Inilah 6 Manfaat Slow Deep Breathing Bagi Tubuh Secara Menyeluruh

Setiap orang memiliki hak dan kewajiban yang perlu dipahami terkait kondisi tubuhnya terutama dalam hal menjaga kesehatan. Kesehatan merupakan salah satu bentuk hal yang sangat berharga dan perlu dijaga selalu karena akan berpengaruh pada setiap aktivitas yang dijalani sehari hari oleh seseorang. Ada beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menjaga kondisi kesehatan dan menghindarkannya dari berbagai macam jenis penyakit berbahaya bagi tubuh.

Menderita penyakit tertentu dan mengalami gangguan pada kesehatan memang menjadi keadaan yang dapat terjadi pada setiap orang, termasuk mereka yang sudah melakukan berbagai usaha dalam menjaga kondisi kesehatannya dengan serius. Salah satu bentuk aktivitas yang perlu diperhatikan dalam kaitannya dengan kesehatan seseorang adalah pernafasan untuk dapat membantu mendapatkan manfaat oksigen bagi manusia. Banyak sekali metode pernafasan yang dilakukan dengan dampak positifnya bagi kesehatan yang salah satunya adalah slow deep breathing. Berikut beberapa manfaat slow deep breathing yang perlu diperhatikan dalam penjelasan di bawah ini.

1. Memberikan efek relaksasi pada tubuh

Manfaat pertama yang dapat diberikan dari salah satu teknik pernafasan ini adalah memberikan efek relaksasi pada tubuh. Slow deep breathing adalah merupakan proses teknik pernafasan yang dilakukan secara sadar dan teratur dengan proses nafas yang dalam dan lambat. Teknis pernafasan slow deep breathing perlu dipahami dengan baik terlebih dahulu dan harus dicoba untuk dilatih terus sebelum benar benar dapat melakukan teknik pernafasan tersebut dengan baik.

2. Menurunkan nyeri kepala akut

Sakit kepala merupakan bentuk permasalahan kesehatan yang dapat terjadi pada setiap orang dan tentunya harus diperhatikan dengan baik dan tidak boleh dianggap remeh. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit kepala terutama dalam bentuk nyeri kepala akut adalah dengan melakukan teknik pernafasan slow deep breathing. Manfaat slow deep breathing tersebut sangat efektif dalam membantu menurunkan nyeri kepala akut akibat cedera kepala dalam proses terapi analgesik yang lebih optimal dibandingkan dengan melakukan teknik pernafasan biasanya.

3. Meningkatkan suplai oksigen ke otak

Manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari pernafasan dalam dan lambat adalah membantu dalam meningkatkan suplai oksigen otak sehingga akan menjadikan kinerja otak lebih optimal dan kesehatannya terjaga. Manfaat atau dampak positif tersebut dapat diperoleh karena slow deep breathing dapat menyebabkan stimulus saraf simpatik dan menghambat saraf parasimpatik akan berdampak pada vasodilatasi pembuluh darah yang menuju ke otak sehingga mengakibatkan oksigen yang mengarah pada otak juga meningkat. Dampak positif ini sama halnya dengan manfaat latihan pernafasan tenaga dalam.

4. Membantu mengurangi stres

Stres merupakan salah satu kondisi yang dapat terjadi siapa saja baik pada wanita akibat adanya beban yang berat terhadap kondisi psikis. Stres menjadi salah satu penyebab terjadinya banyak penyakit dan tentunya tidak boleh dianggap remeh karena stres yang terjadi dalam kondisi parah dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi. Salah satu cara yang dapat membantu untuk mengontrol atau memiliki managemen stres yang baik adalah dengan melakukan teknik pernafasan slow deep breathing terutama ketika mengalami permasalahan hidup yang berat dan dapat menimbulkan kondisi stres. Dampak positif tersebut merupakan salah satu manfaat respirasi pada manusia.

5. Menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap normal

Selain beberapa manfaat yang disebutkan diatas, salah satu peran utama yang belakangan banyak diterapkan dari dampak positif slow deep breathing adalah menurunkan tekanan darah yang bermanfaat bagi para penderita penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hipertensi menjadi salah satu bentuk permasalahan pada pembuluh darah yang banyak diderita di masyarakat dan menjadi salah satu kondisi penyebab terjadinya berbagai macam bentuk komplikasi kronis yang dapat berdampak pada kematian.


Slow deep breathing dapat meningkatkan fluktuasi interval frekuensi pernapasan yang memberikan dampak pada  peningkatan efektifitas barorefleks dan mempengaruhi tekanan darah. Selain dari mekanisme tersebut, proses pernafasan lambat dan dalam atau slow deep breathing dapat memberikan pengaruh secara langsung terhadap saraf simpatis yang membantu menurunkan tekanan darah. Selain membantu menurunkan tekanan darah, teknik pernafasan slow deep breathing juga berperan dalam menjaga agar kondisi tekanan darah para penderita hipertensi dalam selalu dalam kondisi yang normal.

6. Manfaat lainnya

Ada manfaat lain yang juga dapat diperoleh dari teknik pernafasan slow deep breathing selain yang disebut dan dijelaskan dalam uraian diatas. Beberapa manfaat lainnya yang dimaksud tersebut adalah membantu dalam mengatasi permasalahan yang dapat terjadi pada pernafasan salah satunya sesak nafas, menurunkan kadar gula darah, dan membantu menurunkan berbagai macam kondisi permasalahan psikologis seperti kecemasan. Dampak positif yang dijelaskan tersebut tentu berbeda dengan manfaat menahan nafas.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat slow deep breathing yang sepertinya sangat bermanfaat bagi banyak kondisi. Manfaat dan dampak positif yang disebutkan diatas bisa jadi belum banyak diketahui dan dipraktekkan dalam membantu mengatasi berbagai macam permasalahan serius yang terjadi pada tubuh. Untuk bisa mendapakkan manfaat yang disebutkan diatas maka perlu adanya latihan terhadap proses slow deep breathing yang benar terlebih dahulu.

, ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan