7 Manfaat Teh Sarang Semut Sebagai Obat

Sebagian besar orang Indonesia, minuman hangat di sore hari atau saat hari sedang hujan bukan hanya menjadi sebuah kebiasaan saja. Hal ini tentunya sudah menjadi kebutuhan, ada banyak sekali jenis minuman hangat yang paling sering dikonsumsi. Mulai dari minuman hangat bercitarasa pedas seperti jahe berbeda jika anda melihat manfaat daun ngokilo, hingga minuman hangat tradisional dengan citarasa pahit seperti jamu. Ada juga minuman hangat dengan citarasa manis seperti kopi dan teh yang sangat sering diminum sekaligus jadi minuman wajib saat ada tamu.

Bagi sebagian besar orang yang tidak menyukai kopi pastinya cenderung minum teh, bisanya teh tidak hanya diminum begitu saja. Sebagai teman biasanya teh dihidangkan bersama dengancamilan seperti roti, biskuit, hingga beraneka ragam gorengan hangat. Selain karena rasanya yang nikmat, teh tidak hanya dihidangkan dengan hangat saja. Teh juga sangat cocok dihidangkan dengan kondisi dingin dan ditambahkan es batu. Apalagi saat cuaca sedang panas, ini tentunya sangat nikmat dan segar.

Ada banyak sekali jenis teh yang bisa anda temui di pasaran, mulai dari teh hijau atau green tea, teh merah, teh hitam, dan teh putih. Selain itu seiring berkembangnya teknologi pangan, teh juga memiliki banyak sekali jenisnya. Mulai dari teh herbal hingga teh dengan berbahan dasar bunga seperti bunga melati, bunga mawar, hingga bunga telang. Selain itu berbeda jika anda melihat manfaat pohon gempol, ada salah satu jenis teh dengan bahan dasar yang unik namun banyak dicari orang. Yaitu teh sarang semut, tidak seperti yang anda bayangkan.

Sarang semut yang dimaksud bukanlah sarang semut yang merupakan tempat para semut bersarang tetapi, ini merupakan sejenis tumbuhan herbal asli Indonesia. Sarang semut merupakan tumbuhan yang tumbuh pada dahan atau batang tumbuhan yang banyak ditemui di papua, di alam sendiri sarang semut sendri memiliki akar yang menjuntai pada cabang- cabang tanaman. Untuk jumlah akarnya bergantung pada proses simbiosis untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Berbeda dengan tanaman lainnya, sarang semut memiliki cara sendiri dalam proses penyerapan nutrisi.

Tanaman ini menghantarkan sari makanan dan air melalui bongkot coklat keabu- abuan yang mengembang dan ditumbuhi duri- duri. Batangnya yang tebal dan tidak bercabang terbungkus oleh klipeoli dan alveoli dengan banyak duri dan daun- daun kecil. Selayaknya tumbuhan herbal, sarang semut memiliki banyak sekali manfaat dan sarang semut merupakan salah satu tumbuhan herbal terbaik karena mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tidak hanya penyakit ringan saja, tetapi juga kronis. Inilah mengapa sarang semut dijadikan salah satu bahan dasar teh.

Manfaat Teh Sarang Semut

  1. Obat Kenker

Teh sarang semut mampu mengobati dan membantu mempercepat penyembuhan berbagai macam sakit kanker. Ada beberapa macam jenis kanker yang dapat diobati jika anda minum teh sarang semut seperti kanker payudara, kanker usus, kanker darah, kanker rahim, dan masih banyak lagi.

  1. Obat Asam Urat

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit asam urat dan sering kambuh, anda tidak perlu khawatir. Minumlah teh sarang semut setiap hari tanpa gula sebanyak 3 kali sehari berbeda dengan manfaat pohon kaliandra, ini sangat ampuh untuk menyembuhkan serta mengatasi asam urat.

  1. Obat Tumor

Selain dapat mengobati kanker, teh sarang semut juga mampu mengobati tumor. Untuk mengobatinya, anda bisa minum teh sarang semut secara rutin setiap hari tanpa gula.


  1. Obat TBC

Bagi anda yang memiliki riwayat TBC, terutama TBC paru- paru dan tulang maka anda bisa mengobatinya dengan mudah dan efektif. Yaitu dengan sesering mungkin minum teh sarang semut sebanyak 3 hingga 5 kali dalam sehari.

  1. Obat Jantung Koroner

Jantung merupakan salah satu organ yang sangat penting dan harus dijaga, untuk itu ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan. Namun bagi anda yang sudah terlanjur memiliki gangguan pada jantung berbeda dengan manfaat teh sariwangi tanpa gula, terutama jantung koroner maka anda bisa minum teh sarang semut.

  1. Obat Ambeien

Bagi anda yang memiliki riwayat penyakit ambeien berbeda jika anda melihat manfaat pohon gamal, anda tidak perlu khawatir dan pusing memikirkannya. Ada cara mudah untuk mengobatinya yaitu dengan minum teh sarang semut hangat.

  1. Obat Stroke

Teh sarang semut sangat baik untuk mengobati penyakit struk ringan maupun struk berat. Anda bisa meminumnya setiap hari dan usahakan untuk menghindari gula ketika meminumnya.

Itulah berbagai manfaat dari teh sarang semut yang dapat kami sampaikan, minumlah secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman