Sponsors Link

15 Manfaat Madu Clover Honey Untuk Balita dan Dewasa

Sponsors Link

Sejak zaman dahulu madu telah dipercaya menjadi obat dari segala penyakit. Cairan kental yang dihasilkan oleh lebah ini telah diteliti dan dibuktikan secara ilmiah mengandung senyawa senyawa yang baik bagi tubuh. Rasanya yang manis menjadikan madu menjadi alternatif pemanis yang lebih sehat dibandingkan dengan gula tebu atau pemanis lainnya.

ads

Lebah menghasilkan madu dari satu atau berbagai jenis nektar bunga. Madu yang dihasilkan sangat bervariasi tergantung dari jenis dan jumlah bunga yang diserbukkan. Dari berbagai macam jenis bunga, bunga clover dianggap jenis bunga yang menghasilkan madu terbaik. Clover honey adalah jenis madu yang berasal dari nektar bunga clover. Madu yang dihasilkan memiliki kekentalan yang paling tinggi dibandingkan dengan jenis madu yang lain.

Artikel terkait:

Kandungan Nutrisi

Madu dapat berasal dari nektar bunga yang berbeda, namun kandungan nutrisi madu tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Dalam 100 gram madu, ada 80-84 gram karbohidrat yang semuanya berasal dari gula. Madu bukan merupakan sumber protein, lemak, serat, vitamin maupun mineral. Meskipun demikian beberapa kandungan dalam madu kadarnya cukup tinggi seperti vitamin C, kalsium, potasium dan zinc. Clover honey juga memiliki kandungan air yang paling sedikit diantara jenis madu lain, yaitu sekitar 17%.

Manfaat Clover Honey

Konsumsi madu clover honey setiap hari dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. Beberapa manfaatnya antara lain:

  1. Memiliki sifat antimikrobial – clover honey memiliki kekentalan yang tinggi sehingga menyulitkan mikroba untuk hidup.
  2. Bersifat antiseptik – clover honey memiliki enzim yang menghasilkan senyawa hidrogen peroksida. Senyawa ini dapat membunuh bakteri jika dioleskan atau diminum.
  3. Mempercepat penyembuhan luka – madu telah banyak digunakan dalam perawatan luka luar. Madu dipercaya dapat membunuh bakteri dan mempercepat jaringan kulit beregenerasi.
  4. Sumber antioksidan – madu merupakan sumber antioksidan yang bisa langsung dikonsumsi. Manfaat antioksidan sangat banyak, salah satunya untuk menangkal radikal bebas.
  5. Mencegah penyakit kanker – kandungan antioksidan yang dimiliki oleh clover honey dapat mencegah pertumbuhan sel abnormal. Sehingga konsumsi secara teratur dapat mencegah penyakit kanker.
  6. Mencegah penuaan dini – konsumsi clover honey secara teratur dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel. Perusakan sel dapat mengakibatkan penuaan dini yang ditandai dengan munculnya keriput pada kulit. Sehingga secara tidak langsung dapat mencegah penuaan dini.
  7. Mempercantik kulit – manfaat vitamin c untuk kulit salah satunya adalah menjaga kekencangan dan mencerahkan kulit. Oleh karena itu konsumsi madu clover honey sangat dianjurkan.
  8. Sebagai pemanis alami – madu sering digunakan sebagai pemanis alami karena kandungan gulanya yang cukup tinggi.
    Sponsors Link

  9. menurunkan resiko penyakit diabetes – meskipun memiliki kandungan gula yang tinggi, peningkatan kadar gula darah tidak setinggi konsumsi jenis gula lain seperti gula tebu atau gula aren. Sehingga bisa menjadi pilihan alternatif bagi penderita diabetes.
  10. Sebagai sumber energi instan – jika tubuh membutuhkan energi instan, cobalah mengonsumsi 1-2 sendok madu. Kandungan gula dalam madu clover honey dapat menjadi sumber bakar yang mudah dicerna tubuh.
  11. Melancarkan pencernaan tubuh – madu clover honey dapat membantu memperlancar pencernaan tubuh, antara lain dengan memperlancar buang air besar, meningkatkan penyerapan mineral kalsium, membantu penyembuhan luka pada sistem pencernaan, dan sebagainya.
  12. menjaga fungsi jantung – madu clover honey memiliki kandungan kalsium yang berperan mengontrol kerja otot jantung. Sehingga konsumsi clover honey secara teratur dapat menjaga kesehatan jantung.
  13. membantu mengeluarkan dahak
  14. membantu menyembuhkan batuk dan pilek pada balita
  15. memperkuat sistem imun anak

Demikian uraian manfaat madu clover honey. Perlu diingat bahwa konsumsi madu berlebihan juga tidak baik bagi tubuh. Sebaiknya madu hanya dikonsumsi sebanyak 6 sendok sehari. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 02nd, February 2017 / 17:13 Oleh :
Kategori : Kesehatan