Sponsors Link

7 Manfaat Biji Asam Kawak Pada Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Apakah Anda pernah membuang biji asam kawak atau asam jawa? Nah, mulai sekarang silahkan dipertimbangkan untuk tidak membuang biji asam kawak begitu saja. Meskipun sering dianggap tidak berguna, ternyata biji asam kawak memiliki beberapa manfaat yang berguna yaitu antara lain sebagai berikut :

ads

1. Membantu menyembuhkan luka atau borok

Apabila Anda mengalami luka atau borok yang berkepanjangan, barangkali Anda dapat memanfaatkan biji asam kawak untuk mengatasi hal tersebut. Ya, biji asam kawak dipercaya mampu membantu menyembuhkan luka atau borok yang berkepanjangan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu untuk menghaluskan beberapa biji asam kawak kemudian menambahkan air secukupnya hingga menjadi pasta. Setelah itu, bubuhkan pasta biji asam kawak ini di atas luka dan balut atau perban dengan kain halus.

artikel terkait: manfaat biji asam jawa

2. Membantu mengatasi radang atau bengkak

Manfaat kedua dari biji asam kawak adalah membantu mengatasi radang maupun bengkak yang dapat disebabkan oleh sengatan serangga seperti lian, kalajengking maupun lebah. Caranya mudah. Anda hanya perlu menghaluskan biji asam jawa yang telah kering hingga menjadi serbuk setelah itu taburkan pada luka yang terkena gigitan serangga tersebut. Namun perlu diingat bahwa sebelum menaburkan bubuk biji asam jawa, Anda perlu membersihkan luka dengan minyak kayu putih terlebih dahulu.

artikel terkait: manfaat daun kelor untuk asam urat

3. Membantu mengatasi gigitan ular berbisa

Konon biji asam kawak juga dapat berguna untuk membantu mengatasi gigitan ular berbisa, meskipun belum diketahui dengan jelas kebenarannya maupun jenis bisa dan ularnya. Caranya sangat mudah, yaitu Anda hanya perlu membelah biji asam kawak yang masih basah kemudian menempelkannya pada bekas luka gigitan.

artikel terkait: manfaat kulit kayu asam jawa

4. Membantu mengatasi dan mencegah rambut rontok

Biji asam kawak juga dapat berguna untuk membantu mengatasi dan mencegah rambut rontok yang dialami banyak orang. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda hanya perlu menumbuk biji asam kawak yang masih segar kemudian taburkan pada kulit kepala sambil dipijat-pijat.

artikel terkait: manfaat asam jawa untuk diet

5. Membantu memutihkan gigi

Siapa yang tidak ingin gigi putih? Agar gigi terjaga keputihannya, Anda dapat pula memanfatkan biji asam kawak untuk membantu memutihkan gigi Anda. Untuk mendapatkan manfaa tersebut langkah yang perlu Anda tempuh yaitu memasak biji asam kawak tersebut (sangrai) kemudian menghaluskannya dengan cara menumbuk atau memblendernya. Setelah itu, oleskan bubuk biji asam kawak pada gigi Anda menggunakan sikat gigi maupun kapas.

artikel terkait: manfaat asam jawa saat haid

6. Sebagai koagulan yang dapat menjernihkan limbah cair

Biji asam kawak dapat berguna sebagai koagulan alami yang dapat berguna untuk menjernihkan limbah cair. Hal ini dikarenakan kandungan pada biji asam kawak yang dapat mengikat kotoran atau cemaran yang berada dalam air. Diperlukan ketepatan takaran dan metode yang ideal untuk dapat mendapatkan manfaat ini. Namun jangan khawatir, telah banyak referensi yang membahas mengenai hal ini di internet.

artikel terkait: manfaat asam jawa

Sponsors Link

7. Sebagai kopi alternatif

Bagi Anda pecinta kopi, silahkan Anda coba konsumsi kopi dari biji asam kawak. Untuk membuat kopi dari biji asam kawak ini, caranya hampir sama dengan pembuatan kopi pada umumnya. Anda perlu menyangrai biji asam kawak ini dengan api besar hingga kulitnya terkelupas. Kupas kulit yang mengelupas tesebut dan rendam biji asam kawak dalam air selama kurang lebih 3 jam. Sangrai kembali selama 5 menit, diamkan hingga benar-benar dingin, giling dan saring bubuk biji asam kawak tersebut. Nah bubuk biji asam kawak siap Anda gunakan sebagai minuman.

artikel terkait: manfaat gula jawamanfaat teh asam

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat biji asam kawak. Setelah membaca informasi ini, semoga kita dapat lebih meningkatkan nilai guna biji asam kawak ini ya. Terimakasih telah membaca.

artikel terkait:

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 24th, January 2017 / 02:50 Oleh :
Kategori : Herbal