X

25 Manfaat Sayur Asin Bercitarasa Lezat Kaya Nutrisi

Sayur asin adalah produk fermentasi dari sawi secara alami memakai air pekat yang diambil pada saat menanak nasi. Fermentasi ini terjadi dengan beberapa jenis bakteri asam laktat seperti leuconostoc mesenteroides, lactobacillus curvatus, pediococcus pentosaceus, lactobacillus confusus dan lactobacillus plantarum yang ada dalam proses fermentasi tersebut. Rasa dari sayuran asin ini tentunya adalah asin dan sedikit terasa pahit. Ada banyak kandungan bermanfaat dari sayur asin ini untuk tubuh seperti mengandung vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin E, vitamin C, serat, akroten, klorofil dan tentunya probiotik yang sangat baik untuk pencernaan. Berikut ini akan kami berikan penjelasan tentang manfaat sayur asin selengkapnya untuk anda.

  1. Mencegah Penyakit Alzheimer

Dalam sayur asin ini mengandung vitamin K yang sangat baik untuk mempertahankan kepadatan tulang lewat kegiatan osteotrofik dalam tubuh yang sangat dibutuhkan untuk penderita alzheimer supaya menjaga syaraf otak dari kerusakan. Sayuran asin ini menjadi salah satu olahan sayur yang sangat disarankan untuk penderita alzheimer sekaligus untuk menjaga syaraf otak agar tetap sehat.

  1. Pencegahan Osteoporosis

Penderita osteoporosis yang umumnya dialami orang lanjut usia terjadi karena menurunnya kandungan kalsium dan fosfor dalam tubuh sehingga timbul masalah pada tulang seperti pengeroposan tulang. Untuk mencegah osteoporosis ini, anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran asin secara teratur setidaknya 4 kali dalam seminggu.

  1. Mencegah Sel Kanker

Dalam sayuran asin yang memakai bahan dasar sawi ini juga mengandung klorofil yakni pemberi warna hijau daun yang mengandung sulfur. Manfaat klorofil atau zat hijau ini dikenal dengan sebutan glucosinolates yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti solusi kanker paru paru, kanker payudara, kanker otak dan juga kanker usus besar.

  1. Mengatasi Insomnia

Masyarakat ibukota saat ini yang padat dengan aktivitas seringkali mengalami insomnia atau kesulitan tidur karena aktivitas berlebihan tersebut. Mengkonsumsi sayuran asin menjadi pilihan tepat yang berguna untuk membantu pergerakan otot sekaligus meningkatkan kualitas tidur sehingga bisa mengatasi insomnia secara alami.

  1. Mengatasi Diabetes Mellitus

Asam alfa linoleat dan asam lemak omega 3 yang terkandung dalam sayuran asin sangat baik untuk mencegah penyakit diabetes mellitus yang sekaligus juga akan meningkatkan kinerja jantung jika makanan ini dikonsumsi dengan teratur.

  1. Mencegah Bayi Terlahir Cacat

Seorang wanita yang teratur mengkonsumsi sawi asin selama masa kehamilan juga akan meningkatkan kesehatan janin yang sedang dikandung. Tidak hanya mencegah bayi terlahir cacat, namun sayuran asin juga baik untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bayi saat masih dikandung.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dalam sayuran hijau juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menurunkan kolesterol tinggi. Mengkonsumsi sawi asin ini secara teratur sangat ampuh untuk menjaga kestabilan kolesterol dalam tubuh dengan cara menetralkan kadar kolesterol tersebut.

  1. Mencegah Kanker Kandung Kemih

Manfaat berikutnya dari sayur asin adalah langkah pencegahan kanker kandung kemih yang baik. Kanker ini merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya sehingga harus segera diatasi dengan baik.

  1. Sumber Antioksidan

Sayuran asin merupakan sumber antioksidan yang sangat tinggi seperti vitamin A dan vitamin C. Antioksidan ini akan membantu dalam mengatasi kerusakan sel dan juga DNA khususnya yang berhubungan dengan stres oksidatif. Manfaat antioksidan dalam sayur asin ini juga ampuh dalam menangkal radikal bebas, mengurangi peradangan dan melindungi sel sehat dalam tubuh.

  1. Detoksifikasi Hati dan Darah

Sayuran asin merupakan makanan pembersih hati terbaik karena mengandung klorofil yang akan mengeluarkan racun dalam tubuh secara lebih mudah. Selain itu, sayuran asin juga akan menetralkan logam berbahaya, zat kimia dan berbagai masalah lain dalam tubuh.

  1. Mengandung Phytonutrients

Phytonutriens merupakan bahan kimia alami yang biasanya ditemukan dalam sayuran. Kandungan senyawa kimia alami tersebut sangat dibutuhkan tanaman dari jamur, bakteri penyebab berbagai masalah pada dalam tubuh.

  1. Detoksifikasi Alami

Sayuran asin memiliki kadar antioksidan yang sangat tinggi sehingga bisa meningkatkan proses detoksifikasi dalam tubuh. Sayuran hijau yang kana akan phytonutrients ini juga akan membantu tubuh dalam beraktivitas dengan lebih baik. Selain sebagai detoksifikasi, sayuran asin juga akan menormalkan suhu tubuh dan membuang racun yang tersimpan di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Imunitas

Sayur asin juga merupakan makanan yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga bisa dikonsumsi pada saat sakit karena dalam makanan ini mengandung banyak mineral, protein dan antioksidan yang sangat beragam sehingga mendukung dalam penyembuhan penyakit sekaligus menangkal berbagai penyakit berbahaya masuk ke dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Penyerapan Gizi Makanan

Mengkonsumsi sayur asin yang mengandung bakteri baik ini akan membantu usus untuk meningkatkan proses penyerapan makanan lebih baik. Berbagai masalah pencernaan seperti sakit perut, susah buang air besar, solusi diare dan berbagai gangguan pencernaan lainnya akan dicegah dengan cara mengkonsumsi makanan ini secara teratur.

  1. Menyehatkan Dinding Usus

Dinding usus dalam tubuh manusia memiliki fungsi yang vital dan jika terjadi kebocoran dinding usus bisa menimbulkan masalah kesehatan dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk menjaga kesehatan dinding usus, maka mengkonsumsi makanan berfermentasi menjadi salah satu jalan terbaik seperti mengkonsumsi sayur asin.

  1. Mencegah Psoriasis

Psoriasis adalah salah satu gangguan autoimun kronis yang bisa dicegah hanya dengan mengkonsumsi sayur asin ini. Sayur asin sangat efektif untuk menyembuhkan radang serta lesi yang berhubungan dengan psoriasis sekaligus merangsang enzim baik seperti superoksida dismutase, katalase dan sebagainya yang berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan dalam penyakit ini.

  1. Meringankan Dermatitis

Sayuran ini juga memberi banyak manfaat terapeutik pada dermatitis kontak dimana mengkonsumsi sayuran ini akan membantu proses penyembuhan jaringan sekaligus mengurangi pembengkakan.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskular

Mengkonsumsi sayur asin juga menjadi alternatif makanan terbaik karena bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular seperti menurunkan aritmia jantung, menurunkan pembesaran ventrikel dan juga nyeri dada yang merupakan beberapa masalah pada jantung. Sifat kardioprotektif yang ada dalam sayur asin bersama beberapa vitamin serta mineral didalamnya akan memastikan kesehatan jantung tetap bisa terjaga dengan baik.

  1. Mengurangi Lendir Berlebih

Sayur asin juga baik dikonsumsi untuk membersihkan lendir berlebihan di saluran pernapasan sehingga bisa dikonsumsi oleh penderita sinus untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, kandungan dalam sayur asin juga akan mengurangi rasa sakit di tenggorokan seperti sensasi seperti terbakar yang diakibatkan karena infeksi saluran pernapasan.

  1. Mengurangi Rasa Sakit dan Kejang

Sayuran nikmat ini juga sangat baik dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit dan juga kejang karena sifat rubefacient dalam sayur asin. Sedangkan efek analgesik dalam sayur ini akan memberi kelegaan seperti nyeri pada tungkai, rematik dan juga nyeri otot. Dalam sayur ini juga mempunyai efek emetik yang akan melindungi tubuh dari racun, alkohol berlebih dan berbagai zat tidak penting di dalam tubuh lainnya.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Saat mengkonsumsi sayur asin, maka tidak hanya organ dalam tubuh saja yang semakin sehat, namun kecantikan kulit dan rambut juga semakin meningkat. Sayuran ini sangat baik dalam menstimulasi pertumbuhan rambut yang sehat sekaligus menjadi cara efektif untuk mengatasi jerawat sehingga menjadi salah satu makanan solusi kecantikan kulit terbaik.

  1. Mengatasi Gangguan Menopause

Sayur asin juga sudah terbukti bermanfaat dikonsumsi dalam fase menopause. Kandungan magnesium dan kalsium yang ada dalam sayur ini akan menjaga kesehatan tulang sehingga bisa terhindar dari pengeroposan tulang dan juga osteoporosis pada wanita menopause.

  1. Meringankan Asma

Dalam sayur asin juga mengandung vitamin C dan sifat anti inflamasi yang sangat baik untuk mengurangi serangan asma. Efek dari anti inflamasi dan vitamin K yang terkandung dalam sayur asin sekaligus akan menurunkan inflamasi yang terbawa dalam udara.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan dan Adrenalin

Sayur asin yang memiliki rasa kuat dan nikmat ini sangat baik dicampur bersama masakan lain agar bisa memaksimalkan rangsangan makanan sekaligus menyeimbangkan antara rasa dengan kenikmatan makanan sehingga menyantap makanan akan semakin terasa nikmat.

  1. Memperbaiki Fungsi Otak

Sayur asin juga merupakan jenis makanan yang mengandung omega 3 dan omega 6 yang sangat baik dalam memperbaiki fungsi otak. Dalam sayur asin juga mengandung potasium yang akan membantu otak untuk mendapatkan cukup makanan dengan membawa oksigen. Sedangkan kalium yang ada dalam sayur asin bertugas untuk mengirim neurotansmitter pada otak yang kemudian akan dilanjutkan dengan mengirim sinyal menuju saraf. Oleh karena itu, sayur asin juga disarankan dikonsumsi oleh anak anak dalam masa pertumbuhan untuk meningkatkan kecerdasan otak anak.

  1. Mencegah Anemia

Manfaat berikutnya dari sayur asin adalah untuk pencegahan terhadap anemia. Zat besi yang ada dalam sayur ini sangat dibutuhkan darah untuk menghasilkan hemoglobin dan sel darah merah. Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi sangat disarankan bagi penderita anemia yang salah satunya bisa ditemukan pada sayur asin ini.

Manfaat sayur asin untuk tubuh sangatlah banyak dan baik dikonsumsi semua orang mulai dari anak anak, orang dewasa, ibu hamil sampai lanjut usia. Sayur asin yang terasa segar ini bisa anda buat sendiri atau dibeli dalam kemasan kedap udara dan bisa tahan dalam lemari es hingga beberapa hari. Sedangkan untuk penyajian bisa meniriskan atau membilas sayur asin terlebih dahulu untuk mengurangi rasa asin dalam makanan ini.

Categories: Sayuran
Tags: manfaat sayuran asinsayuran fermentasisayuran hijau