6 Manfaat Telur Angsa Busuk yang Tidak Banyak Diketahui

Telur angsa yang busuk apalagi yang sudah mengeluarkan bau tajam pasti akan membuat orang langsung membuangnya tanpa perlu berpikir panjang. Hal ini dikarenakan telur yang busuk tidak akan enak lagi untuk diolah menjadi masakan untuk dikonsumsi.

Namun di balik bau busuknya, telur angsa ternyata memiliki beberapa manfaat untuk manusia. Walaupun tidak sebanyak seperti manfaat telur angsa bagi kesehatan, ternyata terdapat juga beberapa khasiat atau  manfaat telur angsa busuk yang bisa diperoleh, antara lain:

  • Dapat membantu menghambat proses penuaan, karena telur angsa busuk menghasilkan gas yaitu hidrogen sulfida yang menyengat dan bau namun dapat membantu dalam melawan penuaan dengan cukup baik. Di mana gas hidrogen sulfida ini ditemukan juga pada kentut manusia.
  • Gas hidrogen sulfida yang terdapat pada telur angsa busuk, bisa meningkatkan produksi enzim di dalam tubuh yang mana dapat melindungi dan meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga secara tidak langsung dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah tubuh dari serangan berbagai penyakit.
  • Melawan penyakit jantung, dengan kandungan senyawa AP39 di dalam telur angsa busuk yang bermanfaat seperti halnya manfaat kunyit untuk jantung dan kardiovaskular„ yaitu untuk mencegah penyakit organ jantung seperti stroke, gagal jantung maupun serangan jantung.
  • Melindungi sel dalam tubuh, karena senyawa AP39 dapat memberikan perlidungan dan pertahanan pada mitokodria sel yang mana merupakan inti atau otak dari sel. Hal ini akan berpengaruh pada mengatur segala proses pertumbuhan hingga kematian sel yang ada di dalam tubuh, yang akan memberikan tambahan energi dan tenaga kimia oleh sel.
  • Kandungan senyawa SP39 tesebut juga dapat menjaga kesehatan sekaligus membantu penyembuhan penyakit seperti demensia, maupun seperti khasiat manfaat jahe untuk tulang yaitu untuk mengatasi penyakit yang menyerang anggota gerak dalam tubuh.
  • Mengatasi pernyakit degeneratif seperti diabetes atau lainnya, yang mana menjadi permasalahan banyak orang dengan khasiat gas hidrogen sulfida yang terkandung di dalamnya. Gas ini merupakan salah satu senyawa yang poten dalam penyakit degeneratif namun dengan pemanfaatan yang tepat.

Cukup banyak bukan manfaat dari telur angsa yang busuk? Pada dasarnya, kandungan gas hidrogen sulfida dalam telur angsa busuk akan melindungi sel dan memicu sel yang ditargetkan atau yang bermasalah agar tetap sehat juga dapat bekerja dengan baik kembali. Namun di samping ada manfaat telur angsa busuk, ada juga efek samping kesehatan yang kemungkinan bisa diperoleh dengan memanfaatkan telur angsa yang busuk ataupun manfaat telur angsa yang tidak menetas, seperti berikut ini:

  • Gangguan pencernaan, yang mana bisa menyebabkan muntah atau diare.
  • Sakit kepala, yang biasanya menjadi efek langsung setelah konsumsi makanan busuk.
  • Alergi, seperti muncul gatal-gatal dan kemerahan pada kulit.
  • Infeksi bakteri, seperti bakteri salmonella atau listeriosis penyebab penyakit.

Jika muncul gejala efek samping seperti di atas segera jauhkan diri dari telur angsa yang busuk atau melakukan pemeriksaan dengan menggunakan obat alergi atau manfaat fasilitas kesehatan bagi masyarakat. Selain itu pastikan telah benar-benar mengetahui cara menggunakan telur angsa busuk agar tidak salah pemanfaatan dan malah membahayakan kesehatan. Demikian informasi mengenai beberapa manfaat telur angsa busuk yang kurang begitu diketahui beserta beberapa kemungkinan efek samping yang bisa ditimbulkan pada kesehatan. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan