Manfaat Ilmu Politik Bagi Masyarakat

Ilmu politik adalah ilmu yang mempelajari tentang politik secara lebih mendasar dan jelas. Mempelajari berarti mempelajari ilmu yang berhubungan dengan sistem pemerintahan baik secara teori dan praktekknya. Ditambah lagi ilmu politik dikaji berdasarkan toeri, riset dan akademis. Ilmu politik di saat sekarang sangatlah penting karena ada beberapa hal mendasar yang perlu di ketahui di sistem pemerintahan sendiri. Seperti tranfer kekuasaan dan pembuatan keputusan. Dalam mempelajari ilmu politik sendiri sudah ada di berbagai kampus-kampus sebagai mata kuliah. Ilmu politik bisa menjadi pengembangan khusus yang dikaitkan dengan perkembangan yang terjadi di berbagai belahan dunia. Sedangkan pihak yang bekerja dalam ilmu politik disebukt sebagai ilmuwan politik. Keuntungan yang diperoleh sebagai ilmuwan politik adalah mengerti dasar – dasar dari berpolitik yang kadang dianggap oleh orang awam sebagai permainan yang kasar. Di politik siapa yang berkuasa tentu lebih di segani dari pada lawan yang kurang berkuasa. Kekuasaan didunia politik lebih berperan dalam hal keuangan. Namun ilmuwan politik yang mengetahui dasar politik dari awal sejarah hingga sekarang tentu juga membagikan ilmunya agar masyarakat zaman sekarang melek akan ilmu politik.

Secara umum banyak pendekatan yang dipelajari dalam ilmu politik. Namun ada tiga pendekatan mendasar dalam ilmu politik antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pendekatan intutisionalisme adalah pendekatan yang berfokus pada suatu negara. Dan yang di bahas dari pendekatan intutisionalisme ini adalah cara suatu negara memerintah. Ada negara yang bersifat demokratis yang mana merupakan sistem pemerintahan yang baik karenaa mengutamakan kepentingan rakyat untuk bersama. Sedangkan sistem pemerintahan otoriter adalah sistem pemerintahan yang mengekang rakyat sehingga tidak baik untuk diterapkan dalam suatu pemenrintahan. (Baca juga : Manfaat perdagangan internasional, Manfaat devisa)
  • Pendekatan perilaku adalah pendekatan yang berhubungan denga fokus terhadap lingkungan yang berada di masyarakat sekitar. Dan cara yang mengatur sikap dari pemerintah dan rakyatnya. (Baca juga : Manfaat neraca pembayaran)
  • Pendekatan kelembagaan baru yaitu membahas tentang ilmu ekonomi dan sosiologi. Kelembagaan baru lebih memfokuskan dengan perbaikan sistem negara menjadi lebih baru dan terdepan untuk kebaikan bersama. (Baca juga : Manfaat pembangunan ekonomi)

Artikel terkait :

Berikut ini manfaat dari mempelajari ilmu politik dari segala bidang antara lain :

1.Mengerti apa itu politik

Politik merupakan salah satu cabang ilmu yang berkaitan dengan sistem pemerintahan secara mendasar dan berbagai aspek kehidupan. Manfaat ilmu politik bagi orang yang memang tertarik akan politik sangat berguna sekali dalam kehidupannya. Mengerti politik mengajarkan untuk berfikir lebih pintar dan maju dari sebagian orang yang merasa tidak perlu mempelajari politik. Jadi saat ada kesalahan dalam menjalankan politik di suatu negara orang yang mengerti akan politik bisa melakukan pembelaan dan menunjukkan bagaimana yang seharusnya. Saat sekarang belajar politik sama pentingnya dengan mempelajati teknologi.

Artikel terkait :

2. Berkaitan sistem pemerintahan

Sistem pemerintahan adalah dasar suatu negara untuk menjalankan sistem yang diterapkannya kepada rakyat. Sistem pemerintahan tentu berkaitan dengan pemerintah dalam menjalankan sistem yang disukai oleh rakyat. Sehingga pemerintah senang dan masyarakat bahagia serta sejahtera. Dalam menjalankan sistem pemerintahan sehingga pemerintah dan rakyat bisa sama-sama fokus untuk memajukan negara bersama-sama. Jika negara sudah maju maka kehidupan rakyat jauh lebih baik daripada sebelumnya.

Artikel terkait :

3. Pintar bernegosiasi

Dala ilmu politik manfaat selanjutnya yang didapat adalah kemampuan dalam bernegosiasi. Negosiasi diperlukan untuk memberikan penawara yang tentu lebih menarik dibandingkan yang lain. Selain itu dalam politik juga diajarkan bagaimana cara untuk berempati terhadap masyarakat tanpa membeda-bedakan. Sehingga kesejahteraan tidak lagi menyimpang dan perbedaan tidak lagi terlihat lebih menonjol.

Artikel terkait :

Itulah manfaat dari ilmu politik sehingga ilmu politik ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari – hari dalam mengatur kebijakan yang seimbang antara sistem pemerintahan dan rakyat tanpa merugikan kedua belah pihak.