7 Manfaat Hewan Bagi Manusia dalam Kehidupan

Manusia untuk bertahan hidup memerlukan makhluk hidup lain, yaitu tumbuhan dan hewan. Banyak sekali manfaat tumbuhan bagi manusia baik sebagai bahan pangan, kesehatan atau lainnya. Begitu juga dengan hewan, keduanya memiliki kedudukan yang sama penting untuk memenuhi kebutuhan manusia. Keberadaan hewan di bumi banyak memberikan manfaat dan keuntungan bagi kehidupan manusia. Di bawah ini adalah ulasan mengenai manfaat hewan bagi manusia:

1. Sebagai sumber makanan

Manusia membutuhkan makanan untuk bertahan hidup dan melakukan berbagai aktivitasnya. Hewan menjadi salah satu bahan pangan yang penuh dengan nutrisi yang bermanfaat. Tidak hanya hewannya saja yang dapat digunakan, namun juga produk lain dari hewan seperti telur, madu dan susu juga dapat dimanfaatkan manusia untuk diolah menjadi makanan.

2. Sebagai sumber mata pencaharian

Sebagian manusia menggantungkan penghasilannya pada hewan, misalnya saja hewan ternak. Hewan ternak dapat berupa ayam, ikan lele, kambing dan lain sebagainya merupakan salah satu sumber penghasilan dari seorang peternak.

3. Dapat mengobati penyakit

Tidak hanya menjadi sumber nutrisi manusia, hewan tertentu juga memiliki khasiat untuk mengobati penyakit.  Tidak hanya hewan itu sendiri yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, namun beberapa hewan juga menghasilkan zat tertentu yang bermanfaat untuk pengobatan penyakit tertentu. Contohnya adalah manfaat terapi lintah untuk pengobatan, manfaat bisa ular, timun laut, minyak ikan dan lain sebagainya.

4. Dapat menyuburkan tanaman

Manfaat hewan bagi manusia secara tidak langsung adalah dapat membuat tanah menjadi subur. Di samping manfaat cacing tanah bagi kesehatan, keberadaan cacing tanah juga dapat membuat tanah menjadi gembur dan subur. Tanah yang subur dapat ditanami berbagai tumbuhan yang dapat digunakan manusia untuk kehidupannya. Selain cacing, kotoran yang dihasilkan oleh hewan juga dapat digunakan menjadi pupuk untuk menyuburkan tanaman. Jadi kedua hal tersebut merupakan manfaat yang diperoleh manusia dari hewan secara tidak langsung.

5. Sebagai sumber bahan sandang

Kebutuhan pokok lain manusia adalah kebutuhan sandang. Banyak sekali pakaian yang dibuat dari kulit hewan, malah pada umumnya produk sandang dari hewan ini harganya mahal. Seperti manfaat bulu domba bisa dijadikan wol untuk pakaian, ulat sutera yang dapat menghasilkan benang sutera atau kulit hewan yang dapat digunakan sebagai jaket.

6. Sebagai alat transportasi

Beberapa hewan berukuran besar juga dapat dimanfaatkan tenaganya, untuk digunakan sebagai alat transportasi atau alat penunjang kegiatan manusia. Hewan seperti sapi atau kerbau sampai saat ini masih digunakan untuk membajak sawah, walaupun sudah terdapat traktor yang merupakan alat yang lebih modern. Selain itu hewan lain seperti kuda juga masih sering digunakan baik untuk menarik delman maupun untuk aktivitas menunggang kuda.

7. Sebagai sumber kerajinan dan aksesoris

Hewan tidak hanya digunakan untuk pakaian, namun juga dapat digunakan untuk membuat aksesoris untuk melengkapi kebutuhan sandang manusia atau kerajinan. Kerang merupakan salah satu dari manfaat sumber daya laut . Kerang dapat menghasilkan mutiara yang dapat digunakan manusia untuk membuat kerajinan atau aksesoris. Selain itu, kulit hewan juga dapat digunakan untuk kaligrafi atau digunakan untuk pembuatan aksesoris seperti tas, dompet dan lainnya.

Jadi banyak sekali manfaat hewan bagi manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun pemanfaatan hewan juga harus terkontrol dan tidak berlebihan agar tidak terjadi kepunahan. Semoga bermanfaat.