10 Manfaat Zambuk Bayer

Apa itu zambuk? Zambuk merupakan salah satu jenis krim obat-obatan yang memiliki banyak at manfaat dan kegunaan bagi penyakit luar, terutama yang berhubungan dengan infeksi kulit dan gangguan pada otot kita. Ingat, zambuk merupakan jenis obat luar, sehingga dilarang keras untuk mengkonsumsi zambuk dengan cara dimasukkan ke dalam tubuh.

Tentang Produk Zambuk

manfaat zambukZambuk merupakan salah satu produk andalan dari perusahaan obat-obatan ternama, yaitu PT.Bayer. PT. Bayer merupakan perusahan obat international yang memiliki basis di Jerman, dengan line up produk kesehatan dan produk perawatan yang sangat banyak. Produknya terkenal dan juga memiliki kualitas yang sangat baik. Zambuk sediri dikemas dalam bentuk tabung, seperti kemasan kaleng, dengan bentuk salep berwarna hijau dan memiliki bau yang khas. Zambuk dikemas dalam ukuran kecil dan besar, dengan harga yang terjangkau.

Komposisi Zambuk

Berikut ini adalah beberapa komposisi unsur-unsur yang terkandung di dalam salep zambuk produksi PT Bayer :

  1. Minyak eucalyptus
  2. Camphor
  3. Thyme oil
  4. Colophony

Itulah beberapa bahan utama yang menjadi komposisi dari salep dengan packaging berwarna hijau ini.

Sebagai salah satu jenis obat salep yang banyak digunakan oleh masyarakat luas terutama Indonesia, manfaat zambuk sangat banyak bagi kesehatan. Terutama kesehatan bagian tubuh luar, seperti kulit. Berikut ini beberapa manfaat dari zambuk :

1. Membantu meredakan rasa nyeri

Campuran komposisi ke – 4 bahan yang tedapat pada zambuk dapat membantu anda dalam meeredakan rasa nyeri yang anda alami. Biasanya rasa nyeri ini muncul ketika anda :

  • Lelah dalam melakukan aktivitas yang berat
  • Pegal-pegal setelah berolahraga
  • Nyri otot karena salah posisi duduk dan posisi tidur

Untuk mengobati rasa nyeri, terutama nyeri otot dan pegal yang anda alami, anda cukup mengoleskan salem zambuk ini pada bagian tersebut. Ketika mengoleskan salep ini, anda dapat melakukan pemijatan ringan pada bagian yang terasa nyeri agar efeknya bisa menjadi lebih maksimal untuk meredakan rasa nyeri yang anda alami.

2. Mengobati gatal-gatal

Biasanya ketika kulit yang mengalami luka dan akan segera sembuh, sering mengalami rasa gatal di sekitar luka tersebut. Menggaruk daerah itu akan menghambat proses penyembuhan luka. Maka dari itu, anda dapat menggunakan salep zambuk ini untuk mengobati dan meredakan rasa gatal yang anda rasakan, dan juga untuk menghindari refleks anda saat menggaruk.

Khasiat ini juga ditemui pada :

3. Mengobati gigitan nyamuk

Sama seperti sebelumnya, gigitan nyamuk akan menimbulkan rasa gatal yang sangat membuat anda merasa tidak nyaman. Biasanya anda akan langsung refleks dengan menggaruk daerah kulit yang terasa gatal. Hal ini dapat menimbulkan luka, bahkan infeksi pada bagian kulit anda yang terasa gatal. Karena itu, cobalah untuk mengoleskan salep zambuk ini untuk meredakan gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk.

4. Meredakan memar

Anda pernah terjatuh atau terbentur sesuatu? Ketika anda mengalami kecelakaan seperti itu, maka biasanya tubuh anda akan memberikan respon fisik berupa luka lebam alias memar. Biasanya memar ditandai dengan membirunya bagian tubuh yang mengalami benturan dan kecelakaan. Ketika mengalami memar jangan panik,  namun jangan pula menyepelekan keadaan tersebut.

Segeralah oleskan dan kompres salep zambuk pada bagian tubuh anda yang mengalami memar. Manfaat zambuk berfungsi untuk mengempeskan dan mengobati luka memar yang anda alami.

5. Mengobati keseleo ringan

Keseleo atau terkilir biasanya terjadi ketika anda terjatuh. Biasanya terjadi pada bagian pergelangan tangan dan kaki. Untuk bagian tubuh yang terkilir atau keseleo dalam taraf ringan (masih dapat berjalan tanpa bantuan tongkat) maka anda dapat menggunakan salep zambuk ini untuk membantu pemulihan gejala terkilir dan keseleo yang anda alami. Sama seperti pengobatan memar, anda dapat mengompres bagian tubuh yang terkilir dengan menggunakan salep ini sambil dipijat ringan.

6. Mengobati bisul

Beberapa konsumen mengklaim bahwa salep zambuk juga dapat membantu menyembuhkan bisul yang muncul di tubuh anda. Karena itu, cobalah untuk mengoleskan salep zambuk untuk membantu mengobati bisul yang anda derita.

Pengobatan bisul ini juga didapat dari :

7. Dapat menolak serangga

Salep zambuk memiliki kandungan minyak eukaliptus. Secara alami, minyak dari kayu eucalyptus ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk menolak serangga. Jadi, anda dapat memanfaatkan salep zambuk ini untuk melindungi tubuh anda dari gigitan serangga yang sangat mengganggu. Terutama ketika anda sedang berpergian di luar rumah di daerah pedesaan yang masih banyak memiliki sawah dan kebun-kebun

8. Mengobati luka ringan

Salep zambuk juga memiliki manfaat yang baik untuk mengobati luka dan goresan ringan yang anda alami. Biasanya luka ringan dapat muncul karena :

  • Terjatuh
  • Teriris pisau
  • Tergores karena menggaruk dengan kuku
  • Luka parut

Anda dapat mengoleskan minyak zambuk untuk mengobati luka ringan yang anda alami. Namun apabila anda mengalami hemophilia, mungkin salep zambuk ini tidak terlalu memberikan efek yang signifikan.

9. Mengobati sesak nafas

Salep zambuk ini memiliki kandungan dari camphor / kamper dan minyak eucalyptus alami. Kedua unsur kandungan ini dapat membantu anda dalam melegakan pernapasan anda yang terasa sesak karena asma dan pengaruh udara. Efeknya dapat melegakan dan melancarkan proses pernapasan. Anda dapat mengoleskan salep zambuk di area dada atau juga dapat melarutkan zambuk dengan air panas. Hirup uap dari manfaat zambuk tersebut untuk melegakan pernapasan anda.

10. Mengobati sinus dan hidung yang tersumbat

Sama seperti manfaat zambuk sebagai pelega pernafasan, anda juga dapat menggunakan zambuk untuk mengobati sinus dan hidung mampet alias tersumbat yang anda alami. Caranya sama seperti ketika menggunakan zambuk untuk melegakan pernapasan, yaitu dengan cara menghirup uap dari zambuk.

Itulah beberapa manfaat penting dari zambuk yang diproduksi oleh PT.Bayer ini. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat.