6 Manfaat Pepaya Muda Bagi Kesehatan Tubuh

Buah pepaya merupakan buah yang dikenal memiliki manfaat yang besar untuk melancarkan sistem pencernaan. Buah pepaya yang sudah masak, atau sudah matang banyak disukai karena warnanya yang kuning menarik dan rasanya yang manis. Namun, bagaimana dengan buah pepaya yang masih muda? Selain buah pepaya yang sudah matang, buah pepaya yang masih muda pun sebenarnya dapat dimanfaatkan. Beberapa orang mengolah pepaya muda untuk dimasak bersama dengan santan, atau biasa dijadikan sayur atau tumis. Meskipun sama-sama buah pepaya, akan tetapi, kandungan dalam buah pepaya yang sudah matang dan buah pepaya yang masih muda memiliki beberapa perbedaan dan manfaat untuk kesehatan.

artikel terkait:

Kandungan Dalam Pepaya Muda

Buah pepaya yang masih muda, dipercaya memiliki nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan buah pepaya yang sudah matang. Meskipun cara mengkonsumsi buah pepaya yang sudah matang lebih mudah, namun, buah pepaya yang masih muda diketahui memiliki keunggulan tersendiri. Beberapa keunggulan nutrisi dalam buah pepaya muda diantaranya :

  1. Kandungan nutrisi dalam buah pepaya muda lebih banyak.
  2. Memiliki kandungan enzim papain dua kali lipat dibandingkan dengan buah pepaya yang sudah matang.

Selain keunggulan nutrisinya dibandingkan dengan pepaya yang sudah matang, pepaya muda memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan vitamin dan mineral dalam pepaya muda diantaranya yakni, Vitamin, A, Vitamin B, Vitamin C, Vitamin E, magnesium, dan potasium. Selain vitamin dan mineral, pepaya muda juga memiliki kandungan enzim papain, fitonutrien, dan chymopapain.

Selain vitamin, mineral dan enzim, pepaya muda memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap untuk memenuhi kebuthan nutrisi dalam tubuh, seperti energi, protein, kalsium, fosfor dan zat besi yang terkandung di dalamnya. Meskipun tidak populer seperti pepaya yang sudah matang, pepaya muda memiliki banyak manfaat yang mungkin lebih dari pepaya yang sudah matang.

artikel terkait: manfaat daun pepaya untuk kolesterolmanfaat buah pepaya untuk diet

Manfaat Pepaya Muda Untuk Kesehatan

Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari mengkonsumsi, atau yang ada di dalam pepaya muda diantaranya yakni :

  1. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh.

Dibandingkan dengan buah pepaya yang sudah matang, pepaya muda memiliki manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Pepaya muda memiliki kandungan vitamin yang sangat bervariasi, yakni vitamin A, B, C dan E. Kandungan vitamin dalam buah pepaya muda inilah yang memiliki peran menjaga sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem imun yang terjaga, maka tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit yang menyerang, seperti batuk, pilek dan infeksi atau radang. Secara tidak langsung, pepaya muda dapat mengatasi flu dan infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri yang menyerang tubuh.

artikel terkait: manfaat getah pepaya

  1. Meningkatkan Produksi ASI.

Mengkonsumsi pepaya muda tidak baik untuk ibu hamil karena memiliki getah yang bersifat panas dan dapat mengakibatkan keguguran. Namun, bagi ibu yang sedang menyusui, pepaya muda malah dapat memberikan manfaat yang baik, terutama bagi ibu yang memiliki masalah dalam produksi ASI. Pepaya muda dapat meningkatkan produksi ASI. Mengkonsumsi pepaya muda dapat dijadikan salah satu solusi ibu menyusui apabila produksi ASI sang ibu mengalami penurunan atau tidak keluar.

artikel terkait: manfaat jamu daun pepaya

  1. Menjaga Saluran Pencernaan.

Memiliki saluran pencernaan yang sehat merupakan salah satu unsur yang penting, karena setiap makanan yang masuk dalam tubuh akan dicerna oleh sistem pencernaan sebelum sari makanan diserap oleh usus dan didistribusikan pada seluruh bagian tubuh. Menjaga kesehatan saluran pencernaan dapat dilakukan dengan mengkonsumsi pepaya muda. Kandungan enzim papain dan chymopapain dalam pepaya muda memiliki peran untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan membentuk, atau memproduksi gas dalam perut.hal tersebut dapat membuat saluran pencernaan menjadi lancar dan terhindar dari masalah pencernaan seperti kembung, sembelit dan beberapa masalah kesehatan pencernaan lainnya.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk asam lambung

  1. Menyembuhkan Konstipasi.

Konstipasi merupakan penyakit yang disebabkan karena penderita mengalami kesulitan dalam buang air besar, tidak tuntas, atau tidak dapat buang air besar sama sekali. Seseorang dapat dikatakan menderita konstipasi apabila buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu. Konstipasi dapat diatasi dengan pepaya muda karena pepaya muda memiliki kandungan papain yang lebih banyak dibandingkan dengan pepaya yang sudah matang. Sehingga pepaya muda akan lebih berkhasiat untuk mengatasi atau menyembuhkan konstipasi yang dialami oleh penderitanya.

artikel terkait: manfaat pepaya untuk diet

  1. Menghindari Serangan Infeksi Saluran Kemih.

Infeksi saluran kemih adalah salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun. Penyakit ini ditimbulkan karena adanya infeksi pada organ tubuh yang termasuk pada saluran kemih, diantaranya ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Infeksi saluran kemih ini dapat menyebabkan proses penyaringan urin pada ginjal terganggu dan beberapa proses selanjutnya. Infeksi saluran kemih dapat disebabkan salah satunya oleh bakteri yang ada pada saluran kemih. Mengatasi infeksi saluran kemih menggunaan pepaya muda dirasa sangat efektif, karena pepaya muda mampu mencegah berkumpul dan berkembangnya bakteri yang terkumpul pada saluran kemih. Hal ini dapat mengkindarkan dari adanya infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri.

artikel terkait: manfaat sabun BDL pepaya

  1. Menjaga Kesehatan Dan Kebersihan Usus.

Selain menjaga kesehatan pada saluran pencernaan dan saluran kemih, pepaya muda memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan usus. Pepaya muda memiliki kandungan nutrisi yang beragam, serta mineral, yang mampu mengeluarkan dan membersihkan zat beracun dan kotoran yang tidak perlu diserap oleh usus. Sehingga usus akan lebih bersih dan penyerapan makanan yang terjadi dalam usus akan lebih sehat karena tidak terdapat kandungan racun dan kotoran yang tercampur di dalamnya.

artikel terkait: manfaat rebusan daun pepaya

Selain keenam manfaat tersebut, pepaya muda di daerah Peru dan Papua digunakan sebagai alat kontrasepsi alami. Hal ini disebabkan karena kandungan dalam pepaya muda tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil dan dapat mengakibatkan keguguran. Jadi, bagi Anda calon ibu yang sedang hamil, hindari mengkonsumsi pepaya muda karena tidak baik untuk janin, meskipun pepaya muda sangat banyak. Ibu hamil dapat mengkonsumsi pepaya muda kembali, ketika sang buah hati sudah lahir dan bermanfaat untuk peningkatan produksi ASI.

Meskipun manfaat pepaya muda belum banyak diketahui oleh banyak orang, namun sudah banyak orang mengkonsumsi pepaya muda meskipun tidak sepopuler pepaya yang masak. Berbagai olahan masakan pepaya muda dapat dijadikan santapan setiap harinya. Hanya saja, perlu diperhatikan dampaknya, terlebih bagi ibu hamil.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 03rd, December 2016 / 01:41 Oleh :
Kategori : Buah Buahan