7 Manfaat Tengahnya Buah Nanas Yang Belum Banyak Diketahui

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan keanekaragaman flora maupun faunanya yang dikenal oleh masyarakat dunia. Ada berbagai macam tanaman baik buah maupun sayur yang dapat tumbuh subur di tanah Indonesia serta dapat dimanfaatkan dengan baik oleh penduduknya sebagai makanan tambahan dan makanan olahan lainnya serta ternyata ada beberapa buah yang memiliki manfaat lebih dan digunakan tidak hanya sebagai bahan pangan saja yang salah satunya adalah nanas.

Buah nanas merupakan salah satu buah tropis dengan bentuk dan rasa yang sangat khas. Buah nanas bahkan populer diolah menjadi berbagai macam bentuk oalahan termasuk sebagai isian selai dalam kue lebaran yang populer yakni nastar. Ternyata belum banyak yang mengetahui bahwa bagian tengah dari buah nanas memiliki beberapa manfaat lain selain manfaat nanas secara umum. Berikut penjelasan mengenai manfat tengahnya buah nanas yang perlu diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

1. Bertindak sebagai antikanker

Manfaat buah nanas yang sudah banyak dikenal memang dapat dimanfaatkan sebagai salah satu tanaman traditional antikanker. Manfaat sebagai anti kanker tersebut dari buah nanas, ternyata bagian yang memiliki kandungan bromelin yang seringkali jumlahnya lebih banyak pada bagian tengah nanas tersebut. Tengah nanas yang memiliki tekstur lebih keras seringkali memang menjadi salah satu bagian yang tidak akan dimakan karena memang berbeda dengan daging sapi lainnya.  Sifat antikanker nanas sampai saat ini masih diperlukan dan seringkali digunakan dalam beberapa bentuk penyakit seperti halnya dalam penggunaan manfaat daun kelor untuk kanker.

2. Menjadikan pengobatan lebih efektif

Selain bersifat sebagai senyawa yang dapat membantu menekan pertumbuhan kanker, bagian tengah nanas yang memiliki kandungan bromelin cukup melimpah. Selain bersifat sebagai anti kanker, kandungan senyawa bromelin yang mampu melunak dinding dinding sel sehingga penggunaan obat dapat secara maksimal masuk hingga bagian inti dari sel khususnya pada penderita kanker. Dengan pengobatan yang lebih efektif maka setidaknya kanker dapat dicegah agar tidak meluas selagi diobati secara perlahan.  Bahan lain yang berkaitan dengan pengobatan efektif seperti manfaat ikan gabus untuk kesehatan.

3. Membantu pengobatan penyempitan pembuluh darah

Manfaat tengahnya buah nanas lainnya adalah membantu dalam proses pengobatan adanya penyempitan pembuluh darah. Dengan susunan senyawa yang  terdapat di dalam bromelin dapat membantu mengatasi kondisi penyumbatan yang ada sehingga tidak menyebabkan permasalahan pada tubuh yang lebih besar lagi. Kanduangan vitamin C juga berperan dalam membantu menstimulus tubuh agar dapat secara alami melakukan pengobatan penyumbatan yang terjadi. Dampak positif ini sama halnya dengan manfaat bawang putih tunggal dan jahe merah.

4. Membantu mematikan sel sel kanker

Penderita kanker tentu ingin merasakan agar kondisi tubuh tidak normal dapat berangsur angsur nomal kembali. Buah nanas pada bagian tengahnya dapat membantu dalam mematikan sel sel kanker atau sel yang secara normal tubuh dengan cepat. Salah satu manfaat dari tengahnya buah nanas yang seringkali dipercaya memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan proses kemoterapi dalam membantu mematikan sel sel kanker yang akan terus membelah.

5. Memenuhi kebutuhan nutrisi

Manfaat tengahnya buah nanas selanjutnya adalah membantu memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh. Secara nyata memang memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah beragam dan bermanfaat bagi tubuh dalam membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya. Dengan adanya kandungan nutrisi tersebut maka kebutuhan nutrisi harian dapat terpenuhi dengan baik. Beberapa kandungan nutrisi yang terdapat pada bagian tengah buah nanas diantaranya seperti vitamin, bromelin, protein, lemak, dan mineral seperti phospor.


6. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Selain bermanfaat dalam proses pengobatan kanker, nanas juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Adanya kemampuan tersebut sangat bermanfaat bagi pada penderita kolesterol yang merupakan salah satu penyakit degeneratif jangka panjang. Kolesterol dapat memicu terjadinya berbagai macam bentuk komplikasi yang bisa terjadi pada tubuh ketika kadar lemah jahat tidak terkontrol dengan baik. Meskipun tidak signifikan, penggunaan bagian tengah nanas sebagai salah satu bahan penurun kolesterol dapat dicoba tanpa adanya efek samping yang berarti meskipun dikonsumsi jangka panjang.

7. Membantu penyerapan nutrisi

Nutrisi bagi tubuh merupakan salah satu komponen penting yang harus terpenuhi dengan baik melalui konsumsi berbagai macam jenis makanan yang memang memiliki kandungan nutrisi beragam dan melimpah. Namun dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi saja bisa jadi kebutuhan nutrisi tidak dapat terpenuhi dengan baik karena penyerapan yang dilakukan oleh tubuh sangat kurang. Salah satu manfaat tengahnya buah nanas yang tidak banyak diketahui adalah dapat membantu dalam meningkatkan penyerapan nutrisi yang terjadi di dalam tubuh seperti halnya manfaat flaxseed.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat tengahnya buah nanas yang bisa jadi memberikan dampak positif pada kondisi tertentu. Bagian tengah buah nanas dikenal memiliki kandungan nutrisi penting yang bermanfaat bagi kondisi kesehatan tubuh. Bagian tengah buah nanas yang selama ini dibuang karena faktor rasanya yang dianggap kurang enak ternyata memiliiki banyak manfaat yang bisa jadi belum diketahui banyak orang lain.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan