12 Manfaat Udara Segar bagi Kesehatan

Tentunya Anda sudah sangat familiar dengan istilah “mencari udara segar” ketika akan hendak pergi liburan karena memang saat ini tidak mudah menemukan udara segar apalagi jika Anda yang tinggal di kawasan perkotaan yang udaranya sudah terkontaminasi dengan polusi. Jadi salah satu tujuan berlibur memang untuk mencari udara segar karena banyak sekali manfaat udara segar bagi kehidupan manusia.

Manfaat Udara Segar

Bicara soal udara segar, tahukah Anda bahwa ternyata udara yang baik dan segar ternyata memiliki dampak yang sangat positif bagi kesehatan. Biasanya ketika Anda menghirup udara pagi di pedesaan yang jauh dari polisi, dada rasanya plong karena memang udara tersebut bersih dan sehat. Tak hanya itu berikut adalah beberapa manfaat menakjubkan dari udara segar yang perlu Anda ketahui:

  1. Meningkatkan Sistem Metabolisme

Oksigen yang kita hirup memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem metabolisme tubuh. Darah membawa oksigen ke seluruh sel tubuh untuk membantu proses regenerasi. Semakin baik kualitas oksigen yang dihirup maka semakin optimal sistem metabolisme dapat bekerja.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Ketika metabolisme tubuh dapat bekerja dengan baik maka daya tahan tubuh juga dapat berfungsi secara optimal. Salah satu manfaat udara bersih adalah ketika tubuh menghirup udara yang segar dengan kualitas oksigen yang baik membuat tubuh Anda tidak mudah jatuh sakit karena udara yang kotor juga merupakan salah satu sarana masuknya virus serta bakteri ke dalam tubuh yang menjadi penyebab utama penyakit.

  1. Membantu Mengurangi Stress

Kualitas udara yang baik ternyata juga sangat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menghadapi tekanan. Tentunya istilah ‘mencari udara segar’ tidak hanya bisa diaplikasikan untuk kesehatan secara fisik saja tapi terlebih sangat berguna untuk kesehatan psikis juga yaitu dapat membantu mengurangi stress. Jadi tidak heran jika stress, liburan dan mencari udara segar adalah resep ampuh untuk mengatasinya.

  1. Menambah Energi

Apa yang Anda rasakan ketika terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC? Selain tubuh terasa lemas, energi sepertinya lebih banyak terkuras padahal tidak melakukan aktifitas fisik yang terlalu berarti. Itu ternyata ada hubungannya dengan kualitas udara yang dihirup. Oleh karena itu selalu sempatkan untuk berolahraga di pagi hari, tak hanya baik untuk fisik tapi juga pagi hari merupakan kesempatan terbaik untuk mendapatkan udara segar sehingga tubuh lebih berenergi untuk menajalani hari.

  1. Melancarkan Peredaran Darah

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang bernafas dengan kualitas oksigen yang baik akan jauh lebih sehat hal ini dikarenakan salah satu manfaat udara segar adalah dapat membantu memperlancar peredaran darah sehingga oksigen dan nutrisi dapat didistribusikan secara optimal ke seluruh sel tubuh.

  1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Segar

Dengan perederan darah yang lancer, energi yang optimal serta sistem metabolisme yang bekerja dengan baik tentunya Anda tidak akan mudah merasa Lelah sehingga membuat tubuh terasa jauh lebih segar. Belum lagi ditambah dengan manfaat oksigen bagi kulit, tak hanya tubuh yang segar kulit pun terlihat lebih muda dan sehat.

  1. Otak Berfungsi Secara Optimal

Tahukan Anda bahwa oksigen memiliki peranan penting dalam mengoptimalkan fungsi otak? Dengan hanya menghirup udara segara maka kualitas oksigen yang masuk ke otak juga berkualitas. Efeknya dapat meningkatkan fungsi otak seperti daya ingat dan konsentrasi.

  1. Baik untuk Kesehatan Paru-paru

Salah satu fungsi paru-paru adalah menyaring oksigen. Itu artinya hanya oksigen murni yang bisa masuk ke dalam tubuh. Udara segar sangatlah minim polusi sehingga dapat membantu kerja paru-paru menjadi lebih mudah.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sama halnya dengan paru-paru, jantung juga menyaring darah yang masuk ke dalam tubuh dan salah satu komponen yang dibawa oleh darah adalah oksigen. Manfaat oksigen bagi manusia sangatlah signifikan dimana jika oksigen yang masuk ke tubuh berkualitas hal ini juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung sehingga dapat bekerja dan berfungsi secara optimal.

  1. Membangkitkan Semangat

Jika beberapa hari belakangan Anda merasa cepat letih dan tubuh terasa lesu, cobalah untuk bangun lebih pagi dan pastikan paru-paru Anda diisi dengan udara pagi yang masih segar. Setelah itu Anda pasti akan mulai merasa lebih bersemangat.

  1. Meningkatkan Produktifitas

Jika tubuh Anda sudah dipenuhi dengan energi serta semangat, otak bekerja secara optimal dan tidak ada masalah dengan konsentrasi maka secara otomatis juga dapat membantu meningkatkan produktifitas.

  1. Memperbaiki Mood

Tak hanya produktifitas meningkat, mood Anda-pun akan bisa menjadi lebih baik sehingga tidak mudah stress dan lebih siap ketika harus menghadapi tekanan.

Nah, sudah tahukan bahwa ada banyak sekali manfaat udara segar bagi kesehatan. Walaupun saat ini Anda tinggal di perkotaan dan sedikit sulit untuk mendapatkan udara segar namun pagi hari masih menjadi waktu terbaik untuk merasakan sedikit udara segar, jadi jangan malas bangun pagi karena udara pagi adalah udara yang terbaik dimana belum terkontaminasi oleh polusi dan masih segar memberi semangat tersendiri untuk memulai hari apalagi jika dibarengi dengan berolah raga ringan.