Sponsors Link

20 Manfaat Batu Alam bagi Kehidupan Sehari – Hari & Industri

Sponsors Link

Sepanjang sejarah, batu alam telah menjadi salah satu bahan konstruksi bangunan utama di seluruh dunia. Ia menawarkan keanggunan dan daya tahan abadi pada setiap bangunan. Hal ini menjadikan penggunaannya sebagai salah satu trend yang terus melonjak naik.

ads

Sebagai salah satu bahan utama konstruksi bangunan, batu alam hal tinggi karena mencerminkan karakter, stabilitas, serta kemewahan yang unik. Variasi warna, pola, dan tekstur batu alam sangat alami, dan karena berasal dari bumi, serta komposisi bahan yang ramah lingkungan, membuat batu alam lebih menarik secara visual.

Keunggulan penggunaan batu alam jika dibandingkan dengan yang lainnya :

batu alam

  1. Batu alam memiliki berbagai variasi warna, pola, serta teksturnya.
  2. Batu alam memiliki daya tahan yang lama
  3. Batu alam juga ramah lingkungan. Batu alam tidak beracun, tidak ada kandungan bahan kimia yang tercampur saat proses penggalian atau fabrikasi. Sifat-sifat dalam batu ini masih murni, dan ia tidak mengandung zat yang berbahaya bagi bumi dan kesehatan.
  4. Batu alam merupakan kekayaan alam yang unik. Tidak ada yang bisa menirunya, karena batu alam digali lansung dari bumi dan bukan hasil buatan manusia. Banyak hal mempengaruhi warna utama dan batu alam, seperti mata air bawah tanah, kandungan mineral, pergeseran bumi, suhu, solusi alami di bumi, dan tekanan elemen dari waktu ke waktu. Tidak ada cara untuk menduplikasikan faktor-faktor alami tersebut di laboratorium manapun.
  5. Batu alam dapat diperoleh dengan harga yang terjangkau. Selain itu, batu alam hanya memerlukan perawatan yang sederhana dan ia bisa tahan lama, menjadikannya sebagai investasi seumur hidup.
  6. Karena memiliki daya tahan yang lama, menjadikan faktor perawatanpun semakin mudah.

Jenis-jenis batu alam

Batu alam dapat dibagi menjadi beberapa jenis, penampilan dan karakteristiknya ditentukan oleh cara atau dimana bebatuan itu dibentuk, misalnya oleh sungai, gunung berapi, pegunungan tektonik, maupun yang lainnya.

Setiap jenis batu alam memiliki keunikan sendiri-sendiri, tidak ada yang bisa meniru komposisi maupun kekuatan di dalamnya. Ini berarti bahwa batu alam dari jenis yang samapun juga bisa berbeda-beda.

Dilihat dari tujuan komersialnya, batu alam dapat dibagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :

  1. Batu granit, merupakan batuan magmatik yang terjadi karena adanya pendinginan magma yang jauh di kerak bumi. Beberapa  diantaranya juga berasal dari metamorf yang diciptakan oleh transformasi batu magmatik yang ada di bawah tekanan tinggi, misalnya selama terjadi pengembangan pegunungan.
  2. Batu marmer, merupakan batuan yang terjadi dari metamorf dan batuan sedimen yang terdiri dari partikel calciferous (kalsit). Marmer adalah batu alam yang relatif homogen, karena relatif mudah dikerjakan, dan terdiri dari berbagai macam warna yang berbeda, seperti merah, putih, merah muda, dan lain sebagainya. Hal ini bisa diaplikasikan dalam industri bangunan seperti lantai, tangga, perapian, dan lain sebagainya.
  3. Batu kapur, merupakan batuan sedimen yang terjadi karena adanya akumulasi dan kompresi fosil atau fragmen batu, seperti kuarsa dan kalsium. Batu kapur memiliki tekstur yang lembut dan mudah digunakan. Ia dapat diaplikasikan baik untuk indoor maupun outdoor. Jenis ini dapat digunakan untuk lantai, perapian, patung, dan masih banyak lagi.
  4. Basal, merupakan batuan magmatik yang terjadi dari proses pendinginan magma cair di permukaan bumi. Karena pendinginan terjadi sangat cepat, mineral dalam batu mengalami proses kristalisasi. Hal inilah yang menyebabkan batuan ini memiliki tekstur yang halus, tidak berpori, keras, dan tahan lama. Biasanya batuan ini diaplikasikan baik di indoor maupun outdoor, seperti untuk pembuatan lantai, dinding, dan lain sebagainya.
  5. Batu tulis, merupakan jenis batu alam yang terbentuk oleh berbagai jenis tanah liat. Batuan ini memiliki struktur yang berlapis. Hal ini cocok untuk lantai indoor maupun outdoor, juga sebagai pelapis dinding.

Di samping klasifikasi tersebut di atas, batu alam juga dapat dibedakan menurut klasifikasi ilmiah lainnya, yaitu :

  1. Magmatik rock, yaitu batu alam yang terjadi dari pendinginan magma cair.
  2. Batu sedimen, yaitu batu alam yang terjadi dari kompresi fragmen longgar batu yang ada atau dengan pengendapan partikel kapur dalam air.
  3. Batuan metamorf, yaitu jenis batu alam yang terjadi karena transformasi magmatik atau batuan sedimen yang mengalami tekanan di bawah suhu tinggi.

Manfaat Batu Alam Dalam bidang konstruksi bangunan

  1. 1. Untuk aplikasi eksterior bangunan. Karena memiliki sifat yang alami, batu alam sangat ideal untuk aplikasi eksterior. Ia tidak memerlukan perawatan khusus, sehingga menjadikannya investasi seumur hidup. Beberapa penggunaan eksterior dari batu alam termasuk bangunan façade, dinding, tangga, jalan setapak, monumen, patung, tugu peringatan, taman, bangku taman, dan masih banyak aplikasi lainnya.
  2. Untuk aplikasi interior bangunan. Batu alam memberikan kesan bangunan yang lebih menonjol dan indah. Banyak yang beranggapan bahwa batu alam memiliki kualitas dan nilai yang tinggi. Beberapa penggunaan interior bangunan seperti lobi gedung kantor, kamar mandi, lantai, dinding, meja, dan masih banyak lagi.
  3. Paving. Penggunaan batu alam juga dapat diaplikasikan untuk pembangunan trotoar jalan atau paving.

Dalam bidang kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat batu alam yang telah diteliti oleh sejumlah pakar dan ahli di bidang kesehatan, geologi, hingga terapis:

  1. Dapat membuang racun dalam tubuh. Para peneliti telah menyatakan bahwa beberapa jenis batu alam seperti ruby, quartz, onix, dan giok memiliki kemampuan untuk mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh.
  2. Meningkatkan energi. Beberapa jenis batu alam dipercaya mampu memberikan efek peningkatan energi dalam tubuh, sehingga dapat membantu tubuh agar tidak merasa cepat letih serta meningkatkan semangat.
  3. Mengatasi gangguan tidur. Jenis batu alam seperti tourmaline dipercaya mapu mengatasi gangguan insomnia atau susah tidur
  4. Meningkatkan konsentrasi. Beberapa peneliti dibidang geoscience menyatakan bahwa salah satu jenis batu alam yang bernama saphire dapat memberikan efek peningkatan peredaran darah ke otak, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat bagi pemakainya.
  5. Mengatasi masalah impotensi. Quartz merupakan salah satu jenis batu alam yang dipercaya mampu mempengaruhi tingkat reproduksi pada wanita, meningkatkan kualitas hubungan suami istri, dan mampu mengatsi masalah impotensi.
  6. Mengatasi depresi. Batu safir juga dipercaya mampu mengatsi masalah depresi, memberikan efek tenang, serta menghilangkan kecemasan.

Dalam bidang kecantikan

ads

Beberapa manfaat batu alam untuk perawatan kecantikan, antara lain :

  1. Membuat kulit lebih putih. Facial dengan menggunakan batu alam seperti berlian dipercaya mampu memutihkan kulit, mengatasi masalah kulit sensitif, mengatasi  kulit kering, komedo, maupun strechmarks.
  2. Melembutkan dan melembabkan kulit. Batuan alam jenis safir dipecaya mampu memberikan kesan lembut dan menjaga kelembaban kulit. Cara penerapannya adalah digunakan sebagai facial.
  3. Mencegah penuaan dini. Facial dengan menggunakan batu alam jenis emerald, yaitu batu alam yang berwarna hijau,batu ruby, maupun batu amber  dipercaya mampu membantu pasokan energi untuk kulit dan sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit. Hal ini bisa berfungsi untuk mencegah penuaan dini, serta membuat kulit lebih elastis.
  4. Mengobati jerawat. Batu alam jenis emerald dan batu onyx juga dipercaya mampu mengurangi kadar minyak di wajah, yang nantinya dapat membantu terhadap pengobatan jerawat.

Manfaat di bidang pertanian

Batuan alam seperti batu gamping atau batu kapur memiliki kandungan senyawa kalsium karbonat yang sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah dan tanaman. Ia dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk. Batu alam ini dapat membantu menetralkan ph dan mengatur tingkat keasaman dalam tanah sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Selain batu kapur, batu marmer pun juga dapat memberikan manfaat untuk bidang pertanian, karena adanya kandungan kalsiumdioksida yang mampu mengurangi tingkat keasaman dalam tanah.

Manfaat di bidang peternakan

Batuan kapur juga merupakan sumber kalsium yang baik untuk hewan ternak. Untuk itu ia sering digunakan sebagai campuran makanan pada hewan tersebut. Jenis batu alam lain yang bisa dimanfaatkan sebagai campuran bahan pangan ternak adalah batu marmer. Kandungan kalsium dalam batu ini dipercaya dapat memberikan tambahan kalsium yang diperlukan untuk memproduksi telur pada ayam, serta produksi susu pada ternak sapi.

Dalam bidang industri

Manfaat batu alam juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar industri seperti industri pembuatan semen, karbit, kaca, bahan pemutih, sabun, keramik, dan masih banyak lagi.

Baca juga :

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Saturday 02nd, May 2015 / 03:43 Oleh :
Kategori : Alam