Sponsors Link

39 Manfaat Garam Dalam Berbagai Bidang

Sponsors Link

garamDalam ilmu kimia, garam merupakan senyawa ionik yang terbentuk dari reaksi asam dan basa. Garam terdiri dari kation yang merupakan ion positif dan anion yang merupakan ion negatif. Garam dihasilkan dari tambang garam atau dengan penguapan air laut maupun mata air dangkal yang mengandung banyak mineral.

Jenis-jenis garam :

  1. Garam Basa, yaitu garam yang membentuk hidroksida saat terlarut dalam air
  2. Garam asam, yaitu garam yang terhidrolisa dan membentuk hidrolium saat terlarut dalam air
  3. Garam netral, yaitu garam yang bukan dari kedua jenis diatas.

Garam merupakan senyawa penting yang sangat diperlukan dalam berbagai bidang, seperti :

Bidang Kesehatan

Manfaat garam juga cukup banyak untuk bidang kesehatan, tanpa garam tentu kita tidak akan bisa bertahan hidup karena dapat menunjang kesehatan.

  1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh. Garam laut secara alami dapat membantu membangun sistem kekebalan  tubuh yang kuat dalam melawan virus, demam, flu, alergi serta gangguan autoimun lainnya.
  2. Menurunkan berat badan. Garam dapat membantu tubuh untuk menghasilkan cairan pencernaan, sehingga makanan dapat dicerna lebih cepat. Garam juga bisa membantu mencegah penumpukan sisa makanan dalam saluran pencernaan, yang akhirnya dapat menyebabkan sembelit dan berat badan.
  3. Asma. Garam laut ternyata sangat efektif sebagai antihistamin alami dalam membantu mengurangi peradangan dalam sistem pernapasan. Yaitu dengan menghambat produksi dahak, sehingga memudahkan sistem pernafasan. Beberapa orang mengatakan bahwa percikan garam di lidah setelah minum segelas air sama efektifnya dengan menggunakan inhaler.
  4. Kesehatan jantung. Minum air yang mengandung garam dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, serta dapat membantu mengatur detak jantung agar lebih teratur. Sehingga dengan demikian dapat disimpulkan bahwa garam  dapat membantu mencegah penyakit aterosklerosis, serangan jantung dan stroke. Manfaat kulit manggis juga dapat anda gunakan untuk menjaga kesehatan jantung.
  5. Diabetes. Garam dapat membantu mengontrol gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin yang membantu mempertahankan kadar gula yang tepat dalam tubuh. Jadi bagi penderita diabetes maupun yang beresiko penyakit ini dapat memanfaatkan garam sebagai bagian penting dari diet. Manfaat daun mangga juga dipercaya sangat ampuh untuk mengatasi diabetes.
  6. Osteoporosis. Tulang menyimpan ¼ bagian dari kandungan garam yang diserap oleh tubuh. Hal inilah yang membantu menjaga kekuatan tulang. Osteoporosis terjadi pada saat tubuh kekurangan garam sehingga tubuh mengambil natrium dari tulang, banyak air dan mengkonsumsi garam dalam jumlah sedang dapat mencegah osteoporosis. Manfaat madu juga baik untuk osteoporosis.
  7. Otot. Kalium sangat penting untuk membantu otot untuk berfungsi dengan baik. Kandungan kalium dalam Garam dapat membantu tubuh menyerap makanan. Hal ini akan membantu mencegah nyeri otot, kejang dan kram. Sehingga garam sangat penting untuk membantu fungsi otot agar bekerja dengan baik.
  8. Depresi. Garam dapat membantu melestarikan dua hormon penting dalam tubuh yaitu serotonin dan melatonin, sehingga dapat membantu tubuh untuk menangani stres, membantu tubuh untuk merasa lebih baik, rileks dan mendapatkan tidur yang lebih baik di malam hari.
  9. Menetralkan asam lambung. Asam lambung terdiri dari asam klorida dan natrium klorida. Garam dapat membantu mempertahankan pH lambung yang tepat. Sehingga dapat membantu menciptakan proses pencernaaan tubuh yang baik. Asam lambung juga dapat diobati dengan manfaat kunyit putih.
  10. Mengobati gangguan pada mata. Membasuh mata dengan air garam dapat meringankan gejala infeksi pada mata. Misalnya katarak, konjungtivitis (peradangan atau infeksi pada jaringan yang melapisi interior kelopak mata), dan styes (jerawat/ kutil di daerah sekitar mata).  Mengompres mata dengan larutan kombinasi garam dengan secangkir air panas yang telah didinginkan dapat membantu memberikan rasa nyaman pada mata.
  11. Sebagai obat kumur. Larutan garam dapat difungsikan sebagai obat kumur yang efektif, hal ini bisa mengurangi resiko terjadinya radang tenggorokan. Selain itu garam juga bisa mengembalikan kondisi gigi yang kusam menjadi kembali cemerlang. Untuk itulah garam digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk pasta gigi maupun obat kumur.

Bidang Kecantikan

  1. Untuk terapi penyembuhan berbagai jenis gangguan pada kulit. Mandi dengan air garam dapat membantu untuk meringankan kulit kering dan gatal. Selain itu garam juga dapat digunakan sebagai obat pada kondisi serius seperti eksim dan psoriasis. Garam dapat mempercepat membuka pori-pori, meningkatkan sirkulasi dan hydrating jaringan. Selain itu, garam juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, kenyal, mengurangi munculnya garis-garis halus, keriput dan selulit. Selain itu garam juga berfungsi sebagai pelembab untuk kulit pecah-pecah dan kering dan mengurangi kulit berminyak.
  2. Pengobatan jerawat. Garam sering digunakan sebagai bahan dalam pembuatan sabun, masker, toner dan pembersih jerawat. Kandungan sulfur membantu untuk mensintesis oksigen sedangkan kalium menjaga keseimbangan air untuk metabolisme sel, sehingga memungkinkan penyerapan nutrisi untuk menyingkirkan kotoran. Kandungan kalsium dalam garam dapat membersihkan pori-pori, dan membuat sel membran lebih kuat.  Kandungan magnesium dapat menghilangkan kotoran dan racun dari kulit.
  3. Mengurangi pengelupasan kulit. Memijat kulit dan wajah dengan campuran 1 sendok teh garam dan 1 sendok teh minyak zaitun dapat membantu mengurangi terjadinya pengelupasan pada kulit.
  4. Sebagai scub. Garam dapat digunakan untuk menggosok lengan dan kaki untuk mengangkat sel mati dan meningkatkan sirkulasinya. Caranya adalah dengan mengosokkan taburan garam pada kulit lengan dan kaki setelah selesai mandi saat kulit masih basah.
  5. Melembutkan rambut. Mineral penting yang ada pada garam dapat membuat rambut menjadi lebih berkilau. Kandungan mineral dalam garam juga bisa melembabkan, memperbaiki rambut rusak, serta melindungi rambut. Sehingga menjadikan rambut lebih lembut dan sehat
  6. Mengatasi ketombe. Penggunaan garam pada kulit kepala sebelum membasahi rambut dapat  menyingkirkan serpihan ketombe pada kepala. Garam dapat menyerap minyak berlebih di kepala sehingga dapat mencegah rambut berminyak dan ketombe tidak akan menempel pada kulit kepala. Garam memberikan kelembaban pada kulit kepala yang membantu menghambat pertumbuhan jamur penyebab ketombe.
  7. Melebatkan rambut. Garam ternyata bisa membantu menumbuhkan rambut. Caranya adalah dengan mencampur garam dengan kondisioner, lalu gunakan untuk mengolesi akar rambut dan diamkan selama 20 menit lalu bilas. Kandungan dalam garam juga dapat mengurangi produksi minyak dalam rambut.

Bidang Industri

sponsored links

Sekitar 40% hasil olahan garam di dunia digunakan pada proses industri. Garam merupakan bahan baku kimia yang nantinya akan diubah menjadi klorin dan soda abu, serta dasar-dasar kimia anorganik. Garam dijadikan sebagai bahan baku dalam berbagai industri seperti

  1. industri kimia chlor-alkali, seperti minyak untuk industri petrokimia.
  2. Kimia klorin digunakan untuk menghasilkan air bersih,
  3. sabun dan deterjen,
  4. obat,
  5. pipa PVC untuk rumah kita,
  6. ponsel,
  7. kosmetik,
  8. baju pelindung bagi para penyelam SCUBA dan astronot,
  9. kamera digital,
  10. TV panel datar,
  11. mikroskop elektron,
  12. panel surya untuk produksi energi,
  13. Tekstil manufaktur,
  14. kaca,
  15. karet,
  16. kulit,
  17. bahkan pengeboran sumur minyak.

Dalam industri makanan, garam berfungsi sebagai penambah cita rasa, penguat aroma, serta sebagai bagan pengawet pada makanan.

Bidang Keamanan

  1. Di negara-negara yang memiliki 4 musim, garam  digunakan untuk pemeliharaan jalan dengan tujuan untuk menjaga mobil, truk, dan bus sekolah sehingga aman di jalan ketika musim dingin bersalju.

Bidang Perternakan

Garam digunakan untuk menjaga kesehatan dan menunjang kebutuhan hewan-hewan ternak. Hewan memiliki nafsu makan pada sumber makanan yang memiliki kandungan natrium klorida daripada senyawa lain yang ada di alam kecuali air. Selain itu, garam merupakan suplemen penting dari diet bergizi seimbang untuk hewan. Jadi manfaat garam dalam bidang perternakan adalah

  1. Meningkatkan nafsu makan hewan
  2. Menjaga keseimbangan gizi hewan

Bidang Pertanian

Menurut sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa garam (khususnya garam inggris) dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk. Karena kandungan garam dapat menambah unsur hara pada tanaman. Kandungan magnesium yang terdapat pada garam merupakan salah satu unsur penyusun klorofil (zat hijau daun). Jika tanaman kekurangan magnesium, daun akan berwarna kekuningan sehingga mengurangi aktivitas fotosintesis tanaman. Selain itu, magnesium dalam garam juga berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim transfosforilare, dehidrogenase, karboksilase, dan memegang peranan utama dalam proses transformasi fosfat dalam tanaman.

  1. Intinya adalah garam dalam bidang pertanian juga dapat digunakan sebagai pupuk

Demikianlah penjabaran beberapa manfaat dari garam, semoga bermanfaat.

Baca juga : Manfaat asam jawa

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Sunday 22nd, March 2015 / 07:22 Oleh :
Kategori : Hasil Bumi