Sponsors Link

10 Manfaat Daun Johar Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Apakah anda pernah mendengar nama tanaman ini? Tanaman johar mungkin memang sedikit terdengar asing. Kalaupun sudah pernah mendengarnya, mungkin itu adalah nama dari seseorang atau juga sebagai nama jalan. Namun demikian, tanaman johar sebenarnya memang ada secara real dan ternyata memiliki banyak manfaat loh.

ads

manfaat daun joharJohar memilki nama latin sebagai Cassia siamea. Tanaman johar ini tumbuh seperti pohin kayu berkambuim pada umumnya dan juga memilki buah dan tumbuh melalui biji. Beberapa kota ataupun lokasi meamnfaatkan tanaman johar sebagai salah satu pohon peneduh, karena daunnya yang cukup rindang. Tanaman johar ini sendiri memilIki batang kayu yang keras dan cukup kuat dengan tinggi pohon kira-kira dapat mencapai tinggi hingga 2 meter 30 cm.

Sama seperti beberapa jenis tanaman pohon lainnya, bagian – bagian dari tanaman johar juga dapat dimanfaatkan. Semua bagian tanaman johar, mulai dari daun, batang, hingga akarnya pun sering dimanfaatkan untuk keperluan manusia sehari hari.

Pemanfaatan dari daun johar

Salah satu bagian dari tanaman johar, yaitu daunya sudah sejak lama diketahui dapat bermanfaat sebagai salah satu jenis daun – daunan yang memilki khasiat untuk menyembuhkan dan juga baik untuk kesehatan. Daun johar sering dimanfaatkan sebagai tanaman herbal dan dapat berguna mengobati berbagai macam penyakit. Apa saja manfaat dari daun johar? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari daun johar :

1. Obat malaria

Manfaat daun johar yang paling populer adalah sebagai salah satu tanaman herbal yang dapat mengobati malaria. Malaria merupakan salah sat jenis penyakit yang disebabkan oleh kuman dan virus yang disebarkan oleh nyamuk bernama nyamuk anopheles.

Untuk memperoleh khasiat dari daun johar dalam mengobati malaria, anda dapat mencoba resep berikut ini :

  • Siapkan daun johar kira-kira 1 – 2 genggam
  • Cuci bersih daun johar tersebut
  • Rebus daun johar hingga mendidih, bersama dengan kira-kira 200 – 25- ml air
  • Minum air hasil rebusan dari daun johar tersebut secara rutin 2 kali dalam sehari

2. Baik untuk penderita diabetes

Daun johar ternyata juga memilki manfaat yang sangat baik untuk penderita diabetes. Daun johar mampu untuk mengontrol kadar insulin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah gejala dari penyakit diabetes yang dialami oleh penderitanya.

3. Menyembuhkan kencing manis

Kencing manis mesupakan salah satu gejala yang muncul karena penyakit diabetes. Dengan memanfaatkan daun johar, maka anda akan terhindar dari gejala kencng manis ini. Bagaimana mengolah daun johar untuk mengobati kencing manis? Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mengobati kencing manis dengan menggunakan daun johar :

  • Ambilah segenggam daun johar, lalu kemudian cuci bersih
  • Rebus daun johar hingga mendidih dengan satu gelas air
  • Tunggu hingga airnya berkurang sedikit, setelah itu saring
  • Minum air hasil rebusan tersebut 2 kali dalam sehari

4. Mencegah kerusakan hati

ads

Dengan menggunakan cara yang sama seperti ketika anda mengolah daun johar untuk obat malaria dan juga kencing manis. Anda dapat memperoleh manfaat baik lainnya dari daun johar, yaitu untuk mencegah kerusakan hati. Senyawa kimia yang terkandung dalam daun johar mampu mencegah kerusakan jaringan hati akibat racun di dalam tubuh.

5. Flavonoid dalam daun johar

Manfaat lainnya dari daun johar, selain untuk kesehatan hati dan mengobati berbagai macam penyakit tak lepas dari kandungan flavonoid yang terkandung di dalam daun johar ini. Kandungan flavonoid ini ternyata juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

5. Menangkal radikal bebas

Flavonoid yang terkandung di dalam manfaat daun johar merupakan salah satu zat antioksidan alami yang sangat baik bagi tubuh kita. Zat antioksidan ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah dapat menangkal radikal bebas masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas dapat menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan, seperti gangguan pernapasan, hingga dapat menyebabkan kanker.

6. Mencegah berbagai macam penyakit kronis

Merupakan efek lanjutan dari kandungan flavonoid yang terkandung pada daun johar. Flavonoid memilki manfaat yang sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit kronis yang menyerang tubuh. Penyakit kronis ini dapat dicegah karena kandungan antioksidan pada flavonoid. Berikut ini beberapa jenis penyakit kronis yang dapat dicegah oleh flavonoid yang terkandung dalam daun johar :

  • Kanker
  • TBC
  • Tumor
  • Diabetes
  • Stroke

7. Anti virus dan juga anti inflamasi

Manfaat lainnya dari flavonoid yang terkandung dalam daun johar adalah sebagai salah satu zat alami yang bersifat anti virus dan anti inflamasi. Ini artinya daun johar dapat anda manfaatkan untuk membunuh kuman serta virus yang menyerang tubuh anda. Selain itu, hal tersebut dapat menyembuhkan peradangan yang menyerang anda.

8. Menekan penggumpalan trombosit

Flavonoid pada daun johar juga memilki manfaat yang sangat baik untuk menekan terjadinya penggumpalan pada trombosit. Hal ini nantinya akan berpengaruh pada proses pembekuan darah, yang dapat langsung berpengaruh pada proses penyembuhan luka pada tubuh anda. Selain itu, hal ini juga dapat membantu mencegah kurangnya jumlah trombosit di dalam tubuh anda.

9. Menjaga daya tahan tubuh

Flavonoid juga memilki manfaat yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anda. Dengan meningkatnya kekebalan dan juga daya tahan tubuh, maka akan lebih sulit untuk terserang berbagai macam penyakit. Hal ini dapat menyebabkan akan selalu merasa sehat dan juga bugar setiap saat.

10. Mencegah penyempitan pembuluh darah arteri

Manfaat lainnya dan juga penting dari kandungan flavonoid yang ada pada daun johar adalah mampu untuk mencegah terjadinya penyemitan pembuluh darah di dalam tubuh. Penyempitan pembuluh darah di dalam tubuh dapat berakibat sangat buruk, antara lain :

  • serangan jantung
  • stroke
  • berkurangnya suplai oksigen ke otak

itu artinya, dengan mengkonsumsi olahan dari rebusan daun johar, anda akan memperoleh banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh anda. itulah manfaat daun johar yang baik untuk kesehatan anda secara keseluruhan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua. Keep on healthy life.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Friday 19th, June 2015 / 03:46 Oleh :
Kategori : Tumbuhan