7 Manfaat Petai Untuk Kolesterol Tinggi Sekaligus Makanan Sehat

Manfaat pete yang memiliki bau menyengat ini sangat sering dikonsumsi orang Indonesia sebagai lalapan dan campuran makanan lainnya yang bagi sebagian orang sangat nikmat meskipun bau yang timbulkan cukup tajam. Namun ternyata, petai ini juga memiliki banyak kegunaan bagi tubuh khususnya untuk kolesterol. Dalam petai mengandung nutrisi dan senyawa kimia seperti protein, kalsium, karbohidrat, lemak, vitamin C, thiamin, vitamin E dan beberapa senyawa kimia seperti squalene, B sitosterol, stigmasterol, lupeol, campesterol dan masih banyak lagi kandungan vitamin dan mineral lainnya. Dari semua kandungan tersebut, tentu sangat banyak kegunaan petai bagi tubuh khususnya manfaat petai untuk kolesterol yang akan kami ulas berikut ini.

  1. Memberikan Efek Antioksidan

Sumber antioksidan dalam petai sangat berguna bagi tubuh untuk melawan stres oksidatif yang sangat buruk efeknya untuk tubuh seperti menghambat manfaat detoksifikasi dalam tubuh sehingga berjalan tidak sempurna. Kondisi abnormal ini nantinya akan menyebabkan darah tinggi, kanker, kolesterol, hiperbilirubinemia, aterosklerosis diabetes dan masih banyak lagi yang lain.

  1. Memiliki Kandungan Niasin

Kandungan niasin yakni vitamin B dalam petai sangat penting untuk menurunkan kolesterol jahat atau LDL namun meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL sekaligus menurunkan kadar trigliserida. Untuk itu, mengkonsumsi makanan yang tinggi akan niasin seperti petai ini sangat disarankan khususnya bagi seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi dalam tubuh.

  1. Mengurangi Pengerasan Arteri

Dalam petai juga mengandung likopen yang merupakan karotenoid untuk menurunkan kadar kolesterol sekaligus mengurangi pengerasan arteri. Meskipun kandungannya jauh lebih sedikit dibandingkan tomat, semangka atau jeruk, namun kandungan likopen dalam petai ini sudah cukup ampuh untuk mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh sehingga ketebalan dinding arteri juga bisa dikurangi sekaligus memberi efek positif pada kelenjar prostat.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Dalam petai juga mengandung vitamin C atau asam askorbat yang cukup tinggi dan vitamin ini terkenal dengan antioksidan kuat yang bisa melindungi tubuh dari radikal bebas yang diproduksi tubuh khususnya saat melakukan kegiatan berolahraga. Efek radikal bebas ini sangat berpengaruh buruk pada kesehatan termasuk meningkatkan kolesterol jahat bahkan solusi kanker. Sehingga, dengan mengkonsumsi petai secara teratur, akan sangat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat namun meningkatkan kadar kolesterol baik yang terbilang cukup efektif.

  1. Mengandung Vitamin B3

Niasin atau asam nikotinat atau vitamin B3 juga menjadi salah satu jenis vitamin yang memiliki sifat untuk menurunkan kadar kolesterol dan juga terkandung dalam petai. Vitamin ini adalah vitamin yang larut pada air sehingga sangat bermanfaat untuk tubuh khususnya dalam mengubah manfaat karbohidrat menjadi sumber energi sekaligus menjaga sistem saraf, sistem pencernaan, mata dan juga kulit agar lebih sehat. Niasin yang terkandung dalam petai bisa menurunkan kadar kolesterol hingga mencapai 15% dan juga trigliserida mencapai 20% sekaligus meningkatkan kolesterol baik hingga 15%.


  1. Mengikat Kolesterol dan Asam Empedu

Manfaat kalsium yang terkandung dalam petai juga memiliki sifat untuk menurunkan kolesterol, meski mekanisme kerja kalsium belum diketahui secara pasti, namun kalsium dipercaya bisa mengikat kolesterol dan asam empedu dengan cara kerja yang serupa dengan manfaat serat. Dengan cara mengikat kolesterol secara signifikan dalam usus, maka kolesterol yang diserap dalam tubuh akan jauh berkurang dan nantinya akan dibuang bersama dengan tinja.

  1. Mencegah Penyakit Arteri Perifer

Penyakit arteri perifer ini bisa terjadi pada saat plak kolesterol menumpuk pada dinding arteri yang akan menyumbat aliran darah di arteri sehingga pasokan darah ke organ ginjal, lengan, kaki dan perut akan terhambat. Mengkonsumsi petai yang mengandung banyak vitamin, mineral dan senyawa penting ini sangat disarankan untuk mengikis penumpukan plak kolesterol pada dinding arteri secara aman tanpa menimbulkan efek samping seperti untuk mengurangi rasa sakit.

Meskipun petai memiliki aroma kuat yang terkadang mengganggu ini, ternyata ada banyak manfaat petai untuk kolesterol yang mungkin beberapa diantaranya belum diketahui. Selain bisa dikonsumsi secara mentah, petai ini bisa diolah menjadi masakan lezat seperti dibakar atau dicampur dengan lauk lain menjadi makanan menggugah selera sekaligus berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan