6 Manfaat Kerangka Karangan

Karangan merupakan salah satu bentuk dari aplikasi ilmu sastra terutama Bahasa, yang sudah sejak kecil diajarkan kepada kita. Kebanyakan pembelajaran mengenai mengarang sudah diberikan kepada kita sejak berada di bangku SD atau sekolah dasar, dalam pelajaran bahasa Indonesia, bahasa asing dan juga bahasa daerah. Mengarang sendiri merupakan suatu aplikasi dari ilmu sastra, dimana seseorang harus bisa membuat tulisan yang dielaborasi dalam bentuk paragraf, sehingga dapat menjadi satu kesatuan tulisan yang utuh.

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat karangan

Dalam membuat karangan, tentu saja kita tidak bisa asal dan juga sembarangan. Harus ada beberapa hal yang kita perhatikan sebelum membuat suatu karangan. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuat sebuah karangan :

  • Topik dan permasalahan
  • Judul
  • Tujuan membuat karangan
  • Kerangka karangan
  • Isi dan juga garis besar dari sebuah karangan

Ya, kerangka karangan meskipun terdengar sepele, namun demikian kerangka karangan memegang peranan yang sangat penting dalam pembuatan sebuah tulisan. Kerangka karangan sendiri biasanya berisi tema atau topik dan garis besar kalimat yang nantinya akan dituangkan ke dalam suatu karangan. Dengan adanya kerangka karangan, maka kita akan menjadi lebih mudah dalam membuat dan juga menyusun suatu karangan. Apa saja manfaat kerangka karangan? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Mempermudah elaborasi antar paragraf

Hal yang paling penting dari suatu karangan adalah elaborasi. Elaborasi merupakan teknik untuk mengembangkan intisari dari suatu karangan, agar tulisan tersebut bisa dipahami dan memiliki struktur kata yang saling terkait antar kalimat dalam paragraf. Manfaat kerangka karangan yang pertama adalah tentu saja membantu mempermudah teknik elaborasi ini. Tanpa adanya kerangka karangan, maka elaborasi antar kalimat akan sangat sulit untuk dilakukan, tulisan akan sangat mungkin terjadi karangan yang kabur dan juga tidak jelas.

2. Mempermudah menentukan topik per paragraf

Topik karangan tidak hanya harus kita tentukan sebelum judul dibuat, namun juga harus kita pikirkan setiap paragraf. Adanya topik perparagraf, maka pengembangan tulisan pada suatu paragraf akan menjadi lebih mudah. Disinilah fungsi kerangka karangan sangat berperan. Kerangka karangan akan membantu penulis untuk menentukan topik apa saja yang akan dikembangkan setiap paragrafnya, sehingga menjadi lebih mudah dalam melakukan pengembangan penulisan dalam satu paragraf.

3. Agar cerita tidak kabur dari inti cerita

Terkadang suatu penulisan karangan yang kabur dan tidak jelas temanya akan menjadi suatu bentuk karangan yang buruk dan juga tidak akan dibaca oleh orang lain. Karena itu, manfaat kerangka karangan lainnya adalah untuk membantu mengarahkan penulisan suatu karangan agar nantinya tidak menjadi kabur dan ngawur dalam pembuatannya. Selain itu, hal ini juga dapat mencegah munculnya pengembangan karangan yang menjauh dari topik utama dari suatu karangan yang akan dibuat.

4. Membantu penyusunan karangan menjadi lebih baik

Sebuah impian dari setiap penulis untuk dapat menghasilkan suatu karangan atau karya tulis yang sempurna dan juga baik untuk dibaca oleh orang lain. Karena itu kerangka karangan sangat berperan untuk membantu penulis menyusun kata-kata sesuai dengan topik yang sudah ditentukan dalam kerangka karangan. Hal ini nantinya bisa menghasilkan suatu karangan dan juga karya tulis yang sempurna, serta enak untuk dibaca oleh banyak orang.

5. Menghindari tumpang tindih tema karangan

Terkadang antara tema satu dengan tema yang lain dalam paragraf yang berbeda akan terjadi tumpang tindih. Hal ini tentu saja nantinya akan membingungkan pembaca. Hal ini terjadi karena penulis tidak memperhatikan topik dan juga tema dari tiap paragraf dalam kerangka karangan, sehingga dapat menyebabkan terjadinya tumpang tindih tema. Pada akhirnya manfaat kerangka karangan dapat menghindari terjadinya hal ini, karena apabila setiap tema dalam suatu karangan mengalami tumpang tindih. Pastinya hal ini akan sangat mengganggu dan menurunkan nilai dari karangan yang sudah dibuat dengan susah payah.

6. Mempermudah penulisan karangan

Pada intinya, kerangka karangan yang paling penting adalah agar penulis bisa menyusun suatu karangan dan juga karya tulis dengan baik dan juga sempurna. Karya tulis serta karangan yang sudah dibuat dengan baik dan juga sempurna akan memberikan nilai tambah dan juga kepuasan tersendiri bagi para penulis.

Bentuk – bentuk Karangan

Karangan ini bisa saja berbentuk banyak hal. Berikut ini adalah beberapa bentuk karangan :

  • Karangan fiksi – Biaanya, karangan fiksi berisi cerita – cerita yang menghibur dan juga membuat emosi dari pembaca dan pembuat karangan tersebut ikut terbawa, seperti novel, cerita humor, cerita sedih, drama, fable, dan jenis cerita fiksi lainnya.
  • Karangan ilmiah – Karangan ilmiah merupakan suatu bentuk karangan yang mengikuti standar prosedur ilmiah, dimana membutuhkan pendahuluan, rumusan masalah, kerangka teori, metode penelitian, hingga pada akhirnya akan memberikan kesimpulan berupa hasil akhir dari penelitian.
  • Karangan persuasif – Karangan persuasive banyak digunakan untuk mengajak orang agar melakukan sesuatu atau membeli produk tertentu. biasanya karangan persuasive banyak dilakukan pada saat masa kampanye, sebagai draft untuk berpidato dan juga untuk teknik marketing.
  • Karangan cerita pendek – Cerita pendek biasanya berisi tulisan kejadian sehari – hari, baik itu kisah nyata maupun kisah fiksi, yang ditulis secara singkat, namun memilki tujuan menghibur, dan juga terkadang mengikutsertakan emosi dari pembaca cerita tersebut.
  • Karangan deskripsi – Karangan deskripsi lebih mengarah kepada deskripsi atau penggambaran dari suatu produk, lokasi, ataupun situasi tertentu. banyak digunakan untuk mendeskripsikan suatu produk yang dijual, ataupun bsa juga mendeskripsikan hasil penelitian seseorang.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat kerangka karangan dan bentuk-bentuknya. Bagi anda yang ingin mencoba untuk mulai menekuni bidang penulisan dan juga bidang mengarang, maka cobalah untuk membuat kerangka karangan terlebih dahulu, sebelum membuat karangan secara utuh.

Berikut ini manfaat lainnya yang berkaitan dengan penulisan :

Semoga artikel ini bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan anda semua…