10 Manfaat Media Sosial Bagi Pelajar Orangtua Wajib Tahu

Perkembangan teknologi dan informasi terutama internet dan media sosial seperti dua sisi mata uang dimana jika dipergunakan dengan baik akan mendatangkan manfaat namun sebaliknya jika digunakan untuk hal-hal yang buruk maka juga dapat mendatangnya banyak sekali masalah. Kebanyakan orangtua mulai bertanya-tanya mengenai apakah ada manfaat media sosial bagi pelajar? Apakah melarang anak-anak mereka yang masih pelajar menggunakan media sosial adalah cara paling efektif untuk menghindarkan mereka dari bahaya buruk internet dan media sosial?

Manfaat Media Sosial Bagi Pelajar

Melarang anak-anak sepenuhnya dari internet dan media sosial memang cara paling mudah untuk menghindarkan mereka dari bahaya buruk internet dan media sosial namun tahukah Anda bahwa kemajuan jaman bukanlah hal yang harus dihindari tapi harus diterima dengan bijaksana. Itu artinya orangtua harus bisa dengan bijaksana mengajarkan kepada anak-anak mereka terutama yang masih pelajar karena memang manfaat media sosial bagi pelajar sangatlah banyak dan sangat penting.

  1. Media untuk Pembentukan Komunitas

Saat ini sebuah komunitas tak perlu dihadiri secara langsung. Pembentukan komunitas belajar secara online justru dianggap lebih efektif karena semua orang bisa menghadirinya dari manapun mereka berada. Hal ini juga bisa dilihat dari keseriusan setiap anak, hanya mereka yang masuk secara online yang serius belajar sementara tidak ada paksaan bagi mereka yang tidak.

  1. Berkomunikasi Secara Lebih Efisien

Selalu ada saja pengumuman-pengumuman yang perlu disampaikan kepada siswa atau orang tua siswa. Cara lama yang menggunakan surat atau email masih kurang efektif karena belum tentu diterima atau dibaca tepat waktu. Namun dengan memanfaatkan media sosial, sistem komunikasi menjadi jauh lebih efisien.

  1. Solusi untuk Melanjutkan Pelajaran

Jam belajar di sekolah sangat terbatas oleh karena itu manfaat sosial media bisa menjadi solusi untuk melanjutkan pembahasan pembelajaran tanpa harus hadir secara fisik. Seorang anak bisa saja langsung bertanya kepada guru lewat forum atau pesan privat diluar jam sekolah dengan lebih mudah melalui media sosial.

  1. Mendukung Materi Pembelajaran dengan Lebih Baik

Jika dulu murid harus mencatat seluruh bahan pelajaran yang diajarkan oleh guru atau yang ditulis di papan tulis, dengan adanya media sosial dan manfaat internet bagi pendidikan, para pelajar hanya perlu fokus mendengarkan penjelasan guru dan mencatatnya secara mandiri jika dirasa perlu. Sementara materi pembelajaran bisa langsung di download di platform khusus secara gratis.

  1. Sebagai Sumber Bahan Belajar

Saat ini siapapun bisa menjadi kritis dan guru memang tak selamanya benar. Setiap pelajar yang merasa ada yang aneh dengan bahan pembelajaran bisa saja langsung mencari informasi dari sumber yang berbeda dan membandingkannya. Oleh karena itu saat ini informasi bisa dapat segera dikonfirmasi jika dirasa memang ada yang tidak benar.

  1. Menambah Wawasan

Media sosial jika dimanfaatkan dengan baik juga bisa menjadi media penambah wawasan yang sangat baik karena segala jenis informasi tersedia di sana.

  1. Membuat Pelajar Lebih Up to Date

Di jaman sekarang ini mereka yang tidak memiliki media sosial akan selalu menjadi yang terbelakang masalah informasi. Walaupun banyak manfaat membaca buku tapi informasi di buku bisa saja ketinggalan jaman. Namun tentu saja menyaring informasi secara bijak juga penting untuk menghindari pelajar terterpa dengan berita-berita hoax.

  1. Percepatan Informasi

Seperti yang sudah disebutkan di atas, dengan adanya media sosial segala informasi yang ada bisa dapat segera terkonfirmasi. Hal ini dikarenakan manfaat IT atau information technology dimana di dalamnya terdapat percepatan informasi. Semakin luas suatu jaringan maka semakin cepat informasi beredar.

  1. Memicu Semangat Belajar

Tidak dapat dipungkiri memang media sosial menawarkan sesuatu yang sangat menarik bagi para pelajar. Jika media sosial dapat dimanfaatkan dengan baik maka dapat menjadi pemicu semangat belajar anak-anak jaman sekarang.

  1. Solusi Belajar mandiri

Ada berbagai macam tipe anak. Ada yang aktif bertanya di kelas atau berdiskusi dengan teman ada yang suka belajar sendiri. Media sosial memberikan solusi tersendiri bagi mereka yang lebih nyaman belajar sendiri karena dengan media sosial banyak anak bisa mulai belajar secara mandiri.

Media sosial ternyata memberikan banyak sekali manfaat bagi pelajar karena adanya percepatan informasi, para pelajar bisa mendapatkan informasi dengan lebih tepat dan cepat. Selain itu, jika tidak ada media sosial, kebanyakan pelajar yang minder bertanya akan tetap tidak paham sementara sekarang dengan adanya media sosial siapapun bisa belajar tentang apapun. Semua hal positif tentang pembelajaran bisa didapatkan lewat media sosial karena memang manfaat media sosial bagi pelajar saat ini sudah tidak bisa dipisahkan dari sistem pembelajaran yang berlaku sekarang dimana para guru akan lebih mudah menyampaikan pengumuman terutama yang sifatnya mendadak lewat media sosial dari pada cara lama dengan cara tertulis yang tak lagi efektif. Jadi sudah sepatutnya para orangtua juga menyadari tentang manfaat internet dan mengajarkan kepada anak-anak mereka cara menggunakan media sosial secara bijak jauh lebih baik dari pada melarang mereka menggunakannya.