8 Manfaat Telur Kampung Rebus Untuk Kesehatan

Telur ayam adalah salah satu diantara berbagai jenis telur yang sering dikonsumsi manusia. Telur ayam ada dua jenis, yaitu telur ayam kampung dan telur ayam potong. Konon kandungan gizi dari telur ayam kampung lebih banyak daripada telur ayam ras, karena lebih banyak mengandung omega 3, protein, lemak, kerbohidrat, kalsium, fosfor dan zat besi yang lebih banyak. Juga mengandung vitamin A dan vitamin B12 yang menjadi pelengkap nutrisi dari sebutir telur ayam kampung tersebut. Telur ayam kampung juga mengandung asam amino yang tidak dimiliki oleh telur unggas yang lain sehingga manfaatnya untuk kesehatan tubuh sangat banyak. Telur ayam kampung yang paling baik dikonsumsi berasal dari telur ayam yang dilepas secara liar dan tidak diberi pakan yang mengandung bahan kimia sehingga telur yang dihasilkan benar – benar murni kandungan gizinya. Manfaat telur kampung untuk kesehatan sudah banyak diketahui orang dan kerap kali dikonsumsi secara mentah alias tidak dimasak lebih dulu, misalnya untuk campuran minuman seperti jamu. Namun manfaat telur kampung rebus juga tidak kalah berkhasiat untuk kesehatan seperti berikut ini.

1. Memelihara kesehatan jantung

Kandungan antioksidan didalamnya memberikan manfaat telur kampung dalam menjaga kesehatan jantung. Diketahui bahwa kandungan antioksidan pada telur ayam kampung bisa mencapai dua kali lebih banyak daripada yang ada dalam sebutir apel. Anda juga bisa mencoba manfaat telur bebek rebus, manfaat kuning telur bebek dan manfaat kulit telur untuk tanaman.

2. Sebagai sumber energi

Telur ayam kampung rebus juga dapat memberikan energi tambahan bagi tubuh kita untuk beraktivitas. Telur ayam kampung yang dikonsumsi dalam keadaan mentah mengandung protein, karbohidrat, serta zat besi yang lebih banyak jika dibandingkan dengan telur yang sudah dimasak. Akan tetapi, mengonsumsi telur yang direbus akan lebih aman.

3. Membantu pembentukan otot

Bagi orang yang sedang fokus untuk membentuk otot tubuh, rebusan putih telur ayam sebagai manfaat telur rebus untuk otot biasanya disertakan sebagai salah satu menu makanan wajibnya. Manfaat telur kampung rebus juga dapat memberikan khasiat yang sama dalam proses pembentukan otot sehingga tubuh tampak lebih atletis lagi. Walaupun manfaat telur mentah untuk otot juga ada bagusnya, namun sebaiknya Anda mengonsumsi telur yang sudah dimasak agar lebih aman. [AdSense-B]

4. Mencegah katarak

Penyakit katarak adalah suatu penyakit pada mata yang biasanya terjadi pada orang berusia lanjut, namun bisa juga terjadi pada bayi, orang dewasa muda dan penderita diabetes. Konsumsi telur ayam kampung rebus bisa menjadi solusi untuk menghindari terkena penyakit katarak ketika memasuki usia lanjut. Kandungan lutein dan zeaxanthin pada kuning telur juga bisa menghindarkan berbagai penyakit kebutaan lain yang bisa terjadi ketika usia tua akibat degenerasi makula.

5. Menyembuhkan sakit paru – paru

Manfaat telur kampung bisa membantu penanganan gangguan pada paru – paru seperti emfisema. Mengonsumsi telur ayam kampung rebus secara rutin dikatakan bisa membantu mengatasi berbagai gangguan kesehatan yang terjadi di paru – paru sebagai hasil dari manfaat makan telur setiap hari.

6. Menurunkan berat badan

Bagi Anda yang sedang melakukan cara menurunkan berat badan, mengonsumsi telur bisa menjaga perut kenyang lebih lama sehingga tidak mudah merasa lapar. Mengonsumsi dua butir telur ayam kampung rebus saat sarapan bisa memenuhi kebutuhan kalori sekitar 400 kalori perharinya.

7. Memperkuat otak

Sebutir telur yang ukurannya sedang mengandung sekitar 250 mg kolin, senyawa penting yang dibutuhkan untuk perkembangan otak janin dalam kandungan ibu. Kolin dibutuhkan untuk mengatur otak, sistem saraf dan kesehatan kardiovaskular, menjaga struktur otak yang menyampaikan pesan dari otak ke saraf dan otot. Maka jika ibu hamil mengonsumsi 550 mg kolin setiap hari akan dapat membantu perkembangan otak bayi yang lahir kelak dan mencegah cacat lahir.

8. Membuat awet muda

Wanita membutuhkan asupan protein sebanyak 45 gram sehari agar tidak cepat keriput, sementara pria membutuhkan protein sebanyak 55 gram sehari. Sebutir telur ayam yang berukuran sedang mengandung sekitar 8 gram protein. Maka jika Anda mengonsumsi telur dua butir sehari sudah cukup untuk memenuhi lebih dari sepertiga kebutuhan protein wanita, atau hampir sepertiga kebutuhan protein pria. [AdSense-C]

Cara Merebus Telur yang Benar

Untuk mendapatkan manfaat telur kampung rebus bagi kesehatan Anda, perlu diketahui juga bagaimana cara merebus telur yang benar agar kandungan gizinya tidak hilang.

  • Pilihlah telur yang masih segar. Untuk mengetahui mana telur yang masih segar, Anda bisa merendamnya ke dalam air. Jika telur tidak tenggelam, maka telur tersebut masih segar.
  • Cuci bersih telur sebelum direbus.
  • Masukkan air ke dalam panci, lalu taruh beberapa butir telur ke dalamnya. Panaskan panci berisi telur dan air di atas kompor sampai mendidih.
  • Biarkan sekitar setengah jam untuk memastikan telur sudah matang sempurna.
  • Matikan kompor dan angkat telur dari air panas, masukkan ke dalam air dingin di wadah lain.
  • Tunggu beberapa menit, lalu kupas telurnya.

Manfaat telur kampung mentah memang banyak diketahui orang dan juga banyak dikonsumsi untuk kesehatan seperti misalnya manfaat jamu telur bebek, tetapi perlu diketahui bahwa tetap ada bahaya mengonsumsi telur mentah. Dalam telur ayam bisa saja terdapat kontaminasi salmonella, bakteri penyebab penyakit tipus. Putih telur yang mentah juga mengandung avidin, zat racun yang dapat mengikat biotin atau vitamin H yang larut dalam air. Karena kandungan avidin dalam putih telur mentah itulah menyebabkan tubuh tidak dapat mencerna biotin dengan baik, sehingga tubuh kekurangan biotin dan bisa menyebabkan rambut rontok serta kulit pecah – pecah.