Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Daun Selada Bagi Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Daun selada yang selama ini hanya dikenal sebagai lalapan yang biasanya disantap bersama dengan berbagai macam makanan. Meskipun hanya dikonsumsi sebagai makanan pendamping saja, daun selada ternyata memiliki khasiat luar biasa. Berikut ini merupakan 10 manfaat daun selada untuk tubuh :

manfaat daun selada

Daun Selada

1. Membantu Proses Pertumbuhan

Manfaat selada yang pertama ialah karena kandungan proteinnya yang memang diketahui sangat tinggi. Kandungan protein dari daun selada ini tentu akan sangat bermanfaat untuk tubuh, mengingat tubuh setiap hari membutuhkan protein untuk memperbaiki sel-sel yang rusak serta bermanfaat untuk pertumbuhan tubuh pada anak-anak.

2. Membantu Mengobati Diabetes

Daun selada juga sangat baik dalam kandungan gula, karena kandungan gulanya yang rendah. Hal ini tentu sangat berguna, mengingat kandungan gula yang tinggi dapat membahayakan kesehatan. Apabila para penderita diabetes daun selada ini, tidak perlu khawatir mengenai kandungan gula. Daun selada memiliki kandungan gula yang rendah dan aman untuk dikonsumsi dalam jumlah besar sekalipun.

3. Dapat Menambah Darah

Daun selada pun ternyata memiliki manfaat bagi mereka yang mengalami permasalahan karena kekurangan darah. Daun selada yang selama ini hanya dikenal sebagai lalapan untuk makanan pendamping saja, terbukti memiliki kandungan zat besi yang tinggi seperti yang juga ditemui pada manfaat bayam. Hal ini dapat dijadikan penambah darah, bagi orang yang memiliki masalah pada kekurangan darah yang disebabkan karena rendahnya zat besi yang dikonsumsi.

4. Mencegah Sariawan

Daun selada yang cukup mudah untuk nda temukan, ternyata juga dapat mencegah sariawan yang kerap kali melanda Anda yang kekurangan vitamin C. Daun selada mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi sehingga sangat mampu sebagai salah satu sumber vitamin C untuk dikonsumsi sehari-hari. Sumber vitamin C lainnya juga terdapat pada buah-buahan seperti :

5. Membantu Mencegah Risiko Cacat Kandungan

sponsored links

Bagi para ibu hamil sangat disarankan untuk mengonsumsi selada selama masa kehamilan. Manfaat daun selada memiliki kandungan Vitamin K yang tinggi dan selama ini vitamin K diketahui sangat penting untuk menghindari risiko cacat bayi dalam kandungan.

manfaat daun selada

Masakan Dengan Daun Selada

6. Membantu Proses Diet

Bahkan daun selada juga dapat manfaatkan untuk membantu program diet. Daun lalapan yang satu ini memiliki kandungan lemak ataupun kalori yang sangat rendah sehingga tak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Daun selada juga bisa dijadikan cemilan saat diet seperti manfaat apel, dengan membuatnya menjadi salad sayuran.

7. Membantu Mengatasi Insomnia

Masalah insomnia juga dapat diatasi dengan mengonsumsi daun selada, karena daun selada mengandung lactucarium. Kandungan tersebut akan membantu tubuh menjadi lebih mudah tidur karena khasiatnya yang dapat membuat semakin rileks dan akhirnya mengantuk.

8. Menetralisir Kandungan Racun Dalam Tubuh

Manfaat lain yang didapatkan dengan mengkonsumsi daun selada ialah karena daun selada mengandung mineral yang dapat menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. Detoksifikasi secara alami ini akan dapat dirasakan, sehingga tubuh akan terbebas dari racun.

9. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Daun Selada pun dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, mengingat kandungan dari daun selada yang  mengandung lemak sehat berupa lemak omega 3 dan omega 6. Kandungan tersebut, dapat membuat tubuh semakin terjaga dan daya tahan tubuh Anda menjadi lebih kuat. Kandungan omega 3 dan omega 6 juga banyak terdapat pada :

10. Menyeimbangkan Gula Dalam Darah

Manfaat daun selada yang lain ialah mengenai kandungan kalori yang rendah dalam daun selada, sehingga dapat membuat kandungan dalam darah yang sangat berbahaya dapat di seimbangkan dengan memakan daun selada.

Bagi anda yang ingin menjaga kesehatan dari tubuh, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi daun selada ini. Daun selada dapat dijadikan pilihan menu di dalam menu makan siang, yang sangat enak namun juga memiliki nilai gizi yang sangat baik.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 31st, January 2015 / 04:58 Oleh :
Kategori : Sayuran