7 Manfaat Memiliki Daya Tahan Tubuh yang Baik Untuk Kesehatan

Berbicara mengenai daya tahan tubuh, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan daya tahan tubuh? Daya tahan tubuh merupakan kemampuan kondisi tubuh seseorang dalam melawan kelelahan yang bisa menyerang ketika melakukan hingga menyelesaikan berbagai aktivitas.

Pada dasarnya daya tahan tubuh dibutuhkan seseorang untuk selalu sehat, aktif dan bersemangat untuk melakukan rutinitasnya sehari-hari. Lalu, apa saja manfaat memiliki daya tahan tubuh yang baik bagi seseorang? Nah, pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai fungsi daya tahan tubuh untuk mendapatkan manfaat kebugaran jasmani .

1. Membantu sistem imun tubuh

Semakin baik daya tahan tubuh yang dimiliki seseorang, maka semakin baik pula sistem imun tubuh yang dimiliki. Hal ini tentunya sangat penting untuk membantu tubuh dalam mencegah serangan penyakit terutama infeksi, yang mana sangat mudah menyerang pada orang dengan sistem imun tubuh yang melemah.

2. Membuat tubuh tidak mudah lesu

Bekerja sepanjang hari tentunya akan membuat tubuh menjadi lelah dan lesu, apalagi jika ditambah dengan lembur atau kegiatan lainnya setelah bekerja. Dengan daya tahan tubuh yang baik, badan senantiasa akan terjaga kebugarannya dan tidak gampang lelah maupun lesu. Sehingga manfaat melatih daya tahan tubuh sangatlah penting, agar kegiatan yang dilakukan lancar dan bisa dikerjakan dengan baik.

3. Meningkatkan kerja organ jantung

Jantung merupakan organ penting atau vital dalam tubuh, yang mana bertugas untuk memompa darah dan memasok oksigen ke seluruh tubuh melalui aliran darah. Salah satu manfaat memiliki daya tahan tubuh yang baik adalah dapat membantu menjaga kesehatan jantung, serta dapat membantu meningkatkan fungsi jantung. Dengan terjaganya fungsi jantung, tubuh bisa membersihkan sisa-sisa metabolisme.

4. Meminimalisir mengalami stress

Kondisi tubuh yang melemah, mudah lelah dan mudah sakit akan membuat semua aktivitas yang dilakukan menjadi berantakan. Berbagai kondisi ini pada akhirnya bisa menyebabkan munculnya stress, sehingga sangat diperlukan daya tahan tubuh yang kuat. Salah satu cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan menggunakan manfaat olahraga secara rutin.

5. Membuat selalu berenerjik dan gembira

Dengan kondisi tubuh yang selalu bugar, pada akhirnya akan membuat tubuh selalu merasa berenergi dan tidak mudah merasa stress. Hal ini selanjutnya akan membuat seseorang lebih merasa senang atau gembira ketika melakukan sesuatu. Sehingga di samping bermanfaat untuk kesehatan jasmani, daya tahan tubuh yang baik secara tidak langsung juga bisa meningkatkan kesehatan rohani.

6. Menjaga kesehatan anggota gerak

Daya tahan tubuh yang baik juga bisa membantu meningkatkan manfaat rangka karena bisa menyehatkan anggota gerak seperti tulang, sendi maupun jaringan otot. Hal ini disebabkan karena memiliki daya tahan tubuh yang baik dapat membuat anggota gerak lebih fleksibel, mencegahnya diserang penyakit serta mempercepat penyembuhan jika terjadi gangguan.

7. Membuat umur lebih panjang

Dengan berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas, memiliki daya tahan tubuh yang baik secara tidak langsung bisa membantu memperpanjang usia seseorang. Hal ini disebabkan tubuh akan selalu bugar dan tidak mudah mengalami sakit. Tentunya dengan catatan selalu menerapkan manfaat pola hidup sehat untuk tubuh misalnya menghindari kebiasaan seperti merokok, mengkonsumsi alkohol, begadang ataupun lainnya yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan.

Demikian pembahasan mengenai beberapa manfaat memiliki daya tahan tubuh yang baik, semoga bermanfaat.

,
Oleh :
Kategori : Kesehatan