7 Manfaat Mie Ayam Bagi Kesehatan Tubuh

Mie ayam merupakan salah satu hidangan kuliner yang sangat umum di Indonesia. Sajian ini biasanya terdiri dari mie kuning dengan tambahan sayuran dan daging ayam serta jamur yang dipotong-potong dalam bentuk dadu dan telah dibumbui dengan aneka jenis rempah-rempah. Pelengkap lain dalam sajian ini adalah kaldu ayam, sauce tomat, kecap, dan juga sambal. Salah satu hidangan populer masyarakat Cina ini banyak kita jumpai di berbagai rumah makan maupun di penjual-penjual pinggir jalan dengan harga yang relatif terjangkau oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.

Mie ayam menjadi salah satu kuliner yang sangat digemari oleh berbagai kalangan. Cita rasa yang khas dan lezat menjadikan mie ayam sebagai salah satu jajanan yang laris manis di pasaran. Dari anak-anak hingga orang tua sangat menyukai makanan ini. Apalagi jika dikonsumsi dalam keadaan yang masih panas.

Kandungan Nutrisi

Dari penjelasan di atas kita bisa tahu bahwa mie ayam merupakan salah satu jenis kuliner yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, ada mie, sayuran hijau, jamur, dan juga ayam. Adapun kandungan nutrisi yang terdapat dalam semangkuk mie ayam antara lain adalah :

manfaat mie ayam

  • Kalori = 421 kal (21.05 %)
  • Lemak = 18,74 gram (29%)
  • Kolesterol = 105 mg (35%)
  • Sodium = 36 mg (2%)
  • Potasium = 143 mg (4%)
  • Karbohidrat = 46.21 gram (15%)
  • Protein = 16.7 gram (33%)
  • Vitamin A = 2%
  • Vitamin C = 2%
  • Kalsium = 2%
  • Zat Besi = 12%

Adapun manfaat mie ayam dalam komposisi yang biasa disajikan, antara lain adalah :

1. Mie kuning basah – Mie sebagai komposisi utama dalam hidangan ini biasanya berasal manfaat gandum yang dijadikan tepung, kemudian mengalami beberapa tahap pemrosesan sehingga terbentuk tekstur mie basah yang siap dipakai. Kadar air di dalam mie kuning basah ini  bisa mencapai hingga 52%. Hal inilah yang menjadikan mie ini memiliki daya simpan yang relatif singkat, yaitu +/- 40 jam pada suhu kamar. Di Indonesia, mie ini sering disebut dengan mie kuning atau mie bakso, dimana didalamnya terkandung sejumlah besar kalori.

2. Sayuran hijau – Ciri khas lain dari sajian mie ayam adalah dengan adanya jenis sayuran hijau seperti manfaat sawi maupun maupun selada yang biasa digunakan sebagai pelengkap sajian. Kandungan nutrisi dalam sayuran ini tak perlu diragukan lagi. Di dalamnya terdapat berbagai jenis vitamin seperti vitamin A dan manfaat vitamin C. Selain itu, juga terdapat kandungan nutrisi lain seperti manfaat protein dan juga mineral penting.

3. Daging Ayam – Namanya juga mie ayam, jika tak ada unsur daging ayam di dalamnya tidaklah bisa disebut sebagai mie ayam. Manfaat daging ayam yang di gunakan dalam sajian ini biasanya dipotong atau diiris-iris dalam bentuk dadu, lalu diolah dengan menggunakan berbagai macam jenis rempah-rempah seperti ketumbar, merica, daun salam, dan beberapa rempah lainnya. Selain itu, dalam olahan daging tersebut juga bisa ditambahkan manfaat jamur yang memiliki tekstur kenyal.

4. Bahan tambahan – Bahan tambahan dalam setiap sajian mie ayam antara lain adalah sauce tomat, kecap, sambal, maupun kaldu ayam.

Selain pada komposisinya, secara umum mie ayam merupakan menu makanan yang bai bagi tubuh, berikut ini diantaranya :

1. Sebagai sumber energi

Mie ayam merupakan salah satu makanan yang mengandung manfaat karbohidrat dalam jumlah yang cukup besar. Dalam setiap mangkuknya, terdapat +/- 421 kalori atau menyediakan sekitar 21.05% dari nilai asupan yang direkomendasikan. Hal ini akan sangat membantu dalam proses mendapatkan sumber energi bagi tubuh untuk melakukan berbagai macam aktivitas.

2. Membantu memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh

Komposisi lain yang terdapat dalam semangkuk mie ayam adalah sayuran hijau seperti sawi maupun selada yang didalamnya terkandung berbagai macam nutrisi seperti manfaat vitamin C, asam alfa-linoleat, manfaat omega 3, manfaat vitamin A, serta manfaat kalsium. Hal ini tentu saja dapat membantu menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh. Jadi tak hanya kalori yang bisa kita dapatkan dari manfaat mie ayam, tapi juga nutrisi lainnya.

3. Dapat membuat perut kenyang

Saat rasa lapar melanda, konsumsi mie ayam bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk dapat mengusir rasa tersebut. Kandungan karbohidrat yang relatif tinggi dalam mie ayam dapat memuat perut terasa kenyang selama beberapa waktu.

Efek samping Konsumsi Mie Ayam

Seperti halnya pada saat kita mengkonsumsi mie instan, konsumsi mie ayam pun bisa menimbulkan beberapa dampak negatif bagi kesehatan. Untuk itu para ahli kesehatan tidak merekomendasikan mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan. Mungkin efek samping yang ditimbulkan tidak kita rasakan seketika, namun dampak tersebut bisa terasa dalam jangka waktu yang lama. Beberapa efek samping tersebut diantaranya adalah kanker, gangguan pencernaan, maupun berbagai jenis gangguan kesehatan lainnya.

Memilih untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap adalah sangat penting bagi tubuh. Hal ini akan membantu tubuh agar tetap dalam kondisi fit serta dapat membantu agar terhindar dari berbagai macam bahaya penyakit.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan