13 Manfaat Daun Jarak Pagar Untuk Penyakit – Rambut – Kulit

Manfaat Daun Jarak PagarJarak pagar yang dalam bahasa Latin disebut dengan Jatropha curcas L euphorbiaceae adalah tanaman semak berkayu yang lebih sering ditemukan pada daerah tropis. Tanaman jarak pagar ini bisa tumbuh dengan subur pada lahan yang kering dan bisa dibudidayakan dengan cara stek dan beberapa bagian dari tanaman ini bisa digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit seperti bagian biji yang diekstrak menjadi minyak, akar dan juga daun jarak pagar. Tidak hanya bagian biji yang sering diolah menjadi minyak dan bahkan bahan bakar mesin diesel, namun bagian daunnya juga bisa digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Jarak pagar, jarak kosta, kalekhe paghar, kadoto, lulang dan sebutan lainnya ini mengandung vitamin C, astragalin, kaemferol, ricine, reynoutrin, rutin, nicotiflorin, isoqueritrin dan juga kaemferol 3 rutinosida yang semuanya bisa digunakan untuk tubuh. Berikut akan kami berikan ulasan lengkap tentang manfaat daun jarak pagar yang bisa anda gunakan.

  1. Mengatasi Masalah Kulit

Daun jarak pagar bisa digunakan untuk solusi kecantikan kulit karena kemampuannya dalam menyembuhkan gatal, borok, koreng dan juga jamur serta beberapa masalah kulit lainnya. Untuk menggunakan daun jarak ini bisa langsung menempelkan daun pada area kulit yang bermasalah atau direbus dan digunakan untuk baluran kulit.

  1. Menghentikan Luka Pendarahan

Khasiat berikutnya dari daun jarak pagar adalah untuk mengobati luka dan menghentikan pendarahan sekaligus mempercepat proses penyembuhan luka terbuka tersebut. Untuk cara penggunaannya juga sama seperti mengatasi masalah kulit yakni dengan menggunakan daun jarak sebagai baluran pada luka. Lakukan dengan teratur atau setidaknya sampai pendarahan pada luka bisa berhenti.

  1. Menyembuhkan Batuk dan Mengencerkan Dahak

Kegunaan daun jarak pagar selanjutnya bisa digunakan sebagai solusi batuk sekaligus mengencerkan dahak agar lebih mudah untuk dikeluarkan. Untuk cara menggunakannya adalah merebus daun beserta akar jarak dengan 7 gelas air hingga mendidih dan minum air rebusan tersebut sebanyak 2 kali sehari yakni pagi dan sore hari.

  1. Menyembuhkan Rematik

Kandungan asam oleat, asam ricinoleic, asam linoleat dan berbagai jenis asam lemak lainnya sangat baik digunakan untuk mengatasi encok atau rematik. Untuk hasil yang maksimal, lumatan daun jarak ini bisa dicampurkan dengan minyak esensial dan diaplikasikan secara rutin pada area yang mengalami rematik sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

  1. Meredakan Nyeri Menstruasi

Wanita seringkali mengeluhkan sakit perut dan juga kram saat menstruasi bahkan juga bisa mengalami masalah lain seperti menstruasi yang terhambat atau tertunda. Bahkan, pendarahan terlalu berlebihan saat menstruasi juga bisa menyebabkan wanita seringkali mengalami anemia dan depresi. Sifat emenagogue asam ricinoleic dalam daun jarak pagar ini bisa membuka aliran menstruasi sehingga lebih lancar sekaligus meminimalisir rasa sakit yang ditimbulkan.


  1. Mengontrol Kelahiran

Komponen sejenis racun bernama ricin yang merupakan jenis protein ini dikatakan para pakar kesehatan bisa dipakai untuk mengontrol kelahiran namun dengan dosis pemakaian yang kecil. Zat tersebut sangat efektif untuk membunuh kuman sehingga juga sering digunakan dalam lotion, gel atau krim spermisidal meski pemakaian khususnya untuk wanita hamil sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan keguguran.

  1. Merangsang Proses Laktasi

Baik dalam daun ataupun minyak jarak pagar memiliki sifat emenagogue dan juga sifat galactagogue sehingga bisa merangsang sekresi susu, memperbanyak aliran susu dan juga kuantitas ASI. Asam lemak dalam daun ini juga akan memastikan jika pasokan ASI selama menyusui tercukupi untuk bayi. Untuk cara penggunaanya cukup mudah yakni dengan menempelkan daun jarak pagar yang sudah dihangatkan pada payudara secara teratur.

  1. Melembabkan Kulit

Daun jarak pagar juga mengandung pelembab tinggi seperti asam lemak yang bisa menembus hingga ke lapisan kulit terdalam. Untuk itulah daun jarak pagar juga bisa dijadikan solusi kecantikan kulit seperti mengatasi kulit kering dan mengatasi kulit dehidrasi sekaligus mengangkat sel sel kulit mati. Anda bisa menghaluskan beberapa lembar daun jarak dan tambahkan dengan minyak sayur untuk dihaluskan secara teratur pada kulit.

  1. Menyembuhkan Memar dan Luka

Kegunaan lain dari daun jarak pagar juga bisa digunakan untuk menyembuhkan luka serta memar sekaligus mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari luka dan memar tersebut. Cara penggunaannya cukup mudah yakni dengan mengaplikasikan daun jarak pagar yang sudah dihaluskan pada area kulit yang sakit dan diganti secara berkala hingga menunjukkan hasil.

  1. Menyuburkan Rambut

Bagi anda yang memiliki masalah seperti rambut tipis, kerontokan dan juga kebotakan juga bisa menggunakan daun jarak pagar ini untuk menyuburkan rambut karena dalam daun ini juga mengandung asam lemak omega 6 yang bisa meningkatkan pertumbuhan rambut. Air perasan daun ini bisa dihangatkan kemudian dioleskan pada kulit kepala untuk menstimulasi peredaran darah sekaligus membuka pori pori folikel rambut sehingga bisa menutrisi rambut dari mulai akar hingga ujung rambut. Setelah itu, bungkus dengan shower cap dan diamkan selama semalam dan baru dibilas bersih keesokan paginya.

  1. Sebagai Anti Mkiroba

Selain minyak jarak, daun jarak pagar juga memiliki sifat anti mikroba dan sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengatasi segala infeksi yang disebabkan oleh jamur dan juga mempercepat proses penyembuhan luka ringan pada kulit. Untuk itu, daun jarak pagar ini bisa digunakan untuk mengurangi rasa gatal dan juga nyeri pada kulit.

  1. Memperbesar Alat Vital Pria

Masyarakat Indonesia sudah sejak lama memanfaatkan daun jarak ini sebagai cara membesarkan alat vital pria secara alami. Beberapa kandungan yang ada dalam daun jarak ini dipercaya ampuh untuk melancarkan aliran darah di sekitar alat kelamin pria sehingga akhirnya ukuran dari alat vital tersebut juga terlihat semakin besar.

  • Siapkan daun jarak pagar beserta bagian akarnya, 10 lembar daun jeruk purut, 1 jeruk nipis dan minyak zaitun secukupnya.
  • Cuci bersih daun jarak pagar dan daun jeruk purut laly haluskan dan campur dengan perasan air jeruk nipis dan aduk rata.
  • Sebelum dioleskan, disarankan untuk memijat alat vital memakai minyak zaitun hingga terasa hangat agar hasilnya lebih maksimal.
  • Lakukan cara ini dengan teratur agar hasil yang didapat juga maksimal.
  1. Mengatasi Masuk Angin

Masuk angin tidak hanya sering dialami orang dewasa namun juga sering dialami bayi sehingga sering rewel dan istirahatnya terganggu. Untuk mengatasi masuk angin ini, anda bisa memanfaatkan daun jarak pagar yang sudah diolesi dengan sedikit minyak kayu putih kemudian tempelkan daun jarak pagar tersebut di beberapa bagian tubuh seperti perut, dada dan juga punggung.

Ada begitu banyak manfaat daun jarak pagar yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh baik luar maupun dalam bahkan juga sangat baik digunakan pada rambut karena beberapa kandungan yang ada dalam daun tersebut. Semoga ulasan ini bisa bermanfaat dan menambah informasi anda seputar pengobatan tradisional.

, ,
Oleh :
Kategori : Solusi Kesehatan