Sponsors Link

Manfaat Buah Sawo dan Kandungan Nutrisinya

Sponsors Link

sawoManfaat buah sawo sudah tidak diragukan lagi perannya bagi kesehatan, namun masih banyak masyarakat yang belum mengetahuinya. Memiliki nama latin Manilkara zapota itulah buah sawo. Buah berwarna coklat baik kulit maupun daging buahnya dengan rasa manis sempurna. Indonesia sebagai negara dengan iklim tropis sangat mudah membudidayakan buah sawo.

ads

Di berbagai kota dapat dengan mudah menjumpai buah sawo ketika musimnya. Banyak orang pecinta buah yang akan memburu buah dengan segala manfaat tersebut ketika musimnya tiba. Sawo menjadi salah satu buah yang memiliki rasa manis. Dapat dikonsumsi secara langsung maupun dijadikan jus buah sawo yang akan sama-sama memberikan kenikmatan saat dikonsumsi. Mengkonsumsi buah sawo ternyata dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Terutama manfaat kesehatan karena terlihat dari berbagai kandungan nutrisi yang ada dalam buah sawo.

Kandungan Nutrisi Buah Sawo

  1. Buah yang lengkap memiliki kandungan nutrisi makro meliputi karbohidrat, protein, dan lemak.
  2. Buah yang memiliki kandungan vitamin larut air B1, B3, B5, B9, dan vitamin C serta vitamin larut minyak/lemak vitamin A dan E.
  3. Buah yang kaya akan mineral meliputi fosfor, zat besi, dan kalsium.
  4. Buah yang memiliki kandungan energy tinggi mencapai sekitar sembilan puluh gram per seratus gram buah sawo.

Buah Dengan Antioksidan Tinggi

Melihat kandungan nutrisi buah sawo yang beragam maka tidak heran jika masih ada kandungan nutrisi pendukung yaitu, antioksidan. Mengkonsumsi buah sawo maka Anda juga akan secara langsung mengkonsumsi polifenol dan tannin. Bagi Anda yang tidak ingin mudah terserang penyakit akibat virus, bakteri, maupun kuman penyakit lain maka konsumsilah buah sawo. Keberadaan antioksidan yang dimiliki oleh buah sawo memiliki kemampuan dalam hal antivirus, anti inflamasi, antibakteri, sehingga kekebalan tubuh selalu terjaga. Manfaat sawo yang satu ini sangat besar potensinya untuk kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Buah Sawo Dalam Kecantikan

Manfaat buah sawo untuk kecantikan sudah terbukti digunakan oleh berbagai tenaga medis. Berbicara mengenai kecantikan maka buah sawo cocok digunakan oleh para wanita yang ingin senantiasa tampil cantik. Buah sawo pun tidak terlepas disebut sebagai salah satu buah kecantikan.

  1. Menyehatkan Indra Penglihatan

Indra penglihatan atau mata akan selalu tampak sehat dan bercahaya dengan Anda mengkonsumsi buah sawo. Wanita mana yang tidak ingin memancarkan pesona cantik melalui mata. Buah sawo mampu menjaga kecantikan mata karena memiliki kandungan vitamin A.

  1. Menjaga Kehalusan Dan Kecerahan Kulit

Kulit wajah dan kulit tubuh akan tampak halus dan cerah dengan mengkonsumsi buah sawo. Peran penting dilakukan oleh vitamin E. Kulit akan memperoleh nutrisi yang cukup. Sehingga kesehatan kulit akan terjaga begitu juga dalam hal kelembapan kulit agar tidak menjadi kulit kering.

Manfaat Buah Sawo Bagi Anak-anak Dan Ibu Hamil

Ajaklah sang buah hati untuk mengkonsumsi buah manis bernama buah sawo. Begitu juga bagi para ibu hamil agar calon buah hati dapat tumbuh dan berkembang sempurna. Mengapa, berikut manfaat buah sawo bagi mereka.

  1. Memberikan Kesehatan Bagi Anak-anak

Anak-anak yang sudah dibekali dengan kandungan nutrisi dari buah sawo maka akan memperoleh manfaat kesehatan yang jarang ditemukan di sumber pangan lain. Tidak dapat dipungkiri bahwa mengkonsumsi buah sawo akan memperoleh kesehatan dari sumber nutrisi kalsium berupa, tulang kuat dan gigi yang sehat. Seperti yang sudah dijelaskan dalam kandungan nutrisi bahwa sumber nutrisi kalsium dan fosfor ada di dalam buah sawo. Maka kedua sumber mineral itulah yang akan membuat tulang dan gigi anak-anak menjadi selalu terjaga kesehatannya. Selain itu, memberikan buah sawo bagi anak-anak balita akan membantu proses pertumbuhan serta perkembangan otak. Rasa manis alami dari fruktosa serta manis alami dari sukrosa yang aman untuk dikonsumsi ternyata mampu memiliki peran penting dalam memberikan manfaat kesehatan bagi anak-anak. Tentu saja akrena rasa manis yang diberikan adalah manis alami dari buah sawo itu sendiri tanpa adanya pemanis buatan.

  1. Memberikan Kesehatan Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil tentu harus sering mengkonsumsi buah-buahan. Namun tidak semua jenis buah akan baik dikonsumsi saat hamil. Salah satu buah yang akan memberikan manfaat kesehatan kehamilan adalah sawo. Buah sawo dengan kandungan luar biasa dari vitamin larut air khususnya vitamin C akan memberikan kekebalan tubuh ibu hamil lebih terjaga. Ibu hamil tidak akan mudah letih karena asupan vitamin dalam tubuh terpenuhi.

Manfaat Buah Sawo Dalam Mengatasi Masalah Pencernaan

Siapa yang susah untuk buang air besar maka konsumsilah buah sawo. Di dalam buah sawo juga mengandung sumber serat pangan yang akan melancarkan pencernaan. Sistem pencernaan yang lancar manandakan bahwa tidak ada gangguan. Dengan begitu maka pencernaaan Anda akan senantiasa sehat. Bahkan manfaat luar biasa dari buah sawo terhadap pencernaan adalah meminimalisir risiko terjangkitnya penyakit mematikan dari masalah pencernaan yaitu, kanker usus. Anda ingin sehat dan terhindar dari kanker usus maka sehatkan pencernaan Anda dengan mengkonsumsi buah coklat bernama sawo.

Manfaat Buah Sawo Dalam Darah

ads

Vitamin larut air B9 juga dikenal sebagai asam folat dan itu terdapat di dalam buah sawo. Anda yang sering mengalami kurang darah seperti anemia maka konsumsi buah sawo. Buah sawo dengan asam folat maka perannya adalah akan menyebabkan pembentukan sel eritrosit di dalam tubuh Anda. Di samping asam folat juga zat besi yang cukup terdapat dalam buah sawo. Sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang mudah mengalami kekurangan darah.

Tips Mengkonsumsi Buah Sawo

Buah sawo adalah buah yang cepat busuk sehingga Anda harus tahu benar cara mengkonsumsinya dalam keadaan segar.

  1. Ketika Anda membeli buah sawo maka pilihlah buah sawo yang masih segar dan tidak terlalu lunak. Pastikan keempukan daging buahnya tidak akan menyebabkan kulit buah sawo menjadi berlubang.
  2. Ketika Anda hendak mengkonsumsinya maka kupas kulit buah sawo dan segera dikonsumsi.
  3. Jangan biarkan daging buah sawo yang sudah terkupas untuk dikonsumsi beberapa jam kemudian. Selain akan cepat membusuk karena keberadaa polifenol yang tinggi juga karena kandungan nutrisi di dalam buah sawo akan beberapa berkurang.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa buah sawo memang memiliki segala manfaat. Mulai dari kandungan nutrisi buah sawo yang tinggi. Kemudian kandungan antioksidan yang tinggi akan mampu menangkal radikal bebas serta menangkal masalah lain yang dapat mengganggu kesehatan tubuh. Bahkan buah sawo juga memiliki manfaat dari sisi kecantikan yang tentunya akan membuat para wanita semakin giat mengkonsumsi buah sawo.

Buah sawo pun menjadi buah yang memiliki manfaat dari orang berusia dini hingga dewasa. Terbukti bahwa buah sawo bermanfaat bagi anak-anak dan ibu hamil. Selain itu, dari sisi kesehatan pencernaan dan menjaga jumlah sel eritrosit dimiliki oleh buah sawo. Jadi, jangan abaikan musim sawo yang datang menyapa. Selagi buah sawo mudah diperoleh, juga tentunya dapat dibeli dengan harga murah. Maka keuntungan pun akan berlipat ganda Anda peroleh. Membeli buah sawo murah yang akan memberikan segala manfaat ketika dikonsumsi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 13th, November 2014 / 04:39 Oleh :
Kategori : Buah Buahan