10 Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh dan Ibu Hamil

Advertisement

Manfaat kacang hijau memberikan asupan makanan sehat bagi tubuh. Banyak macam kacang-kacangan yang ada menempatkan kacang hijau menjadi salah satu kacang dengan kandungan zat yang amat baik bagi kesehatan. Kacang hijau biasa dibuat bubur untuk dikonsumsi atau dibuat es yang sangat menyegarkan. Bagi para vegetarian kacang hijau sangat digemari karena kandungan gizi yang cukup lengkap. Kandungan gizi apa sajakah yang terdapat pada kacang hijau, akan kita bahas dalam artikel ini.

Manfaat Kacang Hijau Bagi Tubuh

Kacang hijau kaya akan berbagai nutrisi penting dalam tubuh, berikut ini sejumlah kandungan nutrisi pada manfaat kacang hijau :


1. Kaya serat

manfaat kacang hijauKandungan serat pada kacang hijau berkisar antara (9% per 100g RDA). Serat bertindak sebagai pencahar dan juga membantu melindungi selaput lendir di usus besar, seperti manfaat pepaya. Mengurangi waktu eksposur zat beracun serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus. Serat dalam jumlah yang cukup juga telah terbukti mengurangi kadar kolesterol dalam darah.


2. Vitamin A

Dalam kacang hijau mengandung sejumlah vitamin A, dalam kadar yang cukup baik. Mempromosikan antioksidan sehat seperti  polifenol, flavonoid, lutein, zeaxanthin dan beta karoten seperti pada manfaat jambu biji. Senyawa ini bertindak melindungi tubuh dari serangan radikal oksigen yang diturunkan bebas dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dini.


3. Zat karotenoid

Kandungan karatenoid, Zeaxanthin  pada makanan adalah bahan yang penting dalam kacang. zat ini secara selektif diserap ke dalam makula lutea retina di mata, yang berfungsi sebagai penyaringan sinar UV. Oleh karena itu, kacang hijau menawarkan perlindungan dalam mencegah penyakit makula terkait usia (ARMD) pada orang tua.


4. Mineral Essensial

Kacang hijau mengandung sejumlah mineral sehat mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, dan kalium, yang sangat penting untuk metabolisme tubuh. Mangan adalah cofaktor untuk enzim antioksidan, dalam radikal bebas yang sangat kuat. Kalium merupakan zat yang banyak terdapat pada manfaat pisang dan merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah,.


5. Vitamin B6

Kacang hijau juga mengandung sejumlah vitamin B yang baik, seperti vitamin B6-(pyridoxine), tiamin (vitamin B-1), dan vitamin-C. Konsumsi makanan yang kaya vitamin C, seperti yang juga banyak terdapat pada manfaat jeruk, akan membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan menangkal bahaya radikal bebas.


6. Rendah Kalori

Secangkir kacang hijau mentah seberat 100 gram, hanya mengandung 31 kalori dan 2,7 gram serat. Jika ingin menjaga berat badan atau menurunkan berat badan, kacang hijau mentah dapat membantu mengisi kebutuhan kalori yang sehat. Karena mengandung biji, kacang hijau juga memiliki 1,83 gram protein. Meskipun kacang hijau memiliki rasa yang manis, tapi hanya mengandung sekitar 3,26 gram gula alami per cangkir. Sehingga membuat kacang hijau cukup baik sebagai camilan yang aman bagi penderita diabetes.


Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Seorang wanita yang tengah mengandung, harus mengkonsumsi makanan yang tidak hanya baik bagi dirinya namun juga baik bagi perkembangan si janin. Berikut ini manfaat kacang hijau, yang akan diperoleh :


7. Asam folat

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Senyawa pada kacang-kacangan ini, dapat mengembangkan sistem syaraf dan menjaga kerusakan atau cacat otak pada calon bayi. Mengkonsumsi kacang hijau sangat disarankan pada saat hamil sampai menyusui untuk meningkatkan asam folat, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari.


8. Protein dan Karbohidrat

Pada kacang-kacangan seperti kacang hijau, sumber protein sangat tinggi yang sangat dibutuhkan untuk menghindari resiko bayi lahir cacat. Karbohidrat komplek pada kacang hijau memberikan kekuatan pada ibu hamil agar tidak mudah lelah.


9. Kalsium

Pertumbuhan kepadatan tulang sangat baik bagi calon bayi. Kandungan fosfor dan kalsium membantu pertumbuhannya dan tentu saja menguatkan tulang ibu hamil.


10. Vitamin B1 dan B2

Manfaat kacang hijau juga sebagai sumber vitamin B1 dan B2, yang mengoptimalkan penyerapan protein untuk mencegah kecacatan pada saraf janin dan pertumbuhan janin itu sendiri.


Cara Memasak Kacang Hijau Yang Sehat

Seperti yang terjadi pada proses memasak bahan makanan alami berwarna hijau, merebus kacang hijau akan menghabiskan beberapa nutrisi penting di dalamnya, terutama mineral dan vitamin C. Setiap 100 gram porsi kacang hijau mentah memiliki sekitar jumlah yang sama dari protein, vitamin B dan vitamin A dan E. Namun setelah melalui proses perebusan, membuat  hijau kacang kehilangan 30 % kalium, besi dan magnesium, serta 20 persen dari kandungan vitamin C di dalamnya.

Sangat dianjurkan untuk melakukan perebusan kacang hijau dalam waktu yang tidak terlalu lama, untuk menghindari pelepasan nutrisi penting kacang hijau ini.

Resiko Kesehatan Pada Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung asam oksalat, yakni zat alami yang ditemukan di beberapa sayuran yang dapat mengkristal, sebagai oksalat atau batu di saluran kemih pada beberapa orang. Pada beberapa orang yang memiliki riwayat adanya batu pada saluran kemih, disarankan untuk tidak makan sayuran seperti kacang hijau. Oleh karena itu, asupan air sangat disarankan untuk mempertahankan pengeluaran urin yang normal, karena manfaat air putih dalam tubuh akan meminimalkan risiko pembentukkan batu.

Advertisement
, , , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:06 Oleh :
Kategori : Nutrisi