11 Manfaat Minum Teh Apel Bagi Kesehatan Tubuh

Buah apel merupakan salah satu buah yang kaya akan  vitamin dan serat, buah yang satu ini  memiliki rasa yang manis dengan kandungan air yang cukup tinggi, disukai oleh semua kalangan usia sebagai cemilan sehat, selain dikonsumsi dalam bentuk buah, apel juga banyak diolah menjadi makanan dan minuman yang menyehatkan, salah satunya adalah teh apel,  yang mempunyai banyak manfaat untuk tubuh  dan kesehatan anda. Teh sendiri telah diteliti sebagai minuman yang kaya akan antioksidan, kombinasi teh dan buah kaya nutrisi apel merupakan kombinasi sempurna yang  mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti Antioksidan,  magnesium, natrium, kalium, asam amino, vitamin B, vitamin C dan vitamin E.

Berikut 11 manfaat minum teh apel untuk tubuh anda :

  1. Meningkagtkan kekebalan dan daya tahan tubuh

Kandungan nutrisi kulit apel memiliki antioksidan yang tinggi sehingga teh apel dapat meningkatkan imun tubuh yang membentuk benteng pertahanan dari serangan bakteri dan virus, serta mampu melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas yang disebabkan oleh  polusi, makanan yang tidak sehat serta paparan sinar ultraviolet, radikal bebas dapat menimbulkan berbagai penyakit yang berbaha bagi tubuh.

  1. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Penelitian membuktikan senyawa dalam manfaat apel merah secara ampuh dapat menurunkan kadar  kolestrol jahat dalam darah, minum teh apel secara rutin setiap pagi dan sore hari kolesterol akan menjauh dari anda.

  1. Mencegah penyakit kanker

Teh apel memiliki sejumlah zat terutama manfaat antioksidan dari daun teh dan buah apel yang mampu menghambat sel-sel kanker yang menimbulkan, kanker payudara, kanker kulit, kanker usus besar dan jenis kanker lainnya.


  1. Meningkatakan kesehatan jantung

Teh apel dapat membantu menyehatkan jantung karena mengandung serat larut yang dapat membersihkan plak-plak yang menempel pada dinding arteri yang  menyebabkan terganggunya aliran darah ke jantung yang akan mengakibatkan penyakit jantung koroner.

  1. Melancarkan pencernaan

Teh apel mengandung serat,  vitamin dan mineral yang mudah dicerna oleh tubuh dan dapat melancarkan pencernaan.

  1. Menyehatkan kulit dan mengurangi penuaan

Kandungan antioksidan dalam teh apel sangat efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan, bakteri dan virus yang akan menyerang sel-sel kulit, selain itu collagen dari Vitamin C mengurangi penuaan dini seperti munculnya keriput dan garis-garis halus diwajah, mencerahkan kulit, melindungi dari sinar UV, serta vitamin E dapat membantu kulit lebih sehat, halus dan kenyal.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Antioksidan dapat membantu melancarkan peredaran darah.

  1. Sebagai detoksifikasi tubuh

Detoksifikasi merupakan salah satu fungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, yang masuk melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi setiap hari. Racun yang tersisa dalam tubuh jika dibiarkan semakin lama semakin menumpuk, sehingga akan merusak fungsi hati dan merambat ke organ-organ yang lain. Dengan meminum teh apel secara rutin dengan kandungan antioksidan  dan asam amino yang tinggi  dapat membantu mendetoksifikasi racun dalam tubuh.

  1. Membantu lebih rileks dan menenangkan

Zat dalam teh apel dapat melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stress, dan zat dalam teh terbukti dapat membantu lebih rileks dan menenangkan.

  1. Menjaga kesehatan rambut

Antioksidan dalam teh apel mampu mencegah rambut rontok dan membantu meningkatkan kesuburan rambut.

  1. Melindungi dan menyehatkan otak

Kandungan antioksidan dan asam amino dalam teh apel dapat melindungi sistem saraf pusat,  sehingga kinerja otak tetap terjaga, juga mampu menurunkan resio kelainan saraf.

Dibalik banyaknya manfaat yang diperoleh dengan mengkonsumsi teh apel secara rutin, namun ada  juga efek samping tertentu yang harus anda waspadai yaitu:

  • Wanita hamil dan menyusui tidak diperbolehkan mengkonsumsi teh apel karena dapat menyebabkan reaksi tertentu didalam tubuh yang bisa membahayakan janin dan bayi.
  • Seseorang yang mempunyai riwayat alergi terutama alergi apel disarankan untuk menghindari mengkonsumsi the apel karena dapat menyebabkan reaksi alergi.
  • Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan disarankan tidak mengkonsumsi teh apel, karena teh apel dapat berinteraksi dengan obat tertentu yang dapat membahayakan bagi tubuh anda, sebaik nya tanya kan dulu ke dokter yang menangani anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman