6 Manfaat Daun Walang Sangit untuk Mu

Daun walang sangit merupakan tumbuhan terna yang ketinggiannya hingga mencapai 1,5 cm, tanaman ini biasanya tumbuh dipekarangan pagar sekitar rumah. Tidak begitu sulit memang untuk menemukan tanaman ini, tetapi manfaat yang bisa kamu peroleh dari daun ini sangatlah banyak.

Ciri-ciri daun ini memiliki struktur perennial 1,5 sampai 2 m, dengan sistem akar dan rimpang ramping serta panjang tangkai daun itu rata-rata sekitar 1 cm. Umumnya daun ini sangat sering digunakan sebagai umpan dalam memancing ikan, tapi sebenarnya banyak manfaat lain yang bisa diambil, diantaranya :

1. Bahan Masakan Khas Daerah Banten

Di banten ada makanan yang menggunakan bahan daun walang sangit, yaitu bernama Angeun Lada. Sebuah makanan dengan bumbu yang aromanya khas dan kuat, kalian yang sedang berjalan-jalan kesana mungkin bisa mencoba makanan yang satu ini.

2. Menghilangkan Bau Badan

Kalian yang sering bau badan terutama ketika sedang berkeringat itu pasti sangat menganggu sekali, apalagi kalau sampai keciuman oleh orang-orang yang ada disekitarmu. Dengan menggunakan daun walang sangit, bau badan itu bisa teratasi. Hal ini disebabkan kandungan Aldehida yang dapat menghilangkan bau badan pada tanaman ini sangatlah tinggi. Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu merebus daun walang sangit tersebut dengan 6 gelas air kemudian biar mendidih hingga menyusut menjadi 3 gelas air, dan minumlah airnya 3 kali setiap hari.

Selain menggunakan daun walang sangit, kamu dapat memanfaatkan manfaat daun belutas untuk bau badan, karena daun belutas ini ternyata efektif pula untuk mengatasi permasalahan bau badan. tentu bau badan yang terus menurus menempel pada tubuh kamu akan mmbuat kamu tidak percaya diri. Ketidak percayaan diri ini membuat kamu menjadi sulit untuk melakukan aktifitas.

3. Nafsu Makan Bertambah

Menurut riset ilmiah dari journal Clinical Of Food & Nutrition pada tahun 2001 menyebutkan, Asam Momordicine dan Asam Trichosanat yang ada pada daun walang sangit itu sangat efektif dalam menangani masalah turunnya nafsu makan pada seseorang. Manfaatkan pula manfaat buah naga untuk nafsu makan.

Bagi kalian yang memiliki badan yang kurus dan ingin agak gemukan, maka dengan mengkonsumsi daun walang sangit bisa menambah nafsu makan. 


4. Bagus Untuk Gigi Dan Tulang

Kalsium, Fosfor, dan Magnesium yang terkandung dalam daun ini sangatlah baik dalam penutrisian gigi serta tulang pada tubuh, terutama Fosfor yang memang dapat mencegah pengeroposan pada tulang.

5. Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi pada daun walang sangit, tentunya berguna untuk menjaga dan menyehatkan mata kita. Terlebih lagi untuk kalian yang sering menggunakan komputer dan smartphone pada jarak yang sangat dekat, disarankan untuk sering mengkonsumsi tanaman ini, agar mata bisa lebih sehat.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah

Keram-keram pada badan biasanya terjadi akibat lambatnya sirkulasi darah pada tubuh, sehingga meyebabkan darah menjadi beku dan terasa keram dibagian tubuh tersebut.

Daun walang sangit mengandung zat besi dan fosfor yang bisa melancar sistem sirkulasi darah menjadi lebih baik, sehingga organ-organ tubuh bisa bekerja secara optimal.

Itulah tadi manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun walang sangit, jadi bukan hanya sekedar menjadi umpan ikan lagi melainkan daun ini juga bisa digunakan untuk keperluan banyak hal lainnya. Memanfaatkan apa yang ada di alam memang lebih efektif dari pada menggunakan obat-obatan kimia secara terus menerus, karena jika menggunakan obat-obatan terus menerus akan membuat kamu kecanduhan dengan obat-obatan tersersebut.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal