melon, diakses 05 Desember 2014
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:44 Oleh :
Kategori : Sayuran
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links