9 Manfaat Pensiun Bagi Perusahaan dan Karyawan

Pensiun merupakan suatu masa di mana seseorang berhenti bekerja karena batas usianya, pensiun juga dapat dilakukan sebelum batas usia pensiun yang disebut dengan pensiun dini. Pensiun memeliki beberapa jenis yaitu

  • Pensiun Normal,  Jenis pensiun yang harus berhenti bekerja ketika memasuki usia 55 hingga 60 tahun.
  • Pensiun Dipercepat, pensiun yang biasa dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi karyawan.
  • Pensiun Ditunda, pensiun yang diajukan pekerja sebelum masa pensiun akan tetapi manfaat dana pensiun baru diberikan ketika telah masuk pada masa pensiun normal.
  • Pensiun Cacat, pensiun yang diberikan ketika mengalami cacat dan dinyatakan tidak dapat bekerja seperti semula.

Pensiun memiliki banyak manfaat bagi para pekerja, berikut daftar manfaat pensiun yang akan didapatkan ketika pekerja sudah mulai memasuki usia pensiun.

  1. Mendapat Dana Pensiun

Manfaat pertama yang di dapatkan oleh pekerja yang telah memasuki masa pensiun yaitu mendapatkan dana pensiun. Dana pensiun umunya merupakan potongan gaji dari pekerja yang dikelola oleh suatu badan penyedia layanan dana pensiun, serta dikeluarkan secara berkala ketika penerima dalam hal ini adalah pekerja akan menerima setelah dinyatakan pensiun dan berhenti dari pekerjaan. Adapun manfaat adanya dana pensiun bagi beberapa pihak selain yaitu

Bagi pekerjaBagi perusahaanBagi Penyedia Jasa
Modal investasiPensiun sebagai penghargaan bagi pekerjaMenghasilkan keuntungan
Kepastian mendapatkan penghasilan walau sudah tidak bekerjamemberikan rasa aman dan jaminan kepada pekerjamembantu menyelenggarakan program pemerintah
Memberi rasa semangat dalam bekerjaMeningkatkan image perusahaan di mata masyarakat

      2. Full Time untuk keluarga

Manfaat pensiun selanjutnya yaitu memiliki waktu untuk keluarga. Jika sewaktu bekerja dulu sebagian besar waktu dihabiskan untuk bekerja bahkan waktu bersama keluarga tersita. Hal ini berbeda apabila telah pensiun. Pekerja yang pensiun dan tidak memiliki pekerjaan lain akan lebih banyak berada di rumah dan bersama keluarga sepanjang waktu sebab rata – rata para pensiunan normal sudah memasuki usia senja yang akan lebih baik berada dirumah dan beristirahat serta melakukan kegiatan ringan seperti menata rumah atau berolahraga dan melakukan kegiatan bersama anak cucu.

      3. Mengembangkan Hobi

Hobi yang tak sempat dilakukan karena sibuk bekerja dapat dilakukan saat pensiun. Setiap orang memiliki hobi yang selalu ingin dilakukan. Bisa menjalani hobi dan senang dengan apa yang dilakukan menjadi nilai kebahagiaan tersendiri. Akan tetapi tidak semua orang dapat melakukan hobinya hal ini disebabkan karena alasan pekerjaan dimana lebih sering menghabiskan waktu dengan tugas – tugas dari perusahaan.

Ketika seorang pekerja pensiun Ia dapat melakukan hobi yang disenangi contoh memiliki hobi untuk memancing, bila bekerja kegiatan memancing hanya bisa dilakukan ketika hari libur minggu akan tetapi ketika pensiun bisa kapan saja pergi memancing. Manfaat hobi memancing tidak hanya mengisi waktu namun anda juga bisa mendapatkan ikan untuk dimasak dirumah.

        4. Berlibur

Manfaat pensiun selanjutnya yaitu berlibur. Seseorang yang telah pensiun memiliki waktu luang yang panjang sehingga kegiatan berlibur sangat mungkin dilakukan bersama keluarga besar. Pensiun membuat liburan impian bisa diwujudkan. Apabila sebelum pensiun rencana liburan bersama keluarga sering gagal dilakukan maka saat pensiunlah anda mulai travelling. Jika usia sudah tidak muda lagi, jiwa anda masih muda untuk sekedar berjalan jalan ditepi pantai merasakan angin sepoi-sepoi serta deburan ombak, atau sekedar wisata icip – icip kuliner yang belum pernah dicoba.


      5. Sukarelawan

Ingin berguna bagi orang lain atau memiliki keinginan untuk membantu sesama dengan melakukan apa yang kita bisa, masa pensiun anda akan memiliki makna dan manfaat luar biasa apabila anda bisa menjadi seorang sukarelawan. Manfaat dari kegiatan pensiun adalah dapat membuat anda memiliki kesempatan untuk melakukan hal – hal baru yang anda inginkan, contohnya menjadi sukarelawan. Menjadi sukarelawan untuk kegiatan tertentu akan membuat anda menjadi orang yang bermanfaat bagi sesama, jika anda tidak bisa pergi membantu ke suatu tempat kegiatan anda masih bisa menjadi sukarelawan donor darah. Menjadi sukarelawan donor darah anda hanya perlu datang mendonorkan darah setiap 3 bulan sekali. Saat menjadi sukarelawan donor darah rutin anda tidak perlu cemas dengan kondisi kesehatan sebab akan dilakukan tes terhadal kondisi tubuh saat itu, selain sebagai syarat untuk anda mendonor  hal tersebut memiliki manfaat bagi anda untuk cek kesehatan gratis.

    6. Membuka Usaha

Manfaat pensiun selanjutnya yaitu membuka usaha sendiri. Terkadang seorang pekerja sebelum memasuki masa pensiun akan membuka suatu usaha sampingan sehingga saat telah pensiun akan menjalankan usaha yang telah dibuka selanjutnya. Pada masa pensiun merupakan masa yang baik untuk membuka usaha dan menjadi boss dari usaha sendiri. Banyaknya waktu luang yang dimiliki sangat efektif untuk berbisnis. Apabila tidak bisa membangun bisnis yang besar cukup bangun bisnis yang sesuai dengan minat anda sesuai dengan modal yang di miliki dan tentunya membuat anda selalu produktif meski sudah dalam usia senja. Manfaat membuka usaha  tidak hanya anda rasakan sendiri akan tetapi lingkungan juga merasakan berkurangnya pengangguran yang terserap sebagai tenaga kerja.

   7. Bergabung dengan Organisasi

Bergabung dengan sebuah organisasi latihlah jiwa kepemimpinan yang telah anda bangun sebelumnya. Masa pensiun bukan berarti anda harus meredupkan semangat justru dengan masa pensiun anda bisa mendapatkan manfaat waktu untuk dapat bergabung dalam sebuah organisasi, baik organisasi di kepemimpinan di kampung, organisasi keagamaan maupun organisasi politik. Tak sedikit orang yang bergabung dalam Organisasi politik maupun non politik di usia yang tak lagi muda. Tidak akan ada yang menyalahkan seorang pensiunan masuk dalam suatu organisasi, selagi itu baik ikutilah. Manfaat Organsiasi sangat baik untuk menyalurkan pengalaman anda.


   8. Bersantai

Sudah sangat jelas bahwa masa pensiun memiliki manfaat yang membuat anda memiliki waktu santai yang sangat banyak, jika kesibukan bekerja anda dulu sering menyiksa dan kerap kali membuat anda mengeluh karena lebih banyak bekerja daripada istirahat maka waktu pensiunlah anda bisa merasakan hawa segar bersantai. Pensiun akan membuat anda bersantai dirumah dengan keluarga.

    9. Investasi

Investasi saat pensiun siapa takut. Saat pensiun anda akan menerima dana pensiun yang pembayarannya dapat diambil bulanan maupun diambil langsung sejumlah hak yang harus diterima tergantung oleh penyedia jasa dana pensiun. Adanya dana pensiun ini dapat dimanfaatkan untuk investasi, bila anda hidup dengan kelaurga anak yang setia merawat anda saat pensiun maka dana tesebut akan lebih baik dimanfaatkan sebagai investasi yang membuat dana tidak hanya diam dan berkurang namun bisa bertambah seiring waktu, hal ini bisa dilakukan untuk tujuan sebagai jaga – jaga apabila jatuh sakit dimasa anda telah pensiun. Investasi memiliki banyak macam anda bisa mempersiapkan investasi jauh jauh hari sebelum anda benar- benar di nyatakan pensiun maupun baru memulai investasi sesudah menerima dana pensiun

Secara umum dari beberapa manfaat diatas dapat disimpulkan bahwa dengan pensiun dan tidak bekerja lagi bukan menjadi alasan untuk anda tidak bisa produktif. Lakukanlah hal – hal baru yang belum bisa anda lakukan sealam bekerja saat pensiun.

, , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Sosial
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.