15 Manfaat Meniran Merah yang Tak Terduga

Apakah Anda dapat menyebutkan semua jenis tanaman yang ada di halaman rumah Anda? Kebanyakan dari Anda mungkin akan lebih memilih untuk memangkas habis segala jenis tanaman yang terlihat semak padahal mungkin saja diantara semak tersebut terdapat beberapa jenis tanaman yang justru memiliki banyak sekali manfaat kesehatan seperti halnya manfaat meniran merah.

Apa Itu Meniran Merah?

Sekilas tanaman meniran merah jika terdapat di halaman rumah hanya terlihat seperti tanaman rerumputan yang terlihat mengganggu karena karakteristiknya yang memang termasuk dalam tanaman gulma yang gampang sekali menyebar di pekarangan rumah yang jarang dibersihkan. Namun jika Anda menemukan tanaman ini jangan buru-buru dibersihkan karena ternyata ada banyak sekali manfaat daun meniran merah bagi kesehatan.

Manfaat Meniran Merah bagi Kesehatan

Terdapat dua jenis meniran yaitu meniran hijau dan meniran merah, selain sama-sama mudah ditemukan manfaat dari tanaman keduanya juga tidak berbeda jauh.

  1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Salah satu manfaat dari tanaman meniran merah adalah kandungan dan manfaat vitamin C nya sehingga baik untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

  1. Bersifat Diuretik

Seperti halnya manfaat  daun sukun kering, meniran merah juga bersifat diuretik yang artinya dapat membantu melancarkan air seni. Dengan kata lain, bagi Anda yang memiliki masalah ginjal bisa juga mengkonsumsi meniran merah secara teratur.

  1. Mengatasi Sakit Kuning

Sakit kuning merupakan jenis penyakit yang muncul ketika terdapat masalah pada organ lever. Mengkonsumsi daun meniran merah yang memiliki sifat diuretik dapat membantu mengurangi efeknya.

  1. Membantu Mengurangi Efek dari Luka Bakar

Luka bakar tak hanya sakit tapi juga meninggalkan efek permanen. Meniran merah dianggap mampu mengurangi efek buruk dari luka bakar karena kaya akan kandungan anti inflamasinya.

  1. Mengobati Disentri

Tanaman meniran merah terutama bagian buahnya bersifat karminatif yang artinya dapat berfungsi sebagai obat pencahar dan dapat mengatasi berbagai macam masalah pencernaan termasuk disentri.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Haid

Jika Anda sering mengalami masalah pada haid, misalnya haid berlebih, cobalah konsumsi meniran merah untuk mengatasinya.

  1. Bisa Mengobati Jerawat Secara Alami

Salah satu manfaat daun meniran untuk wajah adalah untuk mengobati jerawat. Daun meniran merah  dapat dimanfaat sebagai obat jerawat alami karena kandungan anti inflamasi atau anti peradangannya serta kandungan anti bakterinya dapat menghambat pertumbuhan bakteri di kulit penyebab jerawat.

  1. Mengandung Anti Inflamasi

Seperti yang sudah disebutkan di beberapa poin di atas salah satu kandungan yang sangat bermanfaat yang terdapat pada meniran merah adalah kandungan anti inflamasinya atau kandungan anti peradangan.

  1. Membantu Mengatasi Penyakit Korengan

Penyakit korengan terjadi ketika kulit tak mampu mengatasi infeksi bakteri sehingga terjadi pembusukan. Anti inflamasi dan anti bakteri yang terkandung dalam meniran merah sangat ampuh dalam membantu mengatasi penyakit korengan.

  1. Obat Batuk Alami

Tak hanya mengatasi masalah kulit ternyata meniran merah juga digunakan sebagai solusi obat batuk alami dan sudah digunakan secara turun temurun.

  1. Obat Tradisional untuk Malaria

Di Papua, dimana akses terhadap pelayanan kesehatan masih sangat minim untuk mengatasi penyakit malaria, masyarakat di Papua memanfaatkan meniran merah sebagai obat tradisional untuk mengatasi efek buruk malaria seperti juga manfaat daun sidaguri. Yang dimanfaatkan adalah bagian akar dari meniran merah.

  1. Menyembuhkan Sakit Gigi

Karena mengandung anti radang yang sangat efektif, ternyata mengkonsumsi meniran merah dengan cara menggunakan air rebusan dari daun meniran untuk kumur-kumur juga ternyata sagnat efektif sebagai pertolongan pertama untuk mengobati sakit gigi. Walaupun tentu saja perlu ditangani lebih lanjut dan ditemukan penyebab utama sakit gigi.

  1. Mengobati Epilepsi

Walaupun saat ini sudah banyak sekali solusi pengobatan modern namun tidak ada salahnya untuk mengetahui beberapa obat-obat terdisional yang ampuh dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan dan salah satunya adalah meniran merah untuk mengobati epilepsy.

  1. Obat Anti Diare

Diare bisa saja terjadi kepada siapa saja dan bisa saja dengan tiba-tiba. Penyebab diare adalah adanya infeksi oleh bakteri pada saluran pencernaan. Diare merupakan jenis penyakit yang tidak bisa dilihat sebelah mata karena bisa berujung pada kematian terutama jika diare menyerang anak-anak karena dehidrasi. Meniran merah bisa menjadi obat pertolongan pertama untuk mengatasi diare.

  1. Menurunkan Gula Darah

Naiknya gula darah bisa dipicu berbagai macam faktor mulai dari pola makan sampai gaya hidup. Mengkonsumsi meniran merah ternyata juga dapat membantu mengontrol gula darah sehingga Anda dapat hidup lebih sehat dan nyaman.

Perlu diingat beberapa penelitian memang membenarkan klaim bahwa daun meniran merah memiliki banyak sekali manfaat kesehatan seperti yang sudah disebutkan di atas namun ternyata mengkonsumsinya terlalu banyak juga memiliki efek buruk bagi kesehatan dan salah satunya adalah dapat menyebabkan impotensi. Jadi pastikan sebelum mengkonsumsi daun meniran merah untuk alasan kesehatan harus juga memperhatikan dosis pakainya.