Sponsors Link

5 Manfaat Energi Listrik Bagi Kehidupan Manusia

Sponsors Link

manfaat energi listrikIndonesia memiliki kebutuhan listrik yang banyak, saat ini listrik tidak hanya ada di kota besar saja. Namun energi listrik ada di pelosok desa sehingga listrik sudah masuk desa. Listrik adalah kebutuhan utama rakyat Indonesia, tanpa listrik roda ekonomi di Indonesia bisa macet total. Pasalnya banyak pabrik dan industri besar yang menggunakan listrik dan bergantung pada listrik.

ads

Dalam kehidupan sehari-hari pun manusia mengandalkan listrik, mulai dari memasak, belajar dan masih banyak lagi lainnya. Manusia membutuhkan energi listrik untuk kehidupannya. Banyak sekali manfaat energi listrik untuk kehidupan ini, berikut ini berbagai macam-macam manfaatnya yang kita rasakan :

1. Sebagai Penerangan

Saat malam hari, manfaat energi listrik bisa dijadikan sebagai sumber penerangan. Energi listrik bisa digunakan untuk menyalakan lampu. Dahulu kala saat energi listrik belum masuk ke desa-desa, penerangan hanya dilakukan menggunakan lampu minyak biasa. Saat ini harga minyak bumi mahal harganya, sehingga manfaat minyak bumi atau minyak tanah semakin langka dan semakin mahal.

2. Sumber Energi

Energi listrik dijadikan sebagai sumber energi. Disebut sumber energi karena listrik bisa dijadikan sebagai penghasil energi. Misalnya saja adalah sumber energi untuk menghidupkan berbagai macam peralatan rumah tangga dan juga peralatan elektronik lainnya.

3. Sarana Hiburan

Sarana hiburan bisa menggunakan energi listrik, sebabnya adalah banyak alat-alat dan media hiburan yang menggunakan energi listrik. Misalnya manfaat sosial media dari smartphone, playstation atau game elektronik lainnya yang membutuhkan listrik.

4. Penghasil Panas

Listrik bisa dijadikan sebagai penghasil panas, manfaat energi listrik banyak digunakan berbagai macam keperluan rumah tangga. Listrik bisa dijadikan sebagai sumber panas, karena arus litrik bisa mengalir dengan manfaat nikel atau elemen-elemen pemanas yang bisa menghasilkan panas. Panas yang dihasilkan inilah yang digunakan dan juga dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Energi listrik yang menghasilkan panas bisa digunakan untuk kompor listrik, penanak nasi dan juga digunakan untuk menyetrika. Semua peralatan tersebut mengubah energi listrik menjadi panas.

5. Penghasil Gerak

Energi listrik yang ada di dalam kehidupan ini juga bisa dihasilkan sebagai penghasil gerak. Banyak kebutuhan rumah tangga yang membutuhkan listrik untuk menggerakkan sesuatu. Misalnya saja energi listrik yang diubah menjadi energi gerak bisa digunakan untuk menggerakkan motor, mobil, kipas angin dan masih banyak lagi lainnya. Saat mengubah energi gerak dibutuhkan arus listrik untuk menggerakkan alat-alat tersebut.

Upaya Penghematan Listrik

Meski dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak boleh boros begitu saja dalam menggunakan energi listrik. Hal itu dikarenakan biaya listrik akan semakin mahal, jika sudah mahal kita sendiri yang akan menanggung akibatnya.

ads

Berikut ini upaya-upaya dalam penghematan listrik :

  • Tahu Kapan Menyalakan Peralatan Listrik

Untuk menghemat daya listrik, kita harus tahu kapan saatnya menggunakan dan menyalakan peralatan listrik. Jangan membiarkan televisi dan radio menyala dalam waktu yang lama, radio dan televisi yang dibiarkan menyala selama seharian penuh juga bisa merusak elemen-elemen di dalam peralatan listrik tersebut.

  • Jangan Menyalakan Lampu Siang Hari

Saat siang hari manfaat matahari bisa digunakan sebagai sumber penerangan. Sumber penerangan tidak perlu menggunakan lampu, sebab lampu tidak bisa mengalahkan energi matahari. Ada baiknya kita mematikan lampu saat siang hari, nyalakan lampu saat dibutuhkan saja. Misalnya saat malam hari.

  • Jangan Menggunakan Mesin Air Otomatis

Jangan menggunakan mesin air secara otomatis, sebab otomatis sedikit-sedikit akan menyala saat airnya berkurang. Oleh sebab itu gunakanlah sanyo yang tidak otomatis, jadi bisa dinyalakan saat air benar-benar telah habis. Selain itu, mesin air  otomatis akan memiliki tarif listrik yang lebih mahal dibandingkan dengan sanyo yang normal.

  • Cukup Satu Televisi Saja

Ada rumah yang memiliki dua televisi atau bahkan lebih, hal itu dikarenakan banyak anggota keluarga yang menyukai acara-acara yang berbeda. Memiliki lebih dari satu televisi bisa membuat daya listrik membengkak dan tarif listrik pun akan menjadi mahal. Usahakan dalam satu rumah hanya memiliki satu televisi saja, jangan lebih dari satu televisi.

Saat ini, anggaran pemerintah untuk listrik membengkak. Jadi pemerintah sering mengadakan pemadaman listrik bergilir. Hal itu untuk menghemat anggaran pemerintah untuk listrik. Meski tidak lama, pemadaman listrik bergilir itu sering membuat banyak orang kacau dalam menjalankan aktivitasnya.

Sekilas Tentang Energi Listrik

Energi listrik adalah energi yang berasal dari muatan listrik, sehingga bisa membuat medan listrik statis dan menghasilkan gerakan-gerakan elektron di dalam konduktor atau ion di dalam zat cair atau gas. Energi listrik yang dinamis bisa mengubah energi listrik menjadi energi lain. Arus listrik ada dua macam yaitu arus listrik DC dan juga arus listrik AC.


Sumber Arus Listrik

Jika tidak ada sumbernya maka listrik tidak bisa dinyalakan atau diubah menjadi bentuk energi lain, dalam arus listrik ada dua jenis partikel. Yaitu partikel proton dan juga elektron. Kedua partikel tersebut mengandung energi listrik dan memiliki arus yang berbeda-beda. Jika proton arusnya adalah positif sedangkan elektron arusnya bermuatan negatif. Sebuah benda yang kekurangan elektron di dalamnya bisa dikatakan bahwa benda itu kelebihan energi positif dari proton.

Sebaliknya jika benda memiliki energi elektorn yang berlebihan, benda tersebut muatannya adalah negatif. Jika kedua benda memiliki proton dan juga elektron yang sama, benda itu bisa dikatakan sebagai benda yang netral. Sebelum mengetahui energi listrik, kita harus terlebih dahulu mengenal sumber arus listrik. Untuk mengetahui sumber arus listrik, ada baiknya kita mengetahui muatan yang ada di dalamnya. Apakah ada muatan positif ataukah ada muatan negatif di dalamnya.


Arus Listrik Dan Muatan Listrik

Setiap listrik pasti ada arusnya, jika tidak ada arus di dalamnya pasti listrik tidak mau menyala dan tidak mau menghasilkan energi. Apalagi jika sumber listriknya menjadi tertutup atau terhambat. Listrik yang tidak menyala atau berkedap-kedip bisa dikarenakan arus listrik terganggu. Misalnya saja adanya arus konsleting di dalam aliran listrik tersebut. Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan arus listrik :

  • Arus listrik biasanya akan mengalir secara potensial dari potensial tinggi menuju ke potensial yang rendah. Arus ini berlawanan dengan arah dari aliran elektron.
  • Jika arusnya bermuatan negatif maka elektorn bisa bergerak dari arah kutub positif menuju ke kutub negatif.
  • Ketika dalam rangkaian tertutup, elektron biasanya akan mengalir dari kutub negatif menuju ke kutub positif.
  • Alat seperti baterai, bisa menyimpan muatan listrik dan bisa untuk mengalirkannya. Banyaknya jumlah muatan listrik disimbolkan menggunakan Q yang artinya adalah kemampuan alat listrik bisa menyimpan atau membuang arus listrik dalam waktu tertentu.


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 21st, May 2015 / 07:19 Oleh :
Kategori : Teknologi