Manfaat Daun Singkong

Advertisement

Manfaat daun singkong sepertinya sudah tidak asing bagi kita, sayuran enak ini memang sangat banyak digemari di berbagai daerah di Indonesia. Sayuran yang satu ini sudah akrab dengan lidah orang Indonesia terutama yang tinggal di daerah perdesaan. Tanaman singkong sendiri banyak sekali dan mudah didapatkan, itulah sebabnya buah singkongnya sendiri atau pun daunnya, banyak sekali digunakan dalam khasanah kuliner nusantara.

khasiat daun singkongDaun singkong amat akrab di telinga sebagai salah satu lalapan yang menggiurkan lidah, atau dengan memasaknya dengan santan cair, yang biasa disebut sayur daun singkong. Selain daun singkong digemari karena rasanya yang nikmat, manfaat daun singkong sendiri tidak kalah luar biasa. Berikut ini akan kita ulas mengenai manfaat daun singkong, lebih dekat.

Kandungan Gizi

Kandungan gizi daun Singkong cukup bervariasi, seperti halnya sayuran hijau lainnya, ia juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Berikut adalah beberapa kandungan gizi tinggi dalam daun singkong.

  • Serat
  • Vitamin A, B1
  • Karbohidrat
  • Asam Amino Essensial
  • Protein

Manfaat daun singkong sendiri dapat kita jadikan rujukan melalui kandungan gizinya, namun telah beredar di masyarakat luas bahwa daun singkong ini sangat cocok untuk berbagai pengobatan serta keluhan penyakit. Beberapa nutrisi berharga, tekandung pada daun singkong seperti vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial dan karboidrat. Hal ini tentunya menjadikan manfaat daun singkong sangat baik apabila dikonsumsi sebagai menu harian anda.

Membantu Metabolisme Tubuh

Daun singkong merupakan sumber protein nabati yang sangat besar, ia adalah jenis protein nabati yang banyak mengandung vitamin B. Vitamin B sangat diperlukan untuk membangun sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh. Manusia secara berkesinambungan, dalam kata lain daun singkong ini membantu proses dalam tubuh.

Sebagai Sumber Energi

Kandungan berbagai protein atau asam amino essensial pada daun singkong sangat membantu memberikan energi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Asam amino essensial pada daun singkong, membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh beraktivitas. .

Daun Singkong Sebagai Sumber Antioksidan

Daun singkong merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah dan membuang radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini sendiri merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan dalam bidang kecantikan dapat menyebabkan penuaan dini.

Pembentukan dan Regenerasi Sel Tubuh

Asam amino essensial yang terdapat dalam daun singkong merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembaharuan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

Untuk Diet

Daun Singkong Ternyata juga sangat baik digunakan untuk diet, kandungan serat dan tingginya protein di dalamnya adalah salah satu menu diet sehat harian anda.

Baik Untuk Pencernaan

Hampir semua orang tau bahwa serat sayuran sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia, begitu juga dengan daun singkong. Konsumsi rutin daun singkong juga akan memberikan efek yang cukup baik untuk pencernaan kita.

Daun Singkong Untuk Pengobatan Tradisional

Yang paling mengejutkan dari khasiat daun singkong adalah kemampuannya dalam memerangi dan sebagai remedi untuk keluhan penyakit. Beberapa penyakit, diyakini dapat ditangani oleh daun singkong untuk mengurangi deritanya. Berikut diantaranya :

  • Menyembuhkan Diare

Resep pengobatannya, ambil sekitar tujuh lembar daun singkong kemudian cuci bersih. Rebusalah daun singkong dengan air sebanyak 800cc. Sisakan sampai airnya tinggl 400cc. Minum dua kali sehari, sebanyak 200 cc per minum. Daun singkong dipercaya cukup efektif dalam hal membantu mengurangi diare.

  • Pengobatan penyakit rematik

Bila anda yang suka terjadi pegal-pegal sehabis bekerja, bisa saja ada gejala rematik dalam tubuh. Solusi pengobatannya, Siapkan sekitar 5 lembar daun singkong kemudian campurkan daun kapur sirih dan beri air sedikit. Lalu remas hingga ramuan hancur dan balurkan pada persendian yang terasa linu. Gunakan ini tiga kali sehari.

Advertisement
, , , , ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:58 Oleh :
Kategori : Sayuran