11 Manfaat Mangga Chokanan yang Kaya Vitamin C dan Antioksidan

Mangga merupakan salah satu jenis buah tropis yang banyak ditemukan di Indonesia dalam berbagai macam varietas. Jenis varietas yang terkenal adalah seperti mangga harum manis, mangga manalagi, mangga indramayu bahkan mangga kweni. Namun akhir-akhir ini ada satu jenis mangga yang juga banyak ditemukan di pasar buah yaitu mangga chokanan.

Apa Itu Mangga Chokanan?

Apakah dari segi manfaat mangga chokanan sama dengan mangga yang lain dan apa yang menjadi kelebihan mangga ini dibandingkan varietas mangga lokal lainnya? Mungkin itu menjadi pertanyaan pertama Anda ketika penjual buah langganan Anda menawarkan mangga chokanan karena memang jenis mangga ini tergolong baru didengar di Indonesia. Mangga chokanan berasal dari Thailand dan yang menjadi kelebihan dari varietas ini selain rasanya yang dianggap semanis madu juga memiliki produktifitas tinggi. Jika dibandingkan dengan mangga lokal yang biasanya hanya berubah sekali setahun, mangga chokanan bisa berbuah tanpa mengenal musim bisa 2 – 3 kali setahun.

Manfaat Mangga Chokanan

Lalu apa yang menjadi manfaat kesehatan mangga chokanan apakah berbeda dengan manfaat mangga lokal lainnya? Well, secara umum tidak terlalu berbeda dan berikut adalah beberapa manfaat mangga chokanan yang perlu Anda ketahui.

  1. Kaya Kandungan Vitamin C

Sudah menjadi rahasia umum banyak semua varietas mangga kaya kandungan dan manfaat vitamin C. Vitamin C sendiri merupakan vitamin yang memiliki fungsi yang sangat esensial dalam sistem metabolisme tubuh.

  1. Baik untuk Kesehatan Mata karena Kaya Kandungan Vitamin A

Warna kuning cerah dari mangga merupakan indikator kuat bahwa mangga mengandung beta karoten yang merupakan pro vitamin A. Itu artinya mengkonsumi mangga secara teratur dapat membantu memenuhi kebutuhan harian vitamin A Anda. Dan salah satu manfaat vitamin A adalah untuk menjaga kesehatan mata.

  1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Seperti halnya semua varietas mangga, mangga chokanan juga kaya kandungan dan manfaat antioksidan. Antioksidan memiliki fungsi yang sangat signifikan dalam menjaga sistem metabolisme agar dapat bekerja optimal. Selain itu antioksidan satu-satunya zat yang dapat melawan radikal bebas yang saat ini semakin sulit untuk dihindari.

  1. Membantu Mengatasi Masalah Anemia Secara Alami

Kandungan zat besi pada mangga chokanan dan beberapa mineral alami lainnya sangat baik untuk membantu mengatasi masalah anemia secara alami. Anemia jika dibiarkan tak hanya dapat menggangu aktifitas tapi juga sangat mempengaruhi sistem ketahanan tubuh.

  1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa kandungan serat serta sumber antioksidan pada buah-buahan seperti mangga chokanan sangat baik untuk membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Mengkonsumsi mangga chokanan secara teratur dapat juga mengurangi risiko serangan jantung serta stroke.

  1. Kaya Kandungan Serat Alami

Serat merupakan kandungan utama yang terdapat pada buah seperti mangga. Manfaat serat alami pada buah-buahan seperti mangga sangatlah penting untuk kesehatan. Namun perlu diingat, jika mengkonsumi jus mangga maka manfaat jus mangga dari seratnya akan berkurang.

  1. Baik untuk Kesehatan Sistem Pencernaan

Salah satu manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi cukup serat adalah baiknya sistem pencernaan. Masalah pencernaan seperti konstipasi dapat diatasi dengan mudah jika mengkonsumsi cukup serat dan seperti yang telah disebutkan di atas, serat yang terkandung dalam mangga cukup tinggi.

  1. Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat lain dari kandungan serat alami yang terdapat pada mangga chokanan adalah dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat memang tidak dapat diserap tapi serat dapat menyerap kolesterol berlebih untuk kemudian dikeluarkan bersama dengan kotoran.

  1. Direkomendasikan untuk Para Penderita Diabetes

Tidak mudah bagi para penderita diabetes untuk mencukupi kebutuhan gizi harian mereka karena banyak sekali makanan yang dilarang untuk mereka konsumsi. Namun mangga bukan salah satunya. Selain kaya nutrisi, mangga yang kaya serat juga dapat membuat penderita diabetes yang selalu cenderung merasa lapar menjadi cepat teras penuh dan kenyang lebih lama.

  1. Baik Dikonsumsi oleh Ibu Hamil

Saat hamil kecukup gizi harian sangatlah penting terutama beberapa vitamin dan mineral penting. Mangga kaya kandungan vitamin C yang dapat membantu menjaga ketahanan tubuh serta serat yang dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan yang sering terganggu karena posisi fetus yang sering menekan lambung.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C yang terkandung dalam mangga chokanan relative cukup tinggi. Dan salah satu manfaat vitamin C untuk kulit adalah dengan mengoptimalkan produksi kolagen. Bagi kulit kolagen seperti ramuan ajaib yang dapat menjaga kekencangan kulit sehingga terlihat muda lebih lama.

Salah satu keunggulan lainnya dari mangga chokanan adalah bahwa jenis mangga ini perawatannya tidaklah sulit dan dapat tumbuh baik di dataran tinggi ataupun rendah. Dengan kata lain mangga ini sangat cocok dibudidayakan di hampir seluruh bagian Indonesia. Jadi tidak heran jika kepopuleran mangga chokanan bisa menyaingi varietas mangga lokal.