4 Manfaat Buah Naga Untuk Tekanan Darah Tinggi

Buah naga merupakan jenis buah yang sedang populer belakangan ini. Meskipun dikeluarkan dari tanaman sejenis kaktus, namun buah naga memiliki rasa yang manis dan segar. Seperti yang diketahui, buah naga memiliki dua jenis buah, yakni buah naga yang berwarna ungu dan juga buah naga yang berwarna putih. Keduanya memang memiliki warna yang berbeda, namun kandungan gizi dalam kedua jenis buah naga ini sebenarnya hampir tidak memiliki perbedaan.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Buah Naga

Tidak hanya memiliki rasa yang manis dan segar, buah naga memiliki kandungan gizi yang sangat beragam dan baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa kandungan dalam buah naga diantaranya vitamin B, vitamin C, karbohidrat, serat, kalori, lemak tak jenuh, kalsium, protein, fosfor serta memiliki kadar air yang tinggi. Beberapa kandungan gizi dalam buah naga tersebut dipercaya mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat kulit buah naga

Buah Naga Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Penderita tekanan darah tinggi akan berhatihati dalam memilih makanan. Karena dengan pola makan yang salah, tekanan darah dapat tibatiba meningkat dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Penderita darah tinggi disarankan untuk mengkonsumsi beberapa jenis sayur dan buah untuk membantu menstabilkan tekanan darah tinggu. Buah naga termasuk salah satu jenis buah yang disarankan untuk dikonsumsi penderita tekanan darah tinggi. Beberapa alasan bahwa buah naga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, diantara:

  1. Menurunkan Kadar Koleterol

Kandungan lemak tak jenuh dalam buah naga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kadar kolesterol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penyempitan dan penyumbatan aliran darah dan dapat menjadikan tekanan darah menjadi tinggi. Lemak tak jenuh dalam buah naga inilah yang mempu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh sehingga aliran darah dapat menjadi lancar dan terhindar dari tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk tifusmanfaat buah naga bagi penderita diabetes

  1. Membantu Melenturkan Arteri

Beberapa kandungan dalam buah naga seperti vitamin C, flavonoid dan juga magnesium dalam buah naga mampu membantu melenturkan arteri. Apabila pembuluh arteri lentur dan tidak kaku, darah dapat mengalir dengan lancar.

artikel terkait: manfaat buah naga bagi penderita darah tinggimanfaat buah naga bagi penderita maag


  1. Melawan Radikal Bebas

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi yakni karena adanya radikal bebas yang menyerang tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan beberapa jenis gangguan seperti meningkatkan tekanan darah terlampu tinggi. Antioksidan dalam buah naga mampu melawan radikal bebas sehingga dapat mencegah terjadinya tekanan darah tinggi.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk asam lambungmanfaat buah naga bagi asam lambung

  1. Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Tubuh mudah kemasukan racun yang berasal dari udara lingkungan sekitar dan juga mengkonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat menyebabkan masuknya racun dalam tubuh. Padahal, zat berbahaya seperti racun yang masuk ke dalam tubuh dapat menyebabkan aliran darah terhambat. Untuk mengatasinya, mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat membantu menetralkan racun dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh, sehingga dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Dari beberapa alasan tersebut, buah naga banyak dikonsumsi tidak hanya memenuhi kebutuhan konsumsi buah saja, tetapi juga untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk dikonsumsi secara rutin, buah naga biasanya dikonsumsi dengan beberapa cara, yakni:

  1. Dikonsumsi secara langsung, dengan memotong buah dan mengkonsumsinya tanpa tambahan apapun.
  2. Membuat buah naga sebagai jus, dengan menambahkan sedikit gula dan susu dan juga sedikit es.
  3. Menambahkan buah naga dengan madu, sehingga rasanya akan lebih manis.

artikel terkait: manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterolmanfaat buah naga kuning

Menurunkan tekanan darah tinggi tidak melulu dengan menggunakan obat-obatan medis. Namun juga dapat dilakukan dengan menjaga pola makanan dan mengkonsumsi buah seperti buah naga, yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi buah naga secara rutin, dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan efektif.

, ,
Post Date: Saturday 20th, May 2017 / 02:44 Oleh :
Kategori : Buah Buahan