9 Manfaat Minum Air Putih Dipagi Hari Untuk Kesehatan

Kehidupan manusia tidak dapat diisahkan dari peran air putih yang memenuhi kebutuhan cairan harian tubuh.  Sebagian besar, bahkan hampir seluruh tubuh manusia merupakan cairan,  dan membutuhkan cairan juga untuk mengganti cairan yang hilang ketika melakukan berbagai macam aktivitas. Tanpa meminum air putih, tubuh tidak akan sehat karena kaerusakan pada beberapa organ yang disebabkan kekurangan cairan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, disarankan untuk meminum air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Namun beberapa orang hanya meminum setengahnya saja. Kekurangan air putih untuk memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh, dapat mengakibatan tubuh mudah lelah dan kurang produktif.

artikel terkait:

Meminum air putih dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan tubuh saat melakukan aktivitas. Namun, meminum air putih di pagi hari, memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh dibandingkan pada waktu lain. Beberapa manfaat meminum air putih di pagi hari diantaranya adalah :

  1. Meremajakan Kulit

Memiliki kulit yang tetap segar dan terlihat awet muda, merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Meminum air putih di pagi hari dapat mencegah terjadinya dehidrasi, yang akan berpengaruh terhadap timbulnya garis halus dan pori kulit dalam beberapa bagian kulit wajah tertentu. Meminum air putih pada pagi hari juga dapat menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh. Keluarnya racun dari dalam tubuh secara tidak langsung dapat membuat kulit menjadi tidak kusam lagi.

Selain membuat awet muda dan membuat kulit tidak kusam, meminum air putih setiap pagi dapat mencerahkan kulit dan menjaga kulit agar tidak terkena jerawat. Air putih yang diminum setiap pagi dapat melakukan proses detoksifikasi dan membersihkan jerawat dari lemak dalam kulit. Bahkan dari penelitian yang dilakukan, meminum air putih setiap pagi dapat melancarkan peredaran darah dalam kulit, sehingga dapat mencerahkan kulit.

artikel terkait: manfaat air nira

  1. Meremajakan Otot dan Sel Darah

Tidak hanya meremajakan kulit wajah, meminum air putih di pagi hari juga dapat membantu meremajakan otot dan sel darah dalam tubuh. Minum air putih setiap pagi bermanfaat untuk memperbarui organ otot dan sel darah dalam tubuh dengan membantu merangsang pertumbuhan sel sel darah merah lebih cepat dari pertumbuhan normalnya. Hal ini menyebabkan darah lebih sehat dan otot yang tidak mudah lelah.

artikel terkait: manfaat jagung putih

  1. Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

Gangguan ginjal yang sering terjadi pada beberapa orang, dapat diatasi dengan rujin meminum air putih setiap pagi dalam keadaan perut kosong. Meminum air putih sangat penting karena dapat menjegah terjadinya batu ginjal. Air putih memiliki kemampuan untuk mengurangi kadar asam lambung, yang menjadi salah satu penyebab terjadinya batu ginjal. Selain mencegah terjadinya infeksi pada batu ginjal, meminum air putih setiap paginya dapat mencegah terjadinya infeksi pada kandung kemih. Meminum air putih setiap pagi secara rutin dapat mengurangi risiko terserang batu ginjal dan infeksi kandung kemih.

Selain mengatasi masalah kesehatan ginjal, meminum air putih secara umum juga dapat membantu kinerja ginjal untuk bekerja lebih ringan.

artikel terkait: manfaat biji jambu air

  1. Menyeimbangkan Sistem Kelenjar Getah Bening

Meminum air putih setiap pagi merupakan salah satu proses menghidrasi tubuh. Meminum air putih setiap paginya dapat memaksimalkan fungsi kerja setiap organ tubuh. Salah satunya dengan menyeimbangkan cairan dalam tubuh agar tidak terkena infeksi. Selain itu, meminum air putih setiap pagi mampu menyeimbangkan sistem limpa dalam tubuh dan membuat sistem getah bening bekerja secara optimal untuk melawan infeksi yang menyerang tubuh, yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

artikel terkait: manfaat air kelapa tua

  1. Meningkatkan Metabolisme

Meminum air putih setiap pagi dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Peningkatan metabolisme dapat berpengaruh pada sistem pencernaan. Semakin baik metabolisme tubuh, maka akan semakin baik pula kerja sistem pencernaan dan penyerapan makanan yang terjadi dalam sistem pencernaan. Meminum air putih setiap pagi dapat meningkatkan metabolisme hingga 24%.

artikel terkait: manfaat kulit bawang putih

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem dalam tubuh yang sangat penting karena dari sistem inilah penyerapan makanan dimulai, dan masuk dalam darah untuk diedarkan keseluruh tubuh. Pencernaan yang sehat akan berpengaruh pada seluruh organ tubuh untuk menjadi sehat, begitupun sebaliknya. Meminum air putih setiap pagi dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Meminum air putih di pagi hari juga mampu membersihkan kotoran pada usus sehingga penyerapan nutrisi dalam usus dapat berjalan dengan baik. Masalah sistem pencernaan lain yang dapat diatasi dengan meminum air putih setiap pagi adalah masalah sembelit. Meminum air putih setiap pagi mampu melancarkan buang air besar.

artikel terkait: manfaat jambu biji putih

  1. Mengurangi Berat Badan

Untuk mengatasi masalah berat badan, dan membuat tubuh memiliki berat badan yang normal dapat diatasi dengan meminum air. Mencukupi kebutuhan air putih harian tubuh, terlebih meminumnya pada pagi hari, dapat menjadikan tubuh menjadi proposional. Meminum air putih setiap pagi juga dapat melepaskan racun dalam tubuh dan meningkatkan sistem pencernaan. Hal ini juga dapat membantu mengurangi rasa lapar berlebih pada siang hari, sehingga dapat mengurangi posi makan.

artikel terkait: manfaat kunyit putih untuk keputihan

  1. Menyehatkan Rambut

Tidak hanya menjaga kesehatan organ tubuh dan kesehatan kulit, meminum air putih pada pagi haridapat membantu menyehatkan rambut agar tetap sehat dan lembut. Rambut sebenarnya juga mengandung air, bahkan hingga ¼ bagian rambut adalah air. Meminum air putih setiap pagi, terutama pada saat bangun tidur, dapat membantu menutrisi rambut dalam setiap helainya.

artikel terkait: manfaat mandi air panas

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Menjaga sistem imun, bertujuan untuk menghindari berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Meminum segelas air putih setiap pagi dapat membantu kerja sistem limpa, dimana sistem limpa ini memiliki peran untuk meningkatkan sistem imun. Peningkatan sistem imun inilah yang dapat menghindarkan dari berbagai penyakit yang menyerang. Bahkan meminum air putih di pagi hari dapat mengatasi pusing dan sakit kepala di pagi hari.

artikel terkait: manfaat mandi air dingin

Pastinya, tidak sulit untuk mendapatkan air putih di pagi hari. Hanya perlu ketelatenan untuk meminum air putih secara rutin. Meminum air putih setiap pagi bukanlah hal yang sulit karena tidak memakan banyak waktu dan biaya. Mulailah pola hidup sehat dengan konsumsi yang sehat dan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

, ,
Post Date: Sunday 11th, December 2016 / 08:04 Oleh :
Kategori : Minuman