4 Manfaat Teks Prosedur Bagi Pembacanya

Teks prosedur merupakan jenis teks yang menunjukkan dan menjelaskan suatu proses dalam membuat atau mengoperasikan sesuatu melalui langkah – langkah sistematis dan teratur yang tepat. Tujuan dari teks prosedur adalah untuk membantu orang lain memahami bagaimana cara melakukan atau mengerjakan suatu hal dengan benar dengan mengikuti langkah yang disebutkan dalam teks tersebut. Dengan kata lain, teks prosedur merupakan suatu teks berisi panduan mengenai suatu hal yang menunjukkan bagaimana cara untuk melakukan sesuatu melalui berbagai tahap hingga tercapai hasil akhirnya. Misalnya teks yang menunjukkan cara untuk mengikuti sebuah proses pembuatan, suatu pekerjaan atau bagaimana cara menggunakan suatu alat. Ada tiga jenis teks prosedur yaitu teks prosedur kompleks yang didalamnya terdapat banyak langkah berjenjang dan rumit, teks prosedur sederhana yang bisa dilakukan hanya dengan dua atau tiga langkah singkat saja, kemudian teks prosedur protokol yang langkah – langkahnya tidak terlalu ketat dan masih mudah untuk diubah, tidak selalu harus berurutan karena tidak saling berkaitan namun tujuannya masih tetap bisa dicapai.

Pengertian Teks Prosedur Menurut Ahli

  • Ismail Masya (1994:74) – Teks prosedur merupakan suatu rangkaian tugas yang saling berhubungan, merupakan urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melakukan pekerjaan secara berulang.
  • Kamaruddin (1992:836 – 837) – Teks prosedur pada dasarnya merupakan suatu susunan yang teratur dari kegiatan yang berhubungan satu dan lainnya dan prosedur yang berkaitan melaksanakan serta memudahkan kegiatan utama suatu organisasi.
  • Ida Nuraida (2008:35) – Teks prosedur adalah urutan langkah – langkah atau pelaksanaan pekerjaan, dimana dilakukan pekerjaan tersebut, berhubungan dengan apa yang dilakukan, bagaimana, bilamana dan siapa yang melakukannya.

Ciri dan Unsur Teks Prosedur

Manfaat kerangka karangan, manfaat laporan observasi, manfaat membuat ringkasan adalah bentuk – bentuk teks yang dibuat untuk menuangkan dan memusatkan pikiran manusia. Secara umum ciri teks prosedur adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tujuan untuk melaksanakan aktivitas tertentu dan juga terdapat langkah – langkah prosedur.
  • Menggunakan kata keterangan untuk menunjukkan cara, tempat dan waktu pengerjaan.
  • Memiliki tata cara atau langkah – langkah yang harus dilakukan mengenai suatu proses.
  • Mengandung batasan aturan yang harus dipatuhi dalam suatu proses.
  • Teks disusun secara informatif dan mendetil
  • Teks bersifat objektif, memiliki langkah berlanjut dengan penjelasan tertentu
  • Teks bersifat universal, aktual dan akurat serta logis.

Selain memiliki ciri tertentu, teks prosedur juga mengandung beberapa unsur tertentu yaitu dalam teks menggunakan kalimat perintah dan kata – kata yang menunjukkan langkah – langkah berurutan, mencantumkan satuan berat dan panjang secara tepat, mengandung kalimat dengan batasan yang pasti dan mencantumkan kata keterangan.

Fungsi Teks Prosedur

Manfaat teks prosedur bisa didapatkan dengan mudah bagi orang yang sudah terbiasa dengan manfaat membaca buku, misalnya manfaat membaca buku biografi dan manfaat membaca serita pendek. Sebagaimana telah disebutkan di atas, tujuan teks prosedur akan memberi pembacanya manfaat teks prosedur dalam melakukan sesuatu dengan benar seperti berikut ini:

  1. Manfaat teks prosedur akan membantu pembacanya mengetahui bagaimana cara melakukan aktivitas tertentu.
  2. Manfaat teks prosedur dapat membantu menggunakan suatu alat atau peralatan dengan benar.
  3. Manfaat teks prosedur untuk membantu pembaca memahami bagaimana cara yang tepat untuk melakukan sesuatu.
  4. Manfaat teks prosedur memberi petunjuk mengenai bagaimana cara melakukan sesuatu dalam urutan yang tepat dan benar.

Struktur Teks Prosedur

Ada tiga struktur utama dalam teks prosedur yaitu bagian tujuan, material dan langkah – langkah yang tercantum dalam teks seperti berikut:

  • Tujuan – Menjelaskan mengenai tujuan pembuatan teks prosedur tertentu atau apa hasil akhir yang akan dicapai. Tujuan seringkali tercantum dalam judul, misalnya “Cara Merakit Lemari Pakaian”.
  • Material – Struktur dalam manfaat teks prosedur ini berisi informasi mengenai alat dan bahan yang digunakan. Namun struktur ini tidak didapati pada semua teks prosedur. Bagian ini seringkali dapat ditemukan dalam teks berupa resep masakan atau mengenai pembuatan suatu hal, misalnya teks prosedur mengenai ‘cara membuat kapal uap mini ‘ dalam pelajaran sains anak sekolah dasar.
  • Langkah – langkah – Struktur ini menjelaskan mengenai cara yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan atau hasil yang diinginkan tersebut. Teks pada bagian ini harus disusun berurutan dari awal hingga akhir karena tidak bisa diganti atau diubah, juga tidak boleh tertukar atau tidak dicantumkan.

Kaidah Bahasa Dalam Teks Prosedur

Sebagaimana bentuk teks lainnya, teks prosedur juga memiliki kaidah bahasa sendiri seperti berikut:

  • Pada teks prosedur akan sangat banyak ditemui kata konjugasi temporal atau kata penghubung yang menyatakan waktu kegiatan yang bersifat kronologis. Misalnya selanjutnya, berikutnya, kemudian, lalu, dan setelah itu.
  • Dalam teks prosedur juga kerap ditemui kata kerja imperatif atau kata perintah dan larangan yang harus diikuti dalam pelaksaanaan teks prosedur tersebut.
  • Banyak terdapat verba material yang mengacu kepada tindakan fisik dalam teks prosedur tersebut. Juga terdapat verba tingkah laku berupa tindakan yang dilakukan melalui ungkapan.
  • Terdapat partisipan manusia yang ikut serta dalam teks prosedur tersebut.
  • Terdapat bilangan untuk menandai urutan teks prosedur.
  • Ada kalimat interogatif atau kalimat berisi pertanyaan.
  • Tercantum kalimat yang berisi pernyataan atau kalimat deklaratif.

Manfaat teks prosedur  bisa dipahami secara menyeluruh dengan mengetahui pembahasan mengenai apa dan bagaimana teks prosedur tersebut, memahami manfaat ilmu linguistik,  juga berbagai komponen dan unsur yang menyertai dalam pembuatan teks prosedur. Tanpa bimbingan dari teks prosedur, akan sedikit sulit untuk dapat mengetahui bagaimana suatu hal dapat dilakukan dan bagaimana cara mencapai tujuan untuk melakukan sesuatu hal yang spesifik.