Manfaat Kacang Hijau

Manfaat kacang hijau memberikan asupan makanan sehat bagi tubuh. Banyak macam kacang-kacangan yang ada menempatkan kacang hijau menjadi salah satu kacang dengan kandungan zat yang amat baik bagi kesehatan. Kacang hijau biasa dibuat bubur untuk dikonsumsi atau dibuat es yang sangat menyegarkan. Bagi para vegetarian kacang hijau sangat digemari karena kandungan gizi yang cukup lengkap. Kandungan gizi apa sajakah yang terdapat pada kacang hijau, akan kita bahas dalam artikel ini.

Kandungan Sehat Kacang Hijau

Manfaat kacang hijau salah satunya adalah sebagai sumber protein nabati, tentunya kandungan protein tinggi terdapat pada kacang hijau. Sel-sel pertumbuhan dipengaruhi oleh asupan protein yang dikonsumsi. Kacang hijau juga dapat menjadi sumber mineral, fosfor dan kalsium untuk tulang. Lemak tak jenuh yang terkandung pada kacang hijau, sangat baik dikonsumsi bagi yang mengalami masalahi kelebihan berat badan. Kacang-kacangan memang banyak mengandung lemak tak jenuh yang melindungi kesehatan jantung.

Jenis vitamin amat beragam yang dikandung oleh kacang hijau. Vitamin B1 merupakan pencegahan penyakit beri-beri. Sistem pencernaan juga sangat membutuhkan vitamin B1 untuk pemrosesan makanan. Penyerapan nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan. Kandungan vitamin B lain yaitu B2 yang membantu penyerapan protein oleh tubuh. Pemanfaatan protein pada kacang hijau, ditingkatkan penyerapannya oleh vitamin B2.

Manfaat Kacang Hijau pada Ibu Hamil

Seorang wanita yang tengah mengandung, harus mengkonsumsi makanan yang tidak hanya baik bagi dirinya namun juga baik bagi perkembangan si janin. Berikut ini manfaat kacang hijau, yang akan diperoleh :

  • Asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Karena pada kacang-kacangan dapat mengembangkan sistem syaraf dan menjaga kerusakan atau cacat otak pada calon bayi. Mengkonsumsi kacang hijau disarankan dilakukan saat hamil sampai menyusui untuk meningkatkan asam folat, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.
  • Pada kacang-kacangan seperti kacang hijau, sumber protein sangat tinggi yang sangat dibutuhkan untuk menghindari resiko bayi lahir cacat.
  • Karbohidrat komplek pada kacang hijau memberikan kekuatan pada ibu hamil agar tidak mudah lelah.
  • Pertumbuhan kepadatan tulang sangat baik bagi calon bayi. Kandungan fosfor dan kalsium membantu pertumbuhannya dan tentu saja menguatkan tulang ibu hamil.
  • Manfaat kacang hijau juga sebagai sumber vitamin B1 dan B2, yang mengoptimalkan penyerapan protein untuk mencegah kecacatan pada saraf janin dan pertumbuhan janin itu sendiri.

Manfaat kacang hijau yang lainnya :

1. Sumber antioksidan yang membantu mencegah penyebaran sel penyebab timbulnya gejala kanker dan melawan penuaan dini.

2. kandungah vitamin E, membantu kesuburan

3. memperlancar pencernaan dengan menjaga keasamaan lambung karena sifatnya yang alkalis (basa).

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:06 Oleh :
Kategori : Nutrisi