Manfaat Menabung

Manfaat menabung bisa diperoleh hasilnya ketika kita menjalaninya secara rutin dan tekun. Kegiatan menabung merupakan kegiatan menyimpan sebagian uang yang kita punyai pada suatu tempat. Hal tersebut bertujuan untuk menjalankan pola hidup hemat dan juga merupakan pembangunan karakteristik untuk tidak menghamburkan uang yang sangat diterapkan sejak usia dunia dini.

Manfaat Menabung Bagi Kehidupan

menabungManfaat menabung memang tidak bisa dipungkiri kegunaannya bagi kehidupan, terlebih pada bidang keuangan. Tidak jarang orang yang berpenghasilan tinggi, namun tidak terlihat hasilnya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena cara mengatur keuangannya yang belum benar yang ditambah pula dengan kebiasaan tidak menabung.

Kegiatan menabung memang sering dirasakan sulit untuk dilakukan oleh sebagian orang, padahal jika kita mengetahui manfaat menabung ini, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya, seperti berikut ini :

  • Belajar hidup hemat – Kegiatan menabung yang dilakukan secara rutin setelah gajian misalnya, akan membuat seseorang menyisakan pendapatannya sehingga menghindari jajan-jajan yang kurang berguna. Uang tersebut sudah dialokasikan untuk menabung.
  • Ketersediaan uang disaat mendesak – Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan, salah satunya ketika jatuh sakit. Saat sakit tentu saja kita membutuhkan pengobatan, uang tabungan ini bisa dipergunakan untuk mengantisipasi keadaan mendadak yang bisa saja datang tiba-tiba.
  • Mencegah berhutang – Keadaan yang mendesak seperti sakit yang membutuhkan perawatan namun, tidak memiliki ketersediaan dana mau tidak mau jalan berhutanglah yang ditempuh. Berhutang kepada bank contohnya, akan berbunga dan malah akan memperberat saat pembayaran. Dengan menabung kita tidak perlu mengalami hal tersebut.
  • Investasi. Salah satu syarat dalam melakukan investasi adalah dengan menabung, tidak mungkin anda dapat memikirkan investasi tanpa menabung dari awal.

Manfaat Menabung Bagi Anak-anak

Manfaat menabung merupakan kegiatan yang baik untuk dipupuk sejak dini, karena melatih menabung bagi anak-anak akan memberikan dampak positif untuk kehidupan mendatang. Menabung bagi anak-anak bisa di mulai dari hal-hal kecil seperti menyisihkan sebagian uang jajannya yang kemudian di masukkan ke dalam celengan. Penerapan sikap ini akan memberikan manfaat menabung yang baik seperti berikut ini :

  • Belajar untuk mengatur uang yang dimiliki
  • Belajar disiplin karena menabung membutuhkan konsistensi dan ketekunan
  • Lebih menghargai uang karena si anak diajarkan untuk menyisihkan uang

Berbagai manfaat menabung ini selain merupakan kegiatan yang berguna namun, hasilnya juga bisa kita rasakan.

Manfaat Menabung Untuk Masa Depan

Tidak dapat dipungkiri bahwa menabung merupakan kunci kesuksesan untuk masa depan, dengan menabung kita dapat menatap masa depan yang cerah. Tak ayal manfaat menabung itu sendiri lebih condong untuk masa depan kita. Berikut di antaranya :

  1. Rencana pensiun, saat sudah tua anda akan memikirkan rencana untuk pensiun, tanpa uang yang cukup hal ini akan mengusik ketenangan pensiun anda. Menabung sejak dini setidaknya dapat memberikan anda ‘nafas’ lega saat pensiun nantinya.
  2. Pendidikan anak. Biaya pendidikan terus meningkat setiap tahunnya, tak ayal anda harus menyisihkan uang ekstra untuk menyekolahkan anak sampai ke perguruan tinggi. Untuk itu menabunglah sejak dini!!
  3. Sakit-sakitan. Hampir sebagian besar dari kita akan mengalami sakit-sakitan pada hari tua, terlebih melihat pola hidup yang tidak sehat serta makanan kimia yang merajai sebagian pasaran. Biaya untuk berobat harus kita tunjang dengan hasil tabungan kita nanti tua, terlebih jika anak-anak kita belum sukses.
  4. Liburan. Siapa yang tidak membutuhkan liburan di hari tuanya ? liburan dan tempat menyenangkan adalah idaman setiap orang tua dan pasti ada pengeluaran tambahan untuk melakukan itu.

Menabung tidak akan merugikan kita, giat menabung semenjak dini tidak hanya bermanfaat melainkan juga dapat membentuk karakter kita sebagai orang hemat dan memenuhi kebutuhan kita (terutama kebutuhan primary) bukan semua yang kita inginkan.

,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:31 Oleh :
Kategori : Kebiasaan
Latest From Kebiasaan