Manfaat Daun Kemangi

Manfaat daun kemangi sangat luas digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai menu lalapan yang wajib ada. Sesuai dengan namanya, daun kemangi apabila disandingkan dengan lalapan lain tercium lebih wangi. Hampir banyak yang memfavoritkan daun kemangi ini sebagai lalapan, ketimbang lalapan lain yang menimbulkan bau kurang sedap seperti petai atau jengkol.

Daunnya kecil-kecil dan hampir mirip dengan seledri, namun umumnya orang hanya memakannya begitu saja sebagai lalapaan. Banyak juga yang tidak menyukai daun kemangi, karena rasanya yang cukup getir jika tidak diolah menjadi masakan, namun sebenarnya banyak manfaat daun kemangi yang belum banyak diketahui. Selengkapnya akan kita ulas pada artikel ini.

Kandungan Sehat Manfaat Daun Kemangi

Di Indonesia penggunaan daun kemangi sudah cukup luas, tidak berbeda dengan negara-negara bagian Eropa ataupun Afrika telah banyak yang mengkonsumsinya. Seperti manfaat yang terdapat pada sebagian besar tumbuh-tumbuhan alami, kandungan daun kemangi sangat kaya terhadap kegunaanya untuk kesehatan tubuh. Kandungan minyak atsiri terdapat pada jenis tumbuhan seperti ini yang juga terdapat pada manfaat seledri.

Zat-zat penting lainnya seperti vitamin A, vitamin B, fosfor, magnesium, beta karoten dan flavanoid bersinergi yang menjaga kesehatan tubuh bagi orang yang mengkonsumsinya. Mineral dan fosfor termasuk yang tertinggi dikelasnya, sehingga sangat baik bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan. Jika pengkonsumsian juga diseimbangkan dengan manfaat bayam, pertumbuhannya semakin optimal. Selain dari pada itu, segudang manfaat daun kemangi memang sudah tergambar jelas dari mineral-mineral peting yang terkandung di dalamnya.

Manfaat Daun Kemangi Bagi Kesehatan

Sebenarnya mengkonsumsi lalapan seperti kemangi merupakan kebiasaan baik terhadap cara pengkonsumsian sayur karena tidak adanya penguapan zat dari pemanasan sayur tersebut, sehingga manfaat daun kemangi dapat terserap tubuh secara optimal, seperti berikut ini :

  • Mempengaruhi pertumbuhan maupun massa tulang

Zat fosfor pada kemangi sangat penting bagi pengaturan pertumbuhan tulang sehingga kepadatan tulang dapat terjaga. Bagi orang yang telah lanjut usia, kandungan astenol dan boron menjaga pengeroposan tulang yang rawan terjadi sehingga terhindar dari masalah gejala osteoporosis.

  • Anti radikal bebas
Hal ini sangat jelas terlihat terhadap kandungan flavonoid sebegai senyawa antioksidan yang menangkal radikal bebas. Dan akan menyebab penyebaran virus berbahaya seperti penangkalan terhadap gejala kanker akibat terpicunya zat-zat karsinogen akibat virus.

Mulai dari sekarang, konsumsilah daun kemangi untuk merasakan manfaat terbaiknya !

Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:46 Oleh :
Kategori : Herbal