14 Manfaat Aren dalam Kehidupan Manusia

Arenga pinnata atau yang lebih dikenal dengan sebutan aren merupakan salah satu tanaman yang dinilai paling serbaguna. Pasalnya tanaman ini hampir semua begian tubuhnya bisa di gunakan dan di manfaatkan. Aren merupakan salah satu jenis tanaman tradisional yang di gunakan sebagai kesehatan, sehingga ia dikenal sebagai salah satu apotek hidup.

Bentuk tumbuhan ini sekilas memang mirip dengan pohon kelapa. Hanya saja, pohon aren memiliki buah yang kecil dan batangnya di penuhi oleh ijuk serabut, sehingga terlihat kotor. Biasanya pohon aren di cirikan dengan dipenuhinya tanaman asing seperti paku pakuan dibatangnya.

Karakteristik Daun Aren

Memang pada dasarnya pohon aren di kenal sebagai adik dari pohon kelapa. Hingga bentuk daunnya saja hampir sama, yakni majemuk menyirip. Terdapat lapisan lilin di bawahnya, oleh sebab itu warna daun di bawahnya berwara sedikit putih. Sedangkan daun yang berada di atasnya berwarna hijau gelap.

Tanaman ini memiliki sebutan yang berbeda beda di tiap daerah, misal di Aceh lebih terkenal dengan nama Bak juk, sedangkan sebutan Bagot lebih di kenal di Batak. Berbeda lagi di tanah sunda, sebutan Taren akan lebih mengena di sana dari pada nama Aren seperti di Jawa.

  1. Menyembuhkan Sariawan

Aren juga bermanfaat untuk membantu pengobatan sariawan. Caranya dengan legen atau tuaknya di minum seperti anda meminum minuman segar biasa. Kandungan nutrisi dari tuak sendiri bisa membantu memulihkan anda dari sariawan serta meningkatkan sistem kekebalan di sekitar mulut anda.

2. Mengobati Sembelit

Cara pengobatan aren untuk penyakit sembelit yakni sama dengan pengobatan sariawan. Yakni di minum seperti biasa. Kandungan di dalamnya terdapat gula dan minyak lemak yang membantu melancarkan proses pembuangan tinja anda. Hal ini cukup baik sebagai pelancar pembuangan. Tidak hanya manfaat aren saja yang dapat menyembuhkan sembelit, tetapi juga kandungan dan manfaat daun sirih yang baik bagus untuk melancarkan gangguan pencernaah pada tubuh.

3. Menyembuhkan Batu Ginjal

Aren memiliki sejuta manfaat. Salah satunya pada bagian akarnya yang aktif membantu mengobati batu ginjal. Namun pengolahanya di campur dengan akar alang alang, daun keji beling serta herba meniran yang di tambahkan dengan air. Caranya adalah dengan di minum selama kurang lebih 14 hari atau tergantung batu ginjal tersebut keluar dalam bentuk batu atau pasir.

Selain itu terdapat tumbuhan lain yang dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal, seperti menggunakan manfaat daun alpukat yang terdapat berbagai kandungan penting dalam daun alpukat yang dapat membasmi batu-batu kecil yang menggumpal pada ginjal.

4. Membantu Pemulihan Ruam di Kulit

Bagian tanaman aren yang membantu menyembuhkan ruam di kulit adalah bagian akarnya. Untuk menghilangkan ruam pada kulit ini juga dapat menggunakan manfaat daun pisang yang dapat menghilangkan iritasi atau luka pada tubuh.

5. Aktif Sebagai Pengawet Ikan

Air aren yang sudah di fermentasikan mengandung cukup zat yang mampu mematikan mikroba. Hal inilah yang di jadikan alasan mengapa air fermentasi aren di gunakan sebagai bahan pengawet ikan.

6. Meningkatkan Cita Rasa

Air aren yang di fermentasikan bukan hanya baik sebagai bahan pengawet. Hal lain yang di temukan adalah zat tersebut juga mampu meningkatkan cita rasanya. Sebab dalam dunia masakan, air aren aktif membantu ibu di dapur untuk meningkatkan cita rasa makananya.

7. Sumber Gula Alami

Salah satu sumber gula alami yakni berbahan dasar dari tanaman aren. Anda biasa menemuinya dalam bentuk minuman segar, gula semut, gula merah, permen bahkan sekalipun minuman segar lainya. Biasanya untuk pengolahan gula tersebut, ph nira yang basa atau sekitar 8 – 9 derajat harus di turunkan menjadi netral atau 7 derajat. Caranya dengan di beri sedikit TSP (Triple Super Phosphate)

8. Pewarna Makanan Cokelat

Gula aren memiliki kekuatan yang cukup baik dalam mempengaruhi warna bahan makanan lain. Ketika anda memasak, lalu mencampurkan gula aren ke bahan lain, maka aren tersebut akan cenderung mempertahankan warnanya sendiri untuk tetap cokelat. Itulah mengapa, gula aren di gunakan sebagai pewarna alami yang tidak memiliki efek samping berbahaya.

9. Membantu Memperbaiki Sel

Gula aren memiliki kandungan protein kasar. Hal ini sangat baik untuk membantu memperbaiki sel tubuh yang rusak. Bukan hanya itu, kandungan protein ini membantu memproduksi dan membuat sel sel yang baru untuk menjaga ke utuhan sel yang ada di dalam tubuh. Semakin banyak kandungan protein, maka pemulihan sel yang tidak bagus tadi semakin cepat di tangani.

10. Kandungan Mineral yang Cukup

Pada dasarnya, kandungan nutrisi di dalam tubuh bukan hanya karbohidrat, lemak, vitamin, dan protein saja. Namun membutuhkan mineral sebagai pelengkap dan membantu pemulihan serta metabolism tubuh. Sebagai tambahan, manfaat tomat juga baik untuk kesehatan jika di konsumsi karena banyak mengandung vitamin.

11. Memperlancar Pencernaan

Manfaat yang di hasilkan oleh tanaman aren juga terdapat serat. Adanya kandungan inilah yang membantu melancarkan pencernaan anda. Semakin tinggi serat yang ada dalam tubuh, maka proses pencernaan juga semakin lancar. Untuk lebih memaksimalkan pencernaan dalam tubuh, tidak ada salahnya mengkonsumsi yakult. Manfaat yakult ini juga baik untuk kesehatan tubuh, terlebih bagi usus dalam mencerna banyak makanan.

12. Membantu Penyerapan Kolestrol

Tanaman aren memiliki beberapa senyawa yang sangat baik untuk membantu menghambat perkembangan kolestrol. Yakni dengan di lakukannya penyerapan kolestrol di saluran pencernaan. Untuk menurunkan kolestrol dalam tubuh dapat obat meminum omperos yang memang dibuat untuk penyakit kolestrol, manfaat omperos yang terkandung didalamnya yang baik bagi tubuh. Namun bagi penderita yang menginginkan obat herbal lainnya dapat menggunakan manfaat daun sirsak.

13. Mengurangi Bau Badan Menyengat

Bau badan yang cukup menyengat memang sangat memperngaruhi rasa percaya diri anda. Perasaan minder akan orang lain yang lebih wangi, tentu akan merusak pergaulan anda dengan teman teman yang lain. Adanya gangguan ini terjadi di sebabkan karena adanya darah kotor atau gangguan hati dan jantung. Jangan khawatir, ramuan air gula aren dan kunyit mampu mengatasi semuanya

14. Meningkatkan Berat Badan

Berat badan ideal memang menjadi impian setiap wanita. Jika anda malah memiliki tubuh tinggi kurus, mata cekung, serta leher yang panjang memang kurang sedap di pandang mata. Untuk itu perlu upaya meningkatkan berat badan. Salah satunya dengan ramuan aren yang di campur dengan kelapa tua dan kunyit. Ramuan tersebut jika di minum di malam hari sebelum tidur cukup memberikan efek yang baik. Jangan lupa untuk makan bergizi dan teratur, tidur teratur serta menghindari stress.

Itulah beberapa manfaat dari tanaman aren. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan