Sponsors Link

5 Manfaat Beras Jagung Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Beras jagung atau mungkin anda juga mengenalnya dengan nasi empong merupakan pangan yang terbuat dari jagung sebagai makanan pengganti beras. Pada zaman dahulu ketika nasi atau beras belum banyak ditanam oleh masyarakat, beras jagung adalah makanan pokok bagi hampir semua orang di indonesia. Saat ini beras jagung masih tetap menjadi makanan pokok bagi masyarakat di berbagai daerah seperti jawa timur, flores, papua, pulau timor dan sumbawa.

ads

artikel terkait:

Beras jagung memiliki rasa gurih yang khas dan mampu memberikan efek kenyang seperti halnya dengan nasi beras. Namun ketika makan beras jagung akan membuat perut tidak mudah kenyang sehingga biasanya akan makan dalam porsi besar. Beras jagung saat ini sudah relatif lebih susah ditemukan dibandingkan dengan nasi beras namun harganya jauh lebih murah lho dibanding dengan beras.

Kandungan beras jagung

Meskipun keberadaannya saat ini sudah semakin termarginalkan namun jangan sepelekan kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam beras jagung ya. Kandungan yang ada di dalam beras jagung bahkan diklaim lebih besar dibandingkan dengan kandungan nutrisi yang ada di dalam nasi beras. Berikut ini adalah kandungan gizi dan nutrisi yang ada di dalam tiap 100 gram beras jagung.

Energi 150 kkal
Karbohidrat 11,4 gram
Lemak 0,6 gram
Serat 0,4 gram
Fosfor 47 mili gram
Vitamin B2 0,04 mg
Protein 6.8 g
Vitamin A 30 RE
Vitamin B1 0.07 mg
Vitamin B3 60 mg
Vitamin C 3 mg
Zat besi 0,3 mg
Kalsium 2 mg

Dari tabel di atas dapat dilihat bahwa kandungan nutrisi dan gizi yang ada di dalam beras jagung cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.

artikel terkait: manfaat jagung mudamanfaat nasi jagungmanfaat bonggol jagung

Manfaat beras jagung

Manfaat beras jagung bagi tubuh ternyata sangat baik mengingat kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah manfaat dari beras jagung yang perlu anda ketahui:

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Kandungan serat di dalam beras jagung cukup untuk memenuhi 18,4 persen kebutuhan serat harian tubuh. Serat sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses mekanisme pencernaan sehingga mampu menghindarkan tubuh dari berbagai gangguan pencernaan seprti wasir dan sembelit. Serat merupakan zat yang tidak dapat diserap oleh tubuh namun serat bekerja supaya makanan dapat dicerna dengan baik dan membuat efek kenyang lebih lama.

artikel terkait: manfaat kulit jagung

  1. Sebagai sumber energi

Bukan hanya nasi yang mampu membuat tubuh anda berenergi namun beras jagung juga bisa melakukannya. Jagung merupakan penghasil kalori yang dibutuhkan tubuh sebagai energi. Jumlah energi yang terdapat di dalam beras jagung cukup besar sesuai dengan tabel di atas.

artikel terkait: manfaat jagung

Sponsors Link

  1. Mencegah resiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan gangguan penyumbatan darah yang terjadi di pembuluh darah yang jika terjadi akan sangat berbahaya dan mampu memicu timbulnya berbagai jenis penyakit seperti stroke, serangan jantung dan tekanan darah tinggi. Beras jagung memiliki kandungan lemak tak jenuh dan memiliki efek aterogenik yang dipercaya mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit yang disebabkan penyumbatan pembuluh darah.

artikel terkait: manfaat kurma untuk anemia

  1. Mengatasi diare

Rajin mengkonsumsi beras jagung dapat mengatasi masalah iritasi bowel syndrom (IBS) dan diare. Lagi-lagi ini dikarenakan kandungan seratnya yang sangat tinggi di dalam beras jagung.

artikel terkait: manfaat gandum untuk diet

  1. Mencegah kanker advertise

Manfaat lainnya yang dapat anda peroleh dari beras jagung ini adalah mampu membantu mencegah timbulnya penyakit kanker usus besar. Hal ini dikarenakan di dalam beras jagung mengandung senyawa fenolik yang sudah terbukti mampu mengurangi timbulnya bibit sel tumor dan kanker.

artikel terkait: manfaat tepung sagu

Itulah ulasan mengenai manfaat dari beras jagung, semoga bermanfaat bagi anda semua para pembaca dan jangan lupa untuk melakukan gaya hidup sehat ya supaya tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam jenis penyakit.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 30th, October 2016 / 05:56 Oleh :
Kategori : Makanan