Sponsors Link
     Sponsors Link

22 Manfaat Kalsium Bagi Tubuh di Segala Usia

Sponsors Link

Kalsium merupakan mineral yang sangat penting bagi tubuh namun banyak dilupakan oleh orang-orang karena hanya mementingkan asupan vitamin lainnya. Oleh karena itu, banyak sekali produk makanan yang menawarkan kandungan kalsium tinggi di dalamnya. Kalsium sendiri umumnya terkandung dalam susu, kentang, rumput laun dan kedelai.

manfaat kalsiumSejumlah manfaat kalsium memang sangat diperlukan bagi tubuh, seperti berikut :

1. Membuat Tinggi – Manfaat utama kalsium adalah membuat ukuran tubuh menjadi tinggi. Biasanya untuk mendapatkan khasiat kalsium demikian kita dianjurkan untuk rajin meminum susu karena manfaat susu untuk kesehatan tubuh salah satunya yaitu membuat pertumbuhan tulang menjadi cepat.

2. Mencegah Tulang Keropos – Asupan kalsium yang cukup dapat mencegah pengoroposan tulang. Hal ini juga dipercaya dapat mencegah tulang anda keropos seperti pada :

3. Membantu Pembekuan Darah – Kalsium membantu membekukan darah di tubuh anda saat salah satu bagian anggota tubuh anda sedang terluka sama halnya dengan manfaat minyak lintah.

4. Membakar Lemak – Studi membutikan kalsium dalam tubuh mempunyai peranan penting dalam pengaturan berat badan karena kalsium sendiri sifatnya dapat menekan nafsu makan. Selain kalsium yang dapat menahan nafsu makan antara lain adalah:

5. Membuat Gigi Kuat – Salah satu fungsi kalsium adalah untuk membantu gigi menjadi lebih kuat sehingga terhindar dari berbagai penyakit gigi yang menyiksa seperti gigi berlubang misalnya. Apabila gigi anda sudah berlubang segera obati dengan bunga kamboja karena manfaat bunga kamboja untuk kesehatan salah satunya yaitu mengobati gigi yang berlubang.

6. Membantu Menjaga Tekanan Darah – Kalsium di tubuh dapat mengontrol tekanan darah dan membantu pergerakan otot dan kerja syaraf sehingga jantung dan pembuluh darah bekerja dengan baik.

7. Melindungi Otot Jantung – Kalsium berfungsi membantu otot jantung untuk melakukan pergerakan dan relaksasi secara benar.

8. Mencegah Kanker Usus – Apabila asupan kalsium dalam tubuh tercukupi anda akan terhindar dari kanker usus karena kalsium, mampu menekan pertumbuhan polip yang menyebabkan kanker.

9. Mencegah Batu Ginjal – Asupan manfaat kalsium yang tinggi dipercayai akan mencegah batu ginjal namun apabila terlalu banyak mengkonsumsi kalsium yang mengandung banyak air justru akan menyebabkan batu ginjal.

10. Membantu Perjalanan Nutrisi – Kalsium adalah salah satu nutrisi penting dalam setiap pola hidup sehat. Sehingga bisa disimpulkan apabila asupan kalsium tidak tercukupi akan mengakibatkan anda menderit banyak penyakit.

11. Mencegah Darah Tinggi – Kalsium yang cukup akan menghindarkan anda dari penyakit darah tinggi karena tubuh yang mengalami kekurangan tinggi akan mengalami penyempitan pembuluh darah dan memicu penyakit darah tinggi.

12. Melindungi dari Berbagai Penyakit – Ion kalsium dalam tubuh akan bereaksi pertama kali ketika ada virus penyakit yang masuk dalam tubuh dan  memerintahkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkannya. Oleh karena itu, seseorang yang kekurangan kalsium bisa dipastikan sistem kekebalan tubuhnya kacau.

13. Mengurangi Risiko Osteoporosis – Kalsium dan manfaat nanas mampu untuk menguatkan jaringan-jaringan tulang pada orang dewasa sehingga tulang tidak mengalami pengapuran.

sponsored links

14. Mengurangi Sindrom Menstruasi – Wanita cenderung akan merasakan sakit saat menjelang menstruasi. Dianjurkan untuk mencukupi asupan kalsium untuk tubuh karena studi sudah membuktikan kalsium dan manfaat buah tin mampu mengurangi sindrom menstruasi sebanyak 48%.

15. Melancarkan Fungsi Otak – Otak akan bekerja secara optimal apabila diberi asupan kalsium karena apabila kekurangan kalsium dapat mengakibatkan gangguang fungsi otak dan sistem syaraf.

16. Mengurangi Kram Selama Hamil – Kalsium yang cukup dalam tubuh ibu hamil akan mengurangi kram karena tercukupinya potasium dan fosfor dalam tubuh.

17. Memproduksi Enzim – Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang nantinya akan mengubah makanan menjadi energi.

18. Membantu Proses Pembuahan – Sperma menuju sel telur menggunakan energi yang dimiliki oleh kalsium. Penelitian membuktikan saat sperma mendekati sel telur pucuk sperma yang mengandung kalsium inilah yang mebuat sperma mampu menembus membran sel telur. Sehingga bisa disimpulkan apabila tubuh kekurangan kalsium proses resproduksinya akan terganggu.

Manfaat Kalsium untuk Segala Usia

Adapun manfaat kalsium bagi tubuh manusia dari proses pembuahan hingga dewasa, berikut ini ulasannya:

  1. Janin – Kalsium akan membantu tumbuhnya janin dalam kandungan karena kalsium memiliki fungsi membentuk tempurung kepala bayi, pembentukkan kaki, tangan, punggung, dan beberapa tulang lainnya.
  2. Anak – Saat anak masih balita diperlukan asupan kalsium yang sangat tinggi karena ini akan menjadi bekal untuk menghindari berbagai penyakit seperti rakhitis, kaki berbentuk O atau X, pertumbuhan tulang yang tidak sempurna, kerusakan gigi, daya ingat yang lemah, dan berbagai penyakit tulang lainnya.
  3. Dewasa – Manusia yang sudah mencapai tahap dewasa butuh asupan kalsium yang cukup karena bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan penyakit nyeri otot tulang, kaki kram, rematik, flu, dan masuk angin.
  4. Orang Tua – Menurunnya kondisi tubuh akan membuat tubuh mudah terkena  diabetes, gangguan jantung, darah tinggi oleh karena itu saat umur sudah cukup tua asupan kalsium harus benar-benar dijaga agar terhindari dari segala serangan penyakit.

Selain sumber kalsium yang perlu diperhatikan kebutuhan kalsium setiap manusia juga perlu dicermati karena asupan kalsium akan semakin meningkat saat umur semakin tua. Berikut ini rincian kebutuhan kalsium, disetiap tingkatan umur :

  • Bayi berumur 0-5 bulan : 400 mg
  • Bayi berumur 6-12 bulan : 600 mg
  • Anak usia 1-10 tahun :  1.300 mg
  • Remaja usia 11-24 tahun : 1.000 mg
  • 25 – 50 ke atas : 1.200 mg

Selain susu yang mengandung manfaat kalsium, banyak jenis makanan lainnya yang dapat anda konsumsi untuk mencukupi asupan kalsium yang diperlukan oleh tubuh. Diantaranya adalah:

  • Rumput laut
  • Kacang-kacangan
  • Kedelai
  • Kacang Okra
  • Brokoli
  • Bayam
  • Ikan Asin
  • Ikan Bandeng
  • Kerang
  • Tahu atau Tempe
  • Cereal
  • Roti

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 11th, March 2015 / 03:53 Oleh :
Kategori : Nutrisi