7 Manfaat Makanan Cepat Saji yang Belum Diketahui

Makanan yang dalam persiapan dan penyajian dilakukan dengan cepat atau dikenal dengan sebutan makanan cepat saji sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan modern yang serba cepat dan praktis. Namun, makanan cepat saji selalu identik dengan makanan yang tidak bergizi dan tidak sehat. Sebenarnya pendapat ini tidak seluruhnya benar, sebab ada banyak makanan cepat saji yang sebenarnya memiliki kandungan gizi seimbang dan sangat baik dikonsumsi sehari hari. Lalu, apa saja sebenarnya manfaat makanan cepat saji yang bisa diperoleh tubuh?, berikut ulasan selengkapnya untuk anda.

  1. Tinggi Akan Nutrisi

Beberapa jenis makanan cepat saji seperti burger dan pizza memakai beberapa bahan seperti keju, sayuran, daging ayam atau sapi, saus tomat dan juga gandum yang sebenarnya memiliki nilai nutrisi tinggi. Dalam jeju mengandung protein tinggi yang penting untuk otot, sedangkan saus tomat mengandung manfaat vitamin C dan A serta antioksidan untuk menurunkan risiko kanker. Sedangkan mineral, vitamin dan serat sangat baik untuk pencernaan dan daging sebagai sumber protein dan lemak sebagai sumber energi.

  1. Menghemat Pengeluaran

Makanan cepat saji umumnya dibanderol dengan harga yang terjangkau sehingga banyak dipilih sebagai hidangan utama khususnya kelas menengah ke bawah. Dengan mengkonsumsi makanan cepat saji, sebenarnya juga akan menghemat pengeluaran dibandingkan dengan memasak sendiri di rumah. Namun sebaiknya makanan cepat saji juga jangan terlalu banyak dikonsumsi karena diolah dengan proses menggoreng yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi.

  1. Baik Untuk Otak

Beberapa jenis makanan cepat saji seperti coklat juga ternyata baik untuk meningkatkan kapasitas otak. Dari penelitian menemukan jika dark chocolate bisa memberikan pengaruh positif terhadap fungsi kognitif. Selain itu, makanan cepat saji yang mengandung coklat juga bisa meningkatkan peredaran darah sebab bisa memicu jantung untuk bekerja semakin optimal. Akan tetapi, dalam coklat juga mengandung kadar lemak dan gula tinggi yang bisa menyebabkan diabetes sehingga harus dibatasi saat akan mengkonsumsinya.

  1. Meningkatkan Mood

Dalam penelitian juga membuktikan jika mengkonsumsi makanan cepat saji juga bisa berpengaruh pada psikologi yakni meningkatkan perasaan bahagia. Hal ini disebabkan karena makanan cepat saji lebih terjangkau dari segi harga dan rasanya juga enak serta porsi sesuai yang tidak akan membuat perut terasa penuh. Selain itu, es krim yang merupakan salah satu makanan cepat saji bisa membantu otak untuk melepaskan hormon serotonin yakni senyawa kimia untuk menghasilkan mood bahagia.

  1. Memiliki Banyak Pilihan

Dalam restoran makanan cepat saji umumnya juga menyediakan pilihan makanan lengkap seperti ayam, burger, sandwich dan jenis pilihan makanan lainnya. Sedangkan untuk beberapa restoran cepat saji seperti Cina, Italia, Meksiko dan beberapa negara lain juga memiliki variasi menu yang lebih banyak sehingga membuat banyak orang lebih memilih makanan cepat saji karena banyak pilihan menu yang bisa didapatkan dari satu restoran saja.

  1. Memiliki Perhitungan Kalori

Dalam undang undang juga mengharuskan restoran cepat saji untuk memposting kandungan kalori dalam papan menu. Hal ini nantinya akan membantu untuk konsumen dalam memilih jumlah kalori yang ingin dikonsumsi dalam makanan cepat saji tersebut sehingga kadar kalori dalam tubuh bisa tetap terkontrol dengan baik meskipun banyak juga manfaat kalori bagi tubuh manusia.


  1. Menghemat Waktu

Salah satu kelebihan dari makanan cepat saji berikutnya adalah lebih menghemat waktu dalam penyajian dibandingkan dengan memasak sendiri di rumah. Hal ini tentunya sangat berguna bagi para pekerja yang hanya memiliki sedikit waktu diantara jam kerja namun membutuhkan sumber energi untuk makan atau bagi para wanita yang sudah memiliki anak namun juga merangkap sebagai wanita karir. Makanan cepat saji akan sangat membantu bagi para orang yang sibuk sehingga waktu tidak banyak terbuang hanya untuk menyiapkan makanan dan bisa langsung kembali beraktivitas.

Manfaat makanan saji bisa sangat membantu khususnya bagi masyarakat modern sekarang ini yang selalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk memasak makanan mereka sendiri. Selain itu, tidak selamanya makanan cepat saji juga rendah akan kandungan nutrisi, sebab ada beberapa jenis makanan yang sebenarnya sudah mengandung gizi lengkap bagi tubuh.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan